Cara apakah yang terbaik untuk menghilangkan luka dan bekas jerawat di wajah?

Dilihat 459 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Siapa yang kesal saat bangun di pagi hari dan berkaca, Anda menemukan ada jerawat di wajah Anda? Hal ini tentu pernah terjadi pada siapa saja dan ini merupakan hal yang wajar terlebih pada remaja yang berada dalam masa puber. Meski normal, tak sedikit juga orang yang beranggapan bahwa jerawat itu menjijikkan dan orang selalu saja berlomba-lomba untuk menemukan cara cepat menghilangkan bekas jerawat karena jerawat dan juga bekas luka yang ada setelah jerawat tersebut pecah sangatlah mengganggu penampilan. Ketika jerawat Anda pecah, tentunya akan meninggalkan bekas luka yang bisa berada di kulit Anda dalam jangka waktu yang sebentar atau bahkan permanen jika berada di area kulit yang sensitif. 


Jika berada di area yang tersembunyi tentunya takkan terlalu menjadi masalah, namun jika berada di wajah dan sangat mencolok, tentu saja akan merusak penampilan sempurna Anda. Meski banyak sekali make up yang bisa digunakan untuk menutupinya, tetap saja tips menghilangkan bekas jerawat masih sangat dicari karena tidak mungkin seseorang mengenakan make up setiap saat selama dua puluh empat jam.




Bekas jerawat, seperti bekas-bekas luka lainnya, terutama pada bagian tubuh yang sering terekspos atau bahkan wajah, sering kali menurunkan rasa percaya diri seseorang. Kehadiran bekas luka semacam ini tidaklah diinginkan, apalagi oleh seorang wanita karena orang beranggapan bekas luka dapat merusak penampilan seseorang. Hadirnya jerawat di wajah sudah sangat mengganggu, belum lagi lukanya bisa terasa perih dan sakit. Dan ketika akhirnya Anda berhasil menghilangkan jerawat tersebut, Anda masih harus mengatasi bekas luka yang timbul.


Oleh karena itu, di bawah ini saya akan memberikan tips menghilangkan bekas jerawat yang ampuh untuk membantu mengatasi masalah Anda.



Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat


Sebelum membahas mengenai bagaimana menghilangkan bekas jerawat, sebenarnya apakah jerawat itu? Jerawat adalah suatu kondisi di mana pori-pori kulit Anda mengalami penyumbatan karena kotoran sehingga menyebabkan peradangan dan terbentuk kantong nanah pada kulit Anda. Jerawat merupakan penyakit kulit yang umum Anda temui pada kehidupan sehari-hari. Bahkan seorang peneliti bernama Kligmann menyatakan bahwa tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa pernah memiliki satu pun jerawat di kulitnya.


Setiap orang memiliki cara mereka masing-masing ketika harus berhadapan dengan masalah jerawat, namun tahukah Anda bahwa cara yang sering Anda gunakan bisa saja salah? Banyak sekali orang yang terbiasa memencet jerawat dengan tangan, namun hal ini sebenarnya salah dan tidak boleh dilakukan karena menghilangkan jerawat itu bukan hanya memencet dan mengeluarkan semua nanah dan darah di dalamnya. 


Jika Anda melakukannya dengan tangan, cairan yang keluar dari jerawat Anda bisa menyebar ke area lain di kulit Anda dan menimbulkan potensi munculnya jerawat baru. Selain itu tangan yang Anda gunakan belum tentu bersih seratus persen dan ini bisa menyebabkan kuman dan bakteri yang ada di tangan bisa berpindah dari tangan ke wajah Anda. Meski kegiatan memencet jerawat ini memberikan kepuasan sendiri bagi Anda, lebih baik Anda berhenti melakukannya karena jika Anda sering melakukannya bisa jadi bekas jerawat di kulit Anda berubah kemerahan dan kehitaman, juga meningkatkan resiko munculnya bekas luka yang sulit atau bahkan tidak bisa hilang.




Kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang jika terkait mengenai jerawat adalah penggunaan produk-produk yang tidak sesuai dengan kulit mereka, penggunaan produk penghilang jerawat secara berlebihan, dan juga terlalu sering mencuci dan melakukan eksfoliasi wajah. Ketika Anda menggunakan produk yang tidak sesuai dengan kulit Anda, bisa terjadi iritasi pada kulit dan tak jarang bentuk iritasi yang timbul adalah munculnya jerawat, Selain itu, terkadang ketika produk kosmetik yang Anda pakai tida cocok dengan kulit Anda, kulit akan memproduksi minyak berlebih sehingga mengakibatkan munculnya jerawat. 


Hal ini sama dengan hal yang terjadi jika Anda terlalu sering mencuci atau melakukan eksfoliasi wajah. Ketika Anda terlamapu sering melakukannya, kulit akan menjadi sensitif dan kering sehingga secara alami kulit akan memproduksi minyak untuk melembabkannya. Dan karena kedua kegiatan itu membuat kulit kering, kulit akan meproduksi minyak lebih banyak dari normal dan ini memicu jerawat.


Banyak sekali jenis-jenis obat dan juga krim penghilang jerawat yang dijual di pasaran. Terkadang karena ketidaktahuan, seseorang bisa menggunakan beberapa produk sekaligus untuk menghilangkan jerawat. Hal ini malah riskan dan dapat memicu masalah kulit yang lebih parah. Meski itu adalah rekomendasi dari teman dekat atau saudara, yang perlu Anda ketahui adalah kulit manusia berbeda-beda dan obat yang cocok dengan seseorang bisa tidak cocok dengan Anda. Selain itu, penggunaan lebih dari dua obat penghilang jerawat ada waktu yang bersamaan juga sangat beresiko karena Anda tidak pernah tahu reaksi apa yang akan muncul ketika obat-obat tersebut bercampur. 


Saya akan menyarankan supaya Anda melakukan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau ahli kecantikan dan perawatan kulit untuk mendapatkan pengobatan yang benar dan cocok. Ada cara cepat menghilangkan bekas jerawat, dan dokter berkualifikasi akan memberikan solusi yang terbaik untuk kasus pribadi Anda dan memberikan saran yang tepat. 


Beberapa pilihan yang mungkin Anda perlu diskuskan dengan dokter adalah:


  • Radiofrekuensi (RF) 
    Pengobatan ini dapat membantu baik untuk jerawat aktif maupun bekas luka jerawat. Laporan awal memperlihatkan kalau RF dapat memberikan hasil dalam kurun waktu 1-4 bulan setelah pengobatan.
  • Suntik Filler
    Filler seperti Juvéderm secara umum digunakan untuk mengisi garis dan keriput, tapi dapat juga efektif untuk mengisi bekas luka jerawat.
  • Pengobatan Laser 
    Pengobatan laser dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat aktif, dan dapat membersihkan 70-90% jerawat sedang dalam waktu 4-6 minggu. Dan ya, pengobatan laser dapat digunakan untuk mengobati bekas luka jerawat. Pengobatan laser untuk bekas luka jerawat biasanya memberikan hasil jangka-panjang dengan penghentian yang minim. Ada beragam tipe pengobatan laser, dan masing-masing bekerja sedikit berbeda.

Tergantung pada tipe jerawat yang muncul di wajah Anda, ada kalanya Anda wajib menemui dokter jika jerawat Anda seperti berikut:

  • Jerawatmu membuatmu merasa sakit. 
  • Obat jerawat tidak bekerja, atau telah berhenti bekerja. 
  • Jerawat Anda membuat Anda menderita (seperti stress, malu, atau depresi). 



Kalau jerawat Anda mempengaruhi kepercayaan diri Anda, sepertinya lebih baik Anda berbicara dengan dokter mengenai pilihan Anda untuk menghilangkan bekas jerawat atau jerawat yang ada di wajah Anda. Ada metode-metode khusus yang mungkin lebih cocok bagi Anda meski memang harganya tidak murah. Anda juga bisa melakukan perawatan wajah seperti facial secara rutin untuk menghilangkan jerawat Anda. 

Memang biasanya setelah prosedur akan muncul bekas luka berupa titik-titik merah pada daerah di mana jerawat tersebut sebelumnya berada. namun setelah beberapa hari hingga satu minggu, bekas ini akan hilang dan wajah Anda akan terlihat mulus sempurna. Demikian tips yang dapat saya berikan mengenai cara cepat menghilangkan bekas jerawat. Semoga bermanfaat!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang