Pertanda apakah jika saya batuk dengan flek coklat pada dahaknya?

Dilihat 13,5 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dugaan terkuat adalah pertanda keracunan. Warna flek coklat pada dahak saat batuk bisa menandakan tuberculosis, bronkitis, pneumonia, laringitis, luka pada tenggorokan ataupun asam lambung. 


Sebenarnya ada beberapa warna dahak sebagai indikasi dari penyakit-penyakit yang berbeda, namun yang jelas jika Anda mengalami masalah ini sebaiknya hindari terlebih dulu paparan asap rokok, debu, dan polusi udara yang lain. 


Efek samping merokok memang menjadi kecurigaan pertama karena rata-rata mereka yang mengeluhkan atau mengkhawatirkan warna coklat pada dahak adalah perokok.


Gaya hidup dan pekerjaan seseorang bisa berkontribusi besar terhadap gejala-gejala kesehatan yang menimpa saluran pernapasan dan pencernaan. Jika Anda tinggal di lingkungan yang tingkat polusi dan kepadatannya tinggi, menggunakan masker sangat disarankan dan untuk mengatasi gangguan di dalam tubuh yang sesekali atau kerap terjadi maka dianjurkan banyak minum air putih. 


Air putih sangat manjur mengatasi dehidrasi di dalam tubuh dan memicu munculnya keringat dan mengikis racun-racun yang menempel pada sel atau jaringan tubuh.


berdahak 1

Pada perokok, dahak berwarna coklat yang keluar saat batuk besar kemungkinannya mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan paru-paru seperit tar, nikotin, dan racun. 


Seorang perokok berat sebenarnya sudah lama menimbun zat-zat ini di saluran pernapasannya. Jadi ketika jaringan atau sel di dalam organ pernapasannya mulai tidak mampu mengatasi maka terjadilah batuk sebagai efek samping merokok. Efek samping merokok sudah sangat jelas merugikan kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.  


Pada kondisi yang lebih kronis, racun ini bisa sampai pada organ pencernaan yang membuat penderitanya mual-mual, muntah dan mengalami gangguan lambung akut. Jika Anda menganggap flek kecoklatan pada batuk Anda meresahkan, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan saran dan perawatan yang sesuai.


berdahak 2

Tenggorokan Berdahak dengan Flek Coklat 


Banyak perokok sering mengeluhkan sesak napas atau batuk yang membuat dadanya terasa tidak nyaman. 


Di samping itu, tenggorokan yang selalu berdahak flek coklat biasanya menunjukkan bahwa keluhan yang mereka rasakan sudah mencapai tahap mengkhawatirkan. Jadi, berhenti merokok menjadi suatu keharusan. Namun beberapa orang juga mengalami flek coklat saat berdahak meski mereka bukan perokok. Ini tentu lebih memerlukan kewaspadaan tinggi dan satu-satunya jalan adalah mengunjungi dokter atau rumah sakit.


Dahak berwarna coklat yang disertai oleh gejala-gejala lain seperti sesak nafas, keringat dingin, dan lain-lain tidak jarang menunjukkan risiko pneumonia, tuberculosis, laringitis, atau bronkitis. Uji laboratorium akan memastikan seberapa parah kondisi seseorang dan jalan tindakan terbaik apa yang harus segera diambil. Namun sebagai pertolongan pertama dan pencegahan agar kondisi tidak memburuk, pertama-tama kebiasaan buruk harus dihentikan.


Selanjutnya, berpindah ke lingkungan dengan udara yang lebih segar dan sehat terkadang meredakan gejala-gejala yang tidak mengenakkan meski dahak berwarna coklat masih keluar. Pola makan yang sehat disertai banyak makan sayuran, buah-buahan dan makanan berserat tinggi disebut mampu memperkuat kembali sel-sel dan jaringan pada organ pernapasan untuk melawan gejala-gejala keracunan dan sakit.


berdahak 3


Kenapa Tenggorokan Selalu Terasa Ada Dahaknya?



Ini menjadi pertanyaan yang logis dan sering disampaikan oleh orang-orang. Gejala flu merupakan penjelasan yang sering diberikan. Memang, di saat-saat tertentu tubuh kita perlu mengalami gejala flu untuk mengistirahatkan sel-sel yang bekerja 24 jam setiap harinya. Nah, sebagai efek sampingnya maka sel-sel tubuh mengeluarkan lendir terutama di bagian tenggorokan yang kita kenal sebagai dahak. 


Selama tidak menimbulkan keluhan lain, dahak pada tenggorokan seperti ini masih terkategorikan sehat dan akan hilang dengan sendirinya. 


Namun jika dahak masih saja terjadi berhari-hari secara tidak wajar, pemeriksaan lebih lanjut diperlukan. Penyakit pernapasan seperti bronkitis atau tuberculosis juga menunjukkan adanya dahak yang berlebihan. Tenggorokan itu sendiri merupakan organ tubuh yang senantiasa basah dan untuk menjaga keseimbangan pH, temperatur, dan kebasahannya, sel-sel dan jaringan mengeluarkan cairan yang jika berlebih akan berbentuk dahak.


Seiring dengan berhentinya kebiasaan merokok efek samping merokok menjadi berkurang yang ditandai oleh perubahan warna dahak. Jadi, daripada terlambat sebaiknya para perokok tidak menunda-nunda lagi untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Berolah raga secara teratur dan mengonsumsi banyak makanan yang kaya akan vitamin dan mineral sangat membantu menghilangkan efek kecanduan dari rokok.


berdahak 4


Obat Untuk Mengatasi Dahak berflek coklat 


Flek atau bercak coklat pada dahak bisa timbul akibat perdarahan kecil dan ringan di sekitar saluran nafas bagian dalam. Ini seringkali terjadi terutama pada saat kita sedang mengalami flu. Untuk mengatasinya obat flu biasa bisa mencukupi namun jika flek coklat masih terus muncul hingga setelah flu reda maka perlu diperiksakan ke dokter apakah ini menunjukkan gejala-gejala lain.


Jika ternyata flek coklat tersebut disebabkan oleh organisme entah bakteri, virus, atau jamur, maka penggunaan obat-obat antibiotik akan disarankan. Dan hal ini hanya boleh diresepkan dan diberikan oleh seorang dokter. Menghindari pola hidup yang menyebabkan kita berisiko tinggi mengalami gangguan pernapasan merupakan hal yang harus dilakukan sekarang juga. Efek samping merokok selain menambah beban ekonomi keluarga juga mengancam kesehatan dan kebugaran fisik kita.


Jadi, timbulnya flek coklat pada dahak bisa disebabkan oleh beberapa faktor baik itu debu-debu, asap, ataupun organisme hidup.


 Mengingat pentingnya paru-paru bagi tubuh yang menyuplai oksigen untuk kerja seluruh sistem maka merawatnya menjadi tanggungjawab penting bagi kita semua. Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan minum air putih dalam jumlah yang cukup bisa memberikan efek bagus bagi kesehatan secara umum. 


Dahak berwarna coklat sejauh ini sangat berkaitan dengan kebiasaan merokok karena asap rokok meninggalkan residu seperti tar dan nikotin di saluran pernapasan kita. Oleh karena itu, jangan tunda untuk memeriksakan kesehatan Anda ke dokter saat muncul flek hitam pada dahak Anda. 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang