Pidato singkat apa yang efektif untuk rasisme?

Dilihat 6,83 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Membuat pidato singkat memang tidak mudah. Hal ini memiliki tantangan tersendiri, terlebih lagi kalau anda harus membacakannya di hadapan banyak orang. Berbagai kendala dialami oleh peserta pidato, diantaranya rasa gugup yang berlebihan, kurang menguasai topik, informasi yang salah, dan banyak lagi yang lainnya. 


Oleh karena itu, anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Anda tidak ingin penampilan anda meninggalkan kesan buruk pada para hadirin, bukan? Di sini saya akan membantu untuk mempersiapkan sebuah pidato singkat yang terbaik dan memberi tips agar anda mampu tampil baik di hadapan para penonton.


Sebenarnya saya sedikit bingung dengan pertanyaan anda. Pidato untuk rasisme? Tidak ada satupun pidato yang efektif untuk rasisme. Rasisme tidak seharusnya diistimewakan melalui pembacaan pidato, jangan mendorong orang untuk menjadi rasis. 


Bahkan di Prancis, seseorang yang memberikan pidato tentang masalah sosial ini bisa dikenakan hukuman yang berat. Anda harus berhati-hati saat akan membawakan pidato tentang sosial seperti ini. Saya tak bisa memikirkan satupun hal yang baik mengenai rasisme. 


pidato rasis

Apa akibat dari tindakan rasis? 


Hal tersebut membuat sekelompok orang membenci sekelompok lainnya. Sikap semacam ini juga menimbulkan penghalang dan tantangan yang dilawan kelompok terdiskriminasi, dimana mereka harus memanjatnya dengan kebencian yang menumpuk. 


Secara ironis itu memberikan penganiayaan yang kompleks kepada diskriminator. Rasisme juga menimbulkan ketidaksetaraan ekonomi melalui hak-hak yang diberikan oleh yang mendiskriminasi kepada yang terdiskriminasi. 


Rasisme juga mengarah ke kekerasan. Rasisme seolah-olah mengatakan bahwa orang akan selalu menghakimi orang lain tanpa mengetahui yang sebenarnya lebih dahulu. Jika anda tak dapat melihat, anda akan mendiskriminasikannya dengan suara, jika anda tidak mendengar, anda akan mendiskriminasi dengan baunya. Ada harga untuk stereotip dan prasangka, tapi triknya adalah menjaganya dari rasisme. Rasisme tidak hilang, tapi itu juga tidak membuatnya baik.


pidato mengenai rasisme


Jika yang anda tanyakan adalah pidato singkat mengenai rasisme, ini hal yang sepenuhnya berbeda. Pertanyaan ini tidak jelas. Tapi saya akan menganggap bahwa anda memang menanyakan pidato tentang masalah sosial ini.



Hal yang Perlu DIperhatikan dalam Membuat Pidato Singkat 


Rasisme merupakan topik yang sangat luas. Saat anda ingin memberikan pidato tentang masalah sosial, anda bisa membahas mengenai tokoh-tokoh seperti Martin Luther King, Jr. dan pemikirannya mengenai masalah sosial. Beliau merupakan seseorang yang sangat anti kekerasan, jadi menurut saya hal itu dapat menjadi aspek yang penting untuk disentuh.


pidato singkat


Selain itu, anda juga bisa memulai pidato dengan membahas tentang masalah sosial yang berhubungan dengan kehidupan anda. Misalnya, menceritakan saat dimana anda atau seseorang yang anda kenal menjadi korban dari tindakan sosial yang semena-mena. 


Terkait dengan informasi yang akan anda masukkan dalam pidato, saran saya pilihlah elemen yang spesifik dari masalah sosial untuk kamu kembangkan. Karena masalah sosial merupakan topik yang sangat luas, pidato akan menjadi tidak berarti kecuali anda membahasnya dari sudut pandang tertentu. Beberapa topik untuk membuat pidato singkat  yang bisa dijadikan pertimbangan misalnya, rasisme dan generasi muda, efek dari rasisme, dan hubungan antara rasisme dengan status sosial. 


Saat mempersiapkan pidato tentang sosial, anda juga bisa memasukkan elemen-elemen seperti budaya / perbedaan sosial yang ada di masyarakat.



Tips Membacakan Pidato Singkat dengan Baik



Hal penting saat membacakan pidato di hadapan para penonton, cobalah untuk memikirkan siapa saja yang akan menjadi penonton pidato tersebut. Lalu pikirkan berapa lama anda akan memberikan pidato. 


Nah, hal terakhir yang harus direnungkan adalah efek yang anda harapkan dari kata-kata yang disampaikan kepada para penonton. Anda bisa meminjam kutipan-kutipan dari pengarang dan tokoh-tokoh terkenal untuk membuat pidato menjadi lebih menarik, tapi pastikan untuk menyebutkan nama mereka agar tidak dibilang melakukan plagiat.


Hal terpenting ketika akan memberikan sebuah pidato pada suatu topik tertentu adalah mengumpulkan sebanyak mungkin informasi terkait topik tersebut. 


Pertama-tama, pastikan masalah sosial yang ada di masyarakat, bacalah tentang hal yang menyebabkan masalah ini. Ketika kamu berpikir bahwa anda memiliki ide bagus mengenai apa yang akan dibicarakan, tanyakan dua hal ini pada diri anda: "Apakah saya ingin memberikan pidato yang informatif", atau "Apakah saya ingin mengambil posisi tertentu dan menyakinkan para penonton tentang suatu hal?" Yang manapun anda pilih, pastikan untuk tidak mendasari pidato anda dari sebuah argumen atau desas-desus. 


Dengan kata lain, jangan hanya mengulangi apa yang dikatakan oleh orang lain, tapi anda harus memiliki pemikiran yang mendalam tentang ide itu.


Untuk menyentuh emosi para penonton, peluang terbaik yang dapat digunakan adalah pada saat pembukaan pidato dan penutupannya. Jadi, dalam mempersiapkan sebuah pidato anda harus banyak membaca dan menggali informasi terkait topik yang akan dibawakan, terlebih lagi ketika akan membawakan pidato tentang sosial. Pastikan untuk memahami informasi yangakan diisampaikan agar dapat membacakan pidato dengan baik.


Dan lagi, sebaiknya anda tak menyentuh topik yang sensitif, seperti rasisme. Karena jika anda salah bicara sedikit saja, itu menjadi hal yang sangat fatal. Semoga jawaban saya bisa membantu anda :)

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang