Pertanyaan seperti apakah yang dapat mencerminkan kepribadian seseorang?

Dilihat 817 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Di era modern ini dengan banyaknya tuntutan dalam dunia kerja, kepribadian manusia menjadi semakin tak tertebak. Hal ini disebabkan oleh sifat alami manusia untuk mengenakan topeng yang berbeda-beda dari waktu ke waktu. Setiap orang memiliki wajah yang mereka tunjukkan ke orang yang baru mereka kenal, wajah yang mereka tunjukkan pada orang yang sudah dekat dengan mereka, dan tentunya ada wajah yang hanya ditunjukkan seseorang pada dirinya sendiri. 

Oleh karena itu, sulit sekali untuk menilai kepribadian seseorang yang baru kita kenal. Bahkan terkadang, tak jarang seseorang mengalami kesulitan untuk mengenali diri mereka sendiri dan hal semacam ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Biasanya orang-orang yang 'bimbang' dan tidak yakin akan kepribadiannya sendiri rentan hilang dan dapat menyebabkan gangguan kepribadian seperti kepribadian ganda, psikopat, gangguan kecemasan, dan lain-lain.




Tes kepribadian adalah salah satu media yang sangat umum digunakan untuk mengenal seseorang. Dengan pertanyaan-pertanyaan yang terlihat remeh atau dengan menunjukkan gambar-gambar tertentu, jawaban seseorang dapat menunjukkan bagaimana kepribadian orang itu sebenarnya. Bahkan tes semacam ini juga banyak digunakan perusahaan untuk menentukan apakah seseorang layk untuk bekerja dengan mereka atau tidak. 

Tentunya, ada strategi agar sukses dalam tes kepribadian tersebut. Penggolongan karakter yang paling umum digunakan dari tes kepribadian adalah kepribadian koleris, sanguinis, melankolis, dan flegmatis. Namun di luar itu, sebenarnya masih ada berbagai jenis tes kepribadian lainnya yang wajib Anda ketahui.


Di bawah ini saya akan mengulas mengenai salah satu jenis tes kepribadian yakni tes Enneagram untuk memahami potensi dan kepribadian Anda.



Tes Kepribadian Enneagram


Tes ini merupakan salah satu tes kepribadian yang umum digunakan di seluruh dunia setelah tes MBTI. Tes Enneagram dikembangkan oleh Oscar Ichazo dan Claudio Naranjo pada era 50-an dengan menggunakan ajaran G.I.Gurrdjieff sebagai landasan. Ada sembilan jenis kebribadian dalam Enneagram yang digambarkan dalam sebuah diagram dan memiliki kolerasi antara satu sama lain.




Ada pun sembilan jenis kepribadian dalam tes ini adalah sebagai berikut:


1. Reformer/perfeksionis

Seseorang dengan kepribadian jenis ini biasanya sangat rasional, idealis, kritis, dan terkadang terlalu perfeksionis. Umumnya orang dengan tipe kepribadian ini sangat tegas mengenai hal yang salah dan benar dan selalu memiliki keinginan untuk memperbaiki yang salah.


2. Giver/helper

Seseorang dengan kepribadian ini memiliki sifat alami yang peduli pada sesama, berhati lembut, tulus, memiliki empati kepada orang lain, dan selalu ingin membantu orang-orang di sekelilingnya. Namun di sisi lain, ia juga sangat perasa (sensitif) dan memiliki kesulitan mengutarakan apa yang ia inginkan, sehingga pada beberapa kasus ia cenderung menuntut orang lain untuk memahami apa yang ia inginkan.


3. Achiever/motivator/performer

Selalu berorientasi pada prestasi, enerjik, bersemangat, dan penuh percaya diri adalah karakteristik pemiliki kepribadian jenis ini. Ia berambisi untuk maju, namun terkadang bisa menjadi terlalu kompetitif karena ambisinya dan bisa menjadi gila kerja. Ia juga sangat peduli akan apa yang dipikirkan orang lain mengenai dirinya.


4. Romantic/Artist/Individualist

Pemilik kepribadian ini biasanya senstif, instropektif (melihat ke diri sendiri), berjiwa kreatif, dan memiliki caranya sendiri untuk mengekspresikan perasaan atau pemikirannya. Namun, ia memiliki emosi yang berubah-ubah (moody) dan terlalu menarik diri dari pergaulan karena ia kurang nyaman bertemu dengan banyak orang. Ia juga terkadang terlalu mengasihani diri sendiri.


