Pertanyaan yang mengandung asumsi: Jika kondisi medis seorang wanita hamil dikatakan bahwa hanya janinnya atau sang ibu yang dapat bertahan hidup, haruskan janinnya yang diselamatkan daripada ibunya?

Dilihat 1,1 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Rincian pertanyaan disini difokuskan pada optimalisasi, namun jangkauan tepat dari optimalisasi tersebut sangatlah terbatas. Artinya, orang yang bertanya tertarik pada optimalisasi dari angka harapan hidup total yang diharapkan antara ibu dan janin. Ini merupakan tujuan yang salah dalam berbagai perhitungan. Meskipun tidak dinyatakan terang-terangan, saya menduga bahwa pertanyaan ini adalah khusus mengenai kebijakan umum yang diadopsi oleh masyarakat. Jadi, pertanyaannya sama dengan "Haruskah kita lebih menghargai nyawa seorang janin lebih tinggi daripada nyawa wanita hamil?" Jika dilihat dari sisi ini, jelas bahwa keputusan ini memiliki implikasi yang lebih luas daripada lamanya usia kedua belah pihak. Secara langsung, hal ini mempengaruhi kualitas hidup dari janin dan sang ibu, sebagaimana disebutkan oleh Louis Clark. 

Janin diduga akan memiliki kehidupan jauh dibawah rata-rata tanpa seorang ibu. Kemudian, orang yang memiliki standar hidup rendah berdampak negatif bagi semua orang dalam kehidupan masyarakat. Sang ibu mengetahui bahwa ia hidup dan memang ingin hidup; tetapi tidak dengan janin. Keputusan ini juga mempengaruhi semua wanita berusia subur karena berhubungan dengan resiko yang diterima saat mereka hamil. Hal ini sangat mempengaruhi masyarakat, karena hidup dalam masyarakat dimana entitas tanpa kesadaran (namun berpotensi memiliki kesadaran) diperlakukan sama dengan entitas dengan kesadaran memiliki prospek yang berbeda dengan apabila keduanya diperlakukan berbeda. Terlebih lagi, terdapat prospek yang berbeda bagi kehidupan dalam masyarakat yang bertujuan untuk memaksimalkan lamanya hidup seseorang daripada, misalnya, masyarakat yang memaksimalkan kualitas rata-rata bagi semua orang. Saya tahu mana yang akan saya pilih. 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang