Pengertian Parasit dan patogen

Dilihat 0 • Ditanyakan kurang dari 1 menit lalu

Parasit dan patogen adalah dua jenis organisme yang bisa berbahaya bagi inang. Parasit dan patogen adalah agen penyebab penyakit pada organisme inang. Keduanya khusus untuk host dan memiliki tingkat multiplikasi yang tinggi.

Perbedaan utama antara parasit dan patogen adalah bahwa parasit dapat menjadi kategori patogen sedangkan patogen adalah organisme penyebab penyakit dalam inang. Namun, tidak semua organisme parasit adalah patogen. Anda juga bisa membaca Perbedaan Bakteri Dan Parasit di sini.

Apa itu Parasit?

Parasit adalah organisme yang hidup di dalam atau pada organisme lain yang disebut organisme inang. Idealnya, parasit adalah organisme yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Oleh karena itu, parasit adalah organisme makroskopik. Contohnya termasuk Protozoa dan cacing. Juga, parasit bersifat spesifik inang. Oleh karena itu, mereka dapat menyebabkan penyakit pada organisme tertentu. Kira-kira, tiga puluh enam ribu empat ratus spesies protozoa telah dilaporkan sebagai patogen pada organisme hidup lainnya. Di sisi lain, sekitar tujuh puluh spesies protozoa dan tiga ratus spesies cacing diidentifikasi sebagai parasit pada manusia. Di antara mereka, sekitar sembilan puluh spesies yang menyebabkan penyakit pada manusia. Jadi, dapat dikatakan bahwa tidak semua parasit yang menyebabkan penyakit pada manusia. Plasmodium adalah salah satu contoh protozoa, yang merupakan parasit yang dikenal pada manusia.

Parasit memiliki beragam cara penularan di daerah endemik penyakit, termasuk hubungan timbal balik yang kompleks antara inang, parasit, vektor, dan elemen lingkungan.

Ada 3 jenis utama parasit:

  1. Protozoa : Ini adalah eukariota bersel tunggal. Protozoa dapat ditemukan di mana-mana. Protozoon menggandakan atau membagi dalam host. Jenis protozoa termasuk Ciliate, Flagellate, Sporozoans dan Sacrodines.
  2. Helminths : Ini adalah cacing parasit seperti cacing gelang, cacing pita, cacing kremi, trichina spiralis, dan fluke. Ini adalah parasit makro besar dan memakan organisme inang hidup untuk mendapatkan nutrisi, energi dan perlindungan, sementara mengakibatkan penyerapan nutrisi yang buruk, penyakit, kelelahan dan penyakit pada inang. Ini adalah cacing usus dan bisa dilihat di usus kecil.
  3. Ektoparasit : Parasit ini hidup di luar organisme inang tempat mereka tumbuh subur. Para ektoparasit ini termasuk kutu.

Apa itu Patogen?

Patogen adalah agen penyebab penyakit. Mereka menyebabkan penyakit pada inang mereka. Contohnya termasuk virus, bakteri, jamur, prion atau parasit. Organisme inang dapat berupa hewan, tumbuhan, atau mikroorganisme. Bakteri sekecil 10 μm bisa menjadi penyebab masalah kesehatan seperti tipus, gonore, kolera dan keracunan makanan. Virus seperti patogen bahkan lebih kecil daripada bakteri. Virus bereplikasi dan berkembang biak hanya di dalam sel inang. Penyakit yang disebabkan oleh virus termasuk HPV (kutil), influenza, demam, Herpes 1 dan 2, flu biasa, Rubella, Demam berdarah dan AIDS. Jenis patogen lainnya adalah Jamur yang juga merupakan organisme eukariotik. Infeksi jamur termasuk Aspergillosis, Blastomycosis, Candidiasis, dan gatal.

Patogen terdiri dari 6 jenis:

  1. Virus : Ini adalah agen penyebab infeksi kecil yang berkembang biak hanya di dalam sel-sel tubuh inang. Ini terdiri dari genom DNA dan RNA di bagian dalam cangkang protein yang dikenal sebagai kapsid. Virus memiliki potensi untuk menginfeksi semua jenis bentuk kehidupan, tanaman, hewan hingga mikroorganisme. Ini dapat menyebabkan penyakit ringan hingga parah pada manusia, hewan dan tumbuhan.
  2. Bakteri : Bakteri terdiri dari sel tunggal (prokariota) yang dapat tumbuh subur di lingkungan yang beragam. Panjangnya hanya beberapa mikrometer dan memiliki bentuk yang berbeda seperti batang, spiral, dan bola. Penyakit yang berhubungan dengan bakteri termasuk demam, menggigil, radang paru-paru, sesak napas dan batuk.
  3. Jamur: Patogen ini termasuk ragi dan jamur. Ini adalah organisme parasit bersel tunggal atau multi-sel.
  4. Protozoa : Ini adalah organisme kecil sel tunggal yang menghasilkan racun penyebab penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh protozoa termasuk Malaria.
  5. Cacing : Ini adalah cacing parasit yang terlihat dengan mata telanjang. Ini memakan inang hidup untuk mendapatkan energi, nutrisi dan perlindungan dan menyebabkan penyakit, kelelahan, penyakit pada inang. Contohnya adalah cacing pita.
  6. Rickettsia: Ini adalah patogen yang tumbuh di dalam sel hidup dan mirip dengan bakteri. Contohnya adalah Tifus.

Jadilah yang pertama untuk menjawab!
Tulis jawaban sekarang