5. Observer/thinker/investigator

Pemilik jenis kepribadian ke-lima dari Enneagram ini pada umumnya memiliki otak cerebral yang kuat dan mempunya rasa ingin tahu yang tinggi. Ia sangat semangat untuk mengetahui sesuatu secara mendalam sehingga memiliki kemampuan konsentrasi yang tinggi dan cocok untuk menguasai keahlian-keahlian yang rumit. Orang dengan kepribadian ini adalah orang-orang yang mandiri, inovatif, memiliki kemampuan inventif (menemukan sesuatu), dan mampu melihat sebuah permasalahan dari sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang. Namun terkadang ia bisa terlalu asyik dan hanyut dengan ide-ide dan gagasannya sendiri sehingga memisahkan diri dari orang-orang.00


6. Loyalist/Pessimist

Seseorang dengan kepribadian ini memiliki komitmen, rasa tanggung jawab yang tinggi, dan pekerja keras. Namun karena terlalu menekankan ke rasa aman, ia sering meragukan, bahkan merendahkan dirinya sendiri. Ia kurang yakin dan kurang mempercayai kemampuan yang ia miliki. Dan tak jarang mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan karena banyaknya keraguan yang ia rasakan.


7. Generalist/Optimist/Adventure

Pemilik kepribadian ini memiliki sifat yang terbuka pada orang lain, berjiwa spontan, penuh semangat, selalu optimis, dan percaya pada dirinya sendiri. Karena ketertarikannya akan banyak hal, ia biasanya selalu sibuk. Namun biasanya memiliki masalah kedisiplinan dalam mengerjakan satu hal karena memiliki kesulitan untuk fokus. Ia selalu berusaha mencari pengalaman baru dan kurang bisa bersabar. Minatnya yang bermacam-macam membuatnya mudah bosan pada satu hal dan dengan cepat berpindah pada hal lain.


8. Challenger/leader/protector/intimidator

Seseorang denga kepribadian ini biasanya adalah orang yang dominan, penuh rasa percaya diri, memiliki insting untuk melindungi orang-orang di sekelilingnya, dan amat terus terang. Ketika bicara, ia akan langsung menuju pada inti pembicaraan tanpa bertele-tele dan banyak basa-basi. Karena sifatnya yang dominan, ia cenderung egois dan terlalu mendominasi dan merasakan keharusan untuk mengendalikan lingkungan dan juga orang-orang di sekitarnya. Dan hal ini menyebabkan ia menjadi mudah marah (temperamental) ketika hal-hal tidak berjalan sesuai harapannya.


9. Peacemaker/mediator/accomodator

Easy-going adalah karakteristik utama yang dimiliki kepribadian ini. Ia memiliki kemampuan untuk mempercayai orang lain dan bisa menerima orang lain. Ia cukup kreatif, memiliki pemikiran yang optimis, dan emosi yang stabil. Ia bisa menjadi keras kepala pada saat-saat tertentu, namun pada umumnya selalu berusaha menghindari konflik karena orang dengan kepribadian ini tidak suka berselisih dengan orang lain. Jika bepergian, ia lebih suka mengajak orang lain karena ia merasa lebih aman ketika ada seseorang yang ia kenal bersamanya.



Selain Enneagram, sebenarnya masih ada banyak sekali jenis tes kepribadian lainnya seperti test MBTI, tes rorschach, tes Sally-Anne, dan lain-lain. Sehubungan dengan pertanyaan Anda, Anda bisa mengajukan pertanyaan semacam "Apa hal yang ingin Anda capai?" untuk melihat kepribadian seseorang. Jawaban yang diberikan memperlihatkan apa prioritas dan apa tujuan hidup seseorang. Bisa saya katakan bahwa terdapat perbedaan yang cukup besar antara seseorang yang berkata "Saya hanya ingin mempunyai uang sebanyak-banyaknya.", dan seseorang yang berkata "Saya hanya ingin bahagia, nyaman, dan dikelilingi oleh orang-orang yang saya cintai". 


Iya, saya tahu hidup ini memang membutuhkan banyak biaya dan uang memang hal yang esensial dalam kehidupan di masa kini. 


Namun, jika seseorang memprioritaskan uang pada hidupnya, hal ini dapat menyebabkan tekanan dan stres pada orang tersebut. Tentunya hal ini bukanlah hal yang sehat bagi kondisi mental seseorang. Sehingga orang yang memilih jawab ini riskan mengalami gangguan kepribadian seperti psikopat, sosiopat, kepribadian ganda, dan lain-lainnya. 


Sementara orang yang memilih hidup untuk kebahagiaan, biasanya akan memiliki kepribadian lebih terbuka dan karena itu jika menghadapi sebuah masalah, ia akan dengan senang hati menerima bantuan dari orang-orang yang disayanginya, sehingga beban dan tekanan yang dirasakannya tidak begitu berat. Jadi, manakah yang akan anda pilih?

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang