Perawatan Intensif: Apa arti dari setiap bagian gambar di monitor ICU?

Dilihat 144 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Perawatan intensif menjadi bagian yang sangat vital di sebuah rumah sakit. Peralatan rumah sakit lengkap diwajibkan karena di sinilah penanganan darurat terhadap pasien pertama kali dilakukan baik itu akibat korban kecelakaan ataupun kondisi darurat lainnya. 


Nah di ICU ini ada banyak istilah dan prosedur yang perlu dipahami dan dikuasai oleh para staf yang bertugas di dalamnya. Mereka juga harus mengerti cara membaca monitor ICU yang menjadi indikator penting di sebuah ruang ICU. Unit perawatan khusus ini sangat penting untuk dikelola karena sebagian besar prosedur ditujukan untuk menyelamatkan pasien dari kematian atau cacat permanen yang kelak akan mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari. 


Bagian terpenting di sini adalah ICU Primer di mana pasien yang membutuhkan perawatan ketat atau high care ditempatkan. Di sini ada pelayanan resusitasi jantung paru dengan ventilasi bantu 24-48 jam. Cara membaca monitor ICU mutlak perlu dikuasai oleh seluruh staf yang bertugas di dalam ruangan ini, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam memahami setiap bagian dari monitor ICU tersebut. 


Yang terpenting adalah di sini tersedia seorang ahli anastesi yang biasanya menjadi kepala bagian dan dibantu oleh dokter jaga 24 jam dengan keahlian resusitasi jantung paru dan kosnulen pembantu yang selalu bersiaga. Oleh karena itu, ahli anastesi dan perawatan intensif berhubungan erat. 


Karena pentingnya menjaga tingkat kooperatif pasien baik disadari atau tidak disadari, maka kehadiran ahli anastesi menjalankan fungsi kontrol yang sangat penting di ruang ICU. Dan monitor ICU merupakan salah satu peralatan rumah sakit penting yang harus selalu siap sedia. 


cara membaca monitor icu


Penjelasan Singkat Vital Sign Monitor atau Monitor ICU 


Berikut ini beberapa penjelasan penting terkait dengan bagian monitor ICU, yang pertama adalah penjelasan tentang garis pada monitor ICU.


Garis gelombang hijau - ECG (jejak jantung) terlihat dari 'Lead II' (jantung sifatnya tiga dimensi jadi beberapa elektroda berbeda akan memberikan penampilan yang sedikit berbeda terkait aktivitas elektrisnya).


Garis gelombang hijau kedua - seperti di atas. Dua bagian yang kompleks urutan ketiga dari kiri dan ketiga dari kanan itu dikenal sebagai 'Ventrikel Ektopik', pada pasien ini akan terasa sedikit sensasi mirip 'der dum'. Hal ini terlihat dalam jejak di atas (seperti garis gelombang hijau pertama) - penampilannya berbeda karena berasal dari sudut yang berbeda. (jantung tiga dimensi dan lain-lain).


Garis merah - Tekanan Darah Arteri 'Art Line'. Menampilkan pengawasan konstan pada tekanan darah dari kateter yang diletakkan dalam arteri (biasanya di pergelangan tangan) dan ditempelkan ke transduser.


Garis gelombang hijau di bawah - SPO2 – ukuran kejenuhan oksigen. Bentuk gelombangnya selalu terlihat seperti itu.


Garis di bawah - tingkat pernafasan. Tingkat tersebut biasanya diukur dengan merekam perbedaan dalam sensor 'naik/turun' di dada. Jadi bisa saja tidak akurat. Dan pasien ICU itu sering kali 'diventilasikan' jadi polanya akan beragam dari pasien yang bernafas secara normal. 


Di samping itu ada beberapa angka yang perlu dipahami terkait dengan penanganan di dalam ruang ICU seperti yang bisa dijelaskan di bawah ini. Sekali lagi sangat penting bagi staf untuk memahami cara membaca monitor ICU.


monitor ICU 2


Penjelasan selanjutnya adalah tentang angka yang tampil pada monitor ICU.


103 - tingkat jantung. Sedikit ke kiri pada monitor adalah 'PVC' - 6- ini menunjukkan kontraksi prematur ventrikular. Ini merupakan 'ventrikular ektopik' yang disebutkan di atas. Tulisan di bagian kanan menunjukkan ECG dan angka dibawahnya dengan cepat akan menyatakan pengaturan alarm tinggi dan rendah untuk tingkat jantung.


110/59 - angka 'asli' tekanan darah arteri. Angka atas adalah tekanan darah sistolik (ketika jantung berkontraksi), angka bawah merupakan diastolik (ketika jantung berelaksasi dan memompa) - tekanan darah yang baik. Tulisan di kanan itu hanyalah pengaturan alarm. Angka di bawahnya adalah 'artinya'.


98 – Tingkat kejenuhan oksigen, 100% itu maksimumnya. 98 itu sangat baik. Tingkat - 99 mengarah ke tingkat jantung. Probe di jari akan mengambil ini juga. Angka yang ada di bagian kanan itu merupakan pengaturan alarm tinggi dan rendah.


29 – adalah tingkat pernafasan.


96/67 - NIBP (Tekanan Darah Non-Infasif) ini akan berbeda dari garis tekanan arteri, tidak terlalu akurat dan hanya akan dicatat sesekali saja (bisa setiap menit maupun setiap 8 jam. Tetapi biasanya setiap 15 menitan). Ada jeda 28 menit sebelum perekaman selanjutnya. Pengaturan tinggi/rendah untuk alarm tersebut ada di sisi kanan.


Kotak pada bagian bawah adalah untuk melihat ketika alarm menjadi aktif dan menunjukkan 'mengapa'. Semua monitor akan memperlihatkan beberapa alarm, hal ini adalah normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.


Bagian yang paling bawah merupakan status baterai dari monitor ICU.


monitor ICU 3


Masalah Yang Dihadapi Staf Perawatan Intensif dan Solusinya


Staf perawatan intensif dipersiapkan untuk melakukan tindakan-tindakan penanganan kritis dengan kesiagaan penuh. Ada banyak kemungkinan bisa terjadi di ruang ini dan para staf bertugas memastikan segala kondisi bahaya ditangani secepat mungkin untuk diminimalkan. Manajemen kritis ini menjadi standar prosedur yang dijalankan oleh semua unit ICU di seluruh dunia. 


Para staf yang bertugas di ruang perawatan intensif atau ICU bersifat multidisipliner. Artinya mereka masing-masing memiliki keahlian khusus yang diharapkan bisa bekerjasama secara intensif untuk mengatasi kondisi pasien yang seringkali tidak terduga. 


Antara lain staf yang hadir dan bersiaga di ruang perawatan intensif adalah dokter bedah, ahli anastesi, perawat khusus, ahli radiologi dan beberapa ahli lagi yang sewaktu-waktu siap dipanggil sesuai dengan kebutuhan kondisi medis pasien.


monitor ICU 4


Pendapat Umum Tentang Unit Perawatan Intensif di Rumah Sakit


Kehadiran sebuah ICU di rumah sakit menjadi tolok ukur apakah rumah sakit tersebut berkelas atau tidak. Rata-rata rumah sakit bertaraf internasional atau rumah sakit rujukan memiliki unit ini dengan perlengkapan peralatan rumah sakit yang paling canggih di antara unit-unit lain. Kita tahu betapa kecelakaan atau kondisi darurat lainnya seringkali dialami oleh masyarakat dan di unit inilah pertama kali tindakan pertolongan penting diberikan kepada pasien tersebut.


Tak terhitung berapa banyak nyawa berhasil diselamatkan di ruang ini, juga tak terhitung berapa banyak orang yang berhasil diselamatkan dari kondisi cacat permanen yang bisa membuat kehidupannya di masa depan menjadi lumpuh. Selain ketersediaan peralatan rumah sakit yang lengkap, posisi ICU di sebuah rumah sakit terbilang paling strategis. 


Artinya ruang ini paling mudah dijangkau oleh ambulan atau pasien dari luar yang membutuhkan pertolongan darurat mendadak. Selain itu juga ruang ini sangat berdekatan dengan ruang bedah atau ruang operasi sehingga apabila diperlukan suatu tindak operasi maka bisa segera dilakukan.


Semoga penjelasan singkat di atas tentang cara membaca monitor ICU memberi pencerahan bagi Anda tentang kegunaan alat monitor pasien yang terdapat pada unit perawatan intensif di setiap rumah sakit. 


Karena, sekali lagi, unit perawatan intensif atau ICU adalah unit pertama yang dituju oleh pasien korban kecelakaan atau kondisi darurat lainnya yang membutuhkan penanganan darurat segera.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang