Percakapan Bahasa Inggris: Apa sajakah buku-buku atau sumber-sumber yang baik untuk belajar berbicara Bahasa Inggris?

Dilihat 1,4 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mempelajari bahasa Inggris di zaman modern ini merupakan kebutuhan dan juga keharusan yang harus dimiliki seseorang. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang wajib dikuasai jika anda tidak ingin ketinggalan dalam beberapa kemajuan dunia. Banyak sekali manfaat mempelajari Bahasa Inggris di era globalisasi ini. Seperti halnya mencari kerja atau ingin memperluas bisnis anda menuju bisnis internasional. Banyak perusahaan internasional bahkan nasional yang sangat membutuhkan orang-orang yang fasih dalam berbicara bahasa Inggris. Maka dari itu, penting sekali untuk belajar percakapan bahasa Inggris. 


Cara belajar Bahasa Inggris yang benar sebaiknya memang diketahui sejak kecil, karena anak akan lebih mudah mengingat dan menguasai bahasa asing tersebut dengan mudah. Namun jika memang anda masih tidak fasih atau bahkan masih kesulitan untuk mempelajarinya, belajar saat sudah dewasa juga tidak menjadi masalah asalkan ada kemauan dan ketekunan yang kuat. 


belajar bahasa inggris

Salah satu Cara belajar bahasa Inggris adalah dengan mengenal 4 keterampilan dasar dalam Bahasa Inggris, yaitu reading, writing, listening, dan juga speaking. Keempat keterampilan dasar ini harus anda kuasai untuk memudahkan anda mempelajari bahasa Inggris. 


Keterampilan dasar dimulai dengan reading (membaca), perbanyaklah membaca buku dalam bahasa Inggris untuk membiasakan diri anda dengan struktur bahasa Inggris dan juga bisa menambah perbendaharaan kata bahasa Inggris anda. 

Keterampilan yang kedua adalah writing (menulis). Setelah anda menguasai berbagai buku bacaan dalam bahasa Inggris, mulailah dengan menulis dalam bahasa Inggris. Hal ini adalah wujud praktek penggunaan struktur yang telah anda pelajari melalui reading. 


melatih pendengaran bahasa inggris

Listening (Mendengar) adalah keterampilan yang bisa mengajarkan kita bagaimana cara orang mengucapkan kata dalam bahasa Inggris, anda bisa mendapatkannya dari menonton film berbahasa Inggris dan mendengarkan bagaimana mereka mengucapkan katanya. Dengan banyak mendengarkan percakapan Bahasa Inggris bisa membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anda. 


Sedangkan keterampilan yang ingin dikuasai semua orang adalah speaking (berbicara), keterampilan berbicara ini memang membutuhkan keberanian dan juga praktek yang harus sering dilakukan. 

Jika anda mampu menguasa keempat keterampilan bahasa Inggris tersebut, dijamin anda akan dengan cepat menguasai percakapan bahasa Inggris dengan baik. 


pintar berbahasa inggris


Cara Menguasai Percakapan Bahasa Inggris 


Cara menguasai percakapan Bahasa Inggris memang dibutuhkan keberanian. Selain itu hal yang paling penting adalah prakteknya yang harus dilakukan terus menerus agar membuat anda terbiasa dengan menyusun kata Bahasa Inggris dalam otak anda. 


Agar dapat menguasai percakapan bahasa Inggris dengan mudah, ikutilah beberapa tips di bawah ini:


1. Perbanyak Vocabulary (kosakata)

Memperbanyak penguasaan vocabulary atau kosakata dalam bahasa Inggris bisa membuat anda dengan mudah menguasai percakapan dalam bahasa Inggris. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak perbendaharaan kata anda, dengan cara mengenali nama benda-benda disekeliling dan catatlah kata baru tersebut dalam buku catatan. 

Praktekanlah kata tersebut kedalam sebuah kalimat yang tentunya bisa anda hafal dan anda gunakan sehari-hari.


2. Jangan Terpaku dengan Grammar

Memang menguasai grammar atau struktur dalam bahasa Inggris itu sangatlah penting dalam hal reading ataupun writing. Namun dalam speaking jika anda selalu mengkhawatirkan masalah grammar bahasa Inggris dalam setiap kalimat yang anda ucapkan, anda akan kehilangan keberanian dan juga takut melakukan kesalahan. 

Banyak orang yang lancar sekali dalam percakapan namun belum tentu memiliki kemampuan grammar yang baik. Jadi grammar dalam percakapan jangan terlalu anda khawatirkan.


3. Berkumpul dengan Teman yang Menguasai bahasa Inggris

Cara belajar percakapan Bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan menemukan teman yang mampu berbahasa Inggris. Akan lebih sempurna jika anda mempraktekkan kemampuan percakapan bahasa Inggis dengan teman yang pintar berbahasa Inggris. Teman anda akan dengan mudah menemukan kesalahan dalam pengucapan ataupun dalam struktur kalimat yang anda ucapkan. Dengan koreksi dari teman, anda juga akan menyadari kesalahan-kesalahan yang selama ini tidak anda sadari. 


buku bahasa inggris yang bagus



Buku yang Bisa Memperlancar Percakapan Bahasa Inggris


Sebenarnya buku bukanlah alat yang pas untuk memperlancar percakapan bahasa Inggris. Belajar percakapan bahasa Inggris tidaklah cukup dengan menggunakan buku. Namun membaca juga akan berguna bagi anda untuk menemukan beberapa struktur dan frasa umum Bahasa Inggris

Ingatlah anda harus terus mempraktekkan frasa baru yang anda temukan dari buku bahasa Inggris apapun. 


Inilah beberapa buku yang bisa menjadi rekomendasi anda untuk memperlancar percakapan bahasa Inggris:

  1. Essential English Grammar karya Raymond Murphy. Dalam buku ini, anda tidak akan mempelajari struktur bahasa Inggris dengan cara yang tradisional dan membosankan. Raymond Murphy memilki cara yang sangat canggih dalam mengajarkan bahasa Inggris. Anda akan mempelajari tentang kemampuan berbahasa dan percakapan bahasa Inggris tanpa terpaku dalam tata bahasa atau grammar. 
  2. English Conversation Practice karya Grant Taylor. Buku ini memilki cara yang sangat baik, mudah, dan berguna untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anda dalam bahasa Inggris. Anda akan mempelajari segalanya tentang percakapan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga akan mendapatkan banyak soal-soal untuk berlatih, tentang apa yang telah anda pelajari. Buku ini sangat berguna apabila anda tidak memiliki guru bahasa Inggris yang baik. Buku ini akan sangat membantu anda untuk meningkatkan kemampuan dalam percakapan bahasa Inggris.
  3. Practical English Usage karya Michael Swan. Anda akan membutuhkan buku ini jika anda sedang mempersiapkan diri untuk ikut dalam sebuah kompetisi. Buku ini tidak ditujukan untuk pemula, dan buku ini akan sangat berguna jika anda adalah seorang guru bahasa Inggris. Jika anda sedang bersiap untuk sebuah ujian, maka buku ini adalah pilihan yang terbaik untuk membantu mempersiapkan ujian anda. Seperti judulnya, buku ini menekankan tentang penggunaan bahasa Inggris secara praktis. 

Itulah beberapa hal untuk meningkatkan kemampuan percakapan Bahasa Inggris anda. Namun tetaplah ingat bahwa anda harus tetap mempraktekkan percakapan bahasa Inggris anda untuk semakin membuat anda percaya diri dan juga fasih dalam berbahasa Inggris. 


Cara belajar bahasa Inggris lainnya adalah dengan datang ke komunitas-komunitas Bahasa Inggris untuk menambah kemampuan dan kepercayaan diri anda berbicara Bahasa Inggris secara langsung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mempelajari percakapan bahasa Inggris. Selamat mencoba!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang