Penyakit apa yang baik untuk pemberantasan? kenapa?

Dilihat 485 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saya tidak setuju bahwa campak juga merupakan kandidat kuat untuk diberantas, meskipun hal tersebut tidak akan mudah. Apakah penyakit ini terlihat jelas? Campak dapat terlihat pada ruam yang ada di seluruh tubuh. Ruam bermula dari garis rambut dan menjalar ke wajah dan leher bagian atas dan hanya dalam beberapa hari akan menjalar ke tangan dan kaki.


Salah satu hal yang menarik tentang campak adalah belum ada kasus yang didokumentasikan terkait penyebaran yang tidak memiliki gejala. Hal tersebut berarti tidak ada satu orangpun yang terkenap campak yang tidak menunjukkan gejala. Ini merupakan berita baik bagi kampanye pemberantasan karena hal tersebut berarti kasusnya dapat diidentifikasi dengan cukup mudah untuk diisolasi dan aparat dapat mengkarantina orang yang memiliki potensi terinfeksi campak.


Apakah gejala penyakit campak khas? Kebanyak ya. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ruam yang muncul cukup khas, tapi ada beberapa tanda dan gejala lain yang terkait dengan infeksi campak. Satu atau dua minggu setelah seseorang terinfeksi virus campak, mereka akan mulai menunjukkan tanda dan gejala yang biasa muncul karena infeksi virus, seperti demam, sakit tenggorokan, dan hidung berair. Saat itu mereka juga akan mulai menampakkan mata yang berwarna kemerahan dan berair.


Dua sampai tiga hari kemudian, bercak putih kebiru- biruan kecil dengan latar berwarna kemerahan yang dikenal dengan bercak koplik akan muncul di dalam mulut orang tersebut. Tiga sampai empat hari sejak gejala pertama muncul (kira - kira 14 hari sejak orang tersebut terkena virus campak dari orang lain), ruam akan muncul di garis rambut, dan demam dapat mencapai 40 derajat C. Ruam tersebut berupa bercak kecil merah kecoklatan, sebagian di antranya timbul dan mengelompok, membuat orang tersebut terlihat "bernoda".


Apakah terdapat periode inkubasi yang singkat?
Tidak juga. Waktu yang dibutuhkan sejak seseorang terpapar virus sampai dengan muncul gejala awal adalah sekitar 10 - 12 hari. Tidak selama HPV (2 - 3 bulan), tapi jauh lebih lama dari pilek (2 hari). Orang yang menderita campak dapat menularkannya ke orang lain sejak empat hari sebelum ruam muncul sampai empat hari setelah ruam pertama kali hilang. Ini merupakan masalah karena seseorang dapat menyebabkan virus ke orang lain tanpa menyadari bahwa mereka menderita sesuatu yang serius seperti campak atau bahwa mereka sebenarnya sedang sakit.


Apakah penyakit ini dapat ditularkan dari manusia ke manusia? Tentu saja. Campak merupakan salah satu penyakit yang paling menular yang diketahui oleh umat manusia saat ini.  Jika seseorang terkena campak, hampir semua orang yang tidak pernah divaksin yang berada di dekat orang tersebut dapat tertular. Bahkan virus campak dapat bertahan sampai dengan 2 jam di udara atau pada permukaan, setelah orang yang terinfeksi meninggalkan ruangan.


Jumlah reproduksi dari campak? 12 -18. Jika masuk ke dalam populasi yang tidak divaksin, penyebarannya bisa seperti kebakaran. Tapi hal yang melegakan mengenai penyebaran campak adalah penyakit inin hanya menular dari manusia ke manusia. Belum pernah ada kejadian dimana campak menyebar ke hewan.


Hal ini merupakan kabar baik untuk dua alasan:

  • Kita tidak perlu mempertimbangkan faktor perantara, seperti yang kita lakukan pada penyakit nyamuk seperti malaria, atau demam berdarah, dan
  • Jika kita berhasil memberantas campak, kecil kemungkinannya bahwa penyakit ini akan kembali menyerang manusia lagi,
Apakah ada cara yang efektif untuk mencegah penyebaran penyakit campak? Ya! Vaksin campak merupakan cara yang aman dan efektif untuk mencegah campak. Campak ini hanya dapat dilakukan pada individu yang berusia di atas satu tahun. Dosis pertama biasanya diberikan setelah ulang tahun anak yang pertama. Dosis kedua diberikan ketika anak berusia 4 dan 6 tahun. Tapi ini bisa berbeda - beda antar negara. Vaksin ini akan melindungi seseorang seumur hidup, hampir semua orang membangun perlindungan terhadap campak dari vaksin tersebut.

Apakah vaksin campak tersebut dapat diandalkan? Kelihatannya begitu. Virus, terutama virus RNA beruntai tunggal atau virus flu rentan terhadap yang namanya pergeseran antigenik. Pada dasarnya karena virus terus bereplikasi, virus tersebut sedikit mengalami mutasi, dan antibodi yang kita miliki dalam tubuh kita melalui infeksi alami atau melalui vaksinasi tidak lagi dapat melawan virus tersebut. Ini adalah salah satu alasan kenapa kita sebaiknya melakukan vaksin flu setiap tahun. Tapi ini bukan masalah bagi virus campak. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa virus campak melalui beberap perubahan, tapi tidak ada yang mempengaruhi keampuhan vaksin campak.

Apakah sumber daya yang dibutuhkan cukup?
Mungkin. Untuk memberantas campak, harus dilakukan kampanye vaksin campak di seluruh dunia, di setiap sudut pada seluruh belahan dunia. Untungnya, vaksin campak cukup murah (kurang dari sepuluh ribu untuk setiap dosisnya) dan kita sudah mencapai kemajuan yang bagus.

Berdasarkan perkiraan WHO, pada tahun 2011 sekitar 84% anak - anak di seluruh dunia sudah menerima vaksin campak. Tapi karena campak menular, kita masih perlu mengidentifikas, mengisolasi dan mengkarantina individu yang terjangkit campak dengan cepat. Upaya untuk melakukan hal ini saja akan membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang