Proyek Pramuka Garuda (Eagle Scout) apa yang bisa kulakukan yang akan mengubah hidup?

Dilihat 453 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pramuka merupakan bentuk pendidikan nonformal dalam hal kepanduan yang ada di Indonesia. Di Indonesia ada empat golongan pramuka yaitu Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega. Di setiap golongan tersebut, tingkatan Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi yang dapat dicapai oleh seorang pramuka. Sebagaimana telah diatur di dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. Dalam menjadi anggota gerakan pramuka, dibedakan berdasarkan usia, yaitu usia 7 sampai dengan 10 tahun adalah anggota Pramuka Siaga, usia 11 s.d. 15 tahun merupakan anggota Pramuka Penggalang, anggota Pramuka Penegak usianya antara 16 hingga 20 tahun, dan Pramuka Pandega terdiri dari anggota yang berusia 21 sampai 25 tahun. 

Pramuka sendiri memiliki peran penting dalam gerakan sosial guna membina dan mendidik generasi muda dengan beragam contoh kegiatan sosial di masyarakat. Tujuan akhir dari gerakan pramuka adalah pembentukan watak, akhlak, serta budi pekerti yang luhur. Pramuka merupakan akronim dari kata-kata Praja Muda Karana yang berarti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Sehingga pendidikan yang diberikan dihadirkan dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, terarah, praktis, dan teratur. Kegiatan ini selalu dilakukan di alam terbuka dengan berlandaskan Prinsip Dasar Kepramukaan serta Metode Kepramukaan.


gerakan pramuka



Pramuka Garuda 


Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi yang ada di setiap golongan pramuka yaitu Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Untuk dapat menjadi seorang Pramuka Garuda, seorang pramuka haruslah telah mencapai tingkatan terakhir dari golongan pramukanya dan mengajukan permohonan ke Kwartir via pembina gudep untuk diizinkan mengikuti uji kelayakan naik ke tingkatan Pramuka Garuda.

Setelah melewati berbagai macam evaluasi dan wawancara di hadapan tim penguji yang berisikan sejumlah tokoh dan dinyatakan lulus maka peserta didik tersebut akan dilantik menjadi seorang Pramuka Garuda. Biasanya pelantikan ini berlangsung pada hari khusus, seperti Hari Pramuka misalnya. Sebelum layak mengajukan untuk menjadi Pramuka Garuda, si peserta didik tersebut harus telah memiliki banyak pengalaman kegiatan dalam gerakan sosial atau berbagai proyek kepramukaan sebagai contoh kegiatan sosial di masyarakat untuk generasi muda lainnya. Karena untuk bisa dipertimbangkan menjadi seorang Pramuka Garuda haruslah memiliki banyak sekali Tanda Kecakapan Khusus (TKK) dan telah memenuhi Syarat Kecapakan Umum (SKU) dari golongan pramuka yang diikutinya saat ini. Dan biasanya ada sejumlah Tanda Kecapakan Khusus (TKK) yang harus didapatkan melalui sebuah proyek tertentu. 


lambang pramuka garuda


Proyek-proyek tersebut misalnya sebuah proyek kekaryaan produktif perseorangan atau komunal yang dapat memberi inspirasi seseorang atau banyak orang dalam menata dan merubah kehidupannya menjadi lebih baik lagi. Ada sejumlah alasan mengapa seorang peserta didik ingin menjadi seorang pramuka. Salah satu alasan menjadi seorang pramuka yang sering ditemui yaitu belajar untuk mandiri dan memiliki banyak teman. Selain itu, ada juga yang ingin mendapatkan pengalaman dalam hal kemimpinan dan beragam keahlian lainnya. 

Dan sebagaimana dikatakan di atas bahwa tujuan akhir dari pendidikan dalam pramuka ini adalah pembentukan akhlak, watak, dan budi pekerti luhur. Sehingga setiap anggota pramuka diharapkan akan memiliki beragam kecakapan, rasa percaya diri tinggi, etika, kepemimpinan, serta kedewasaan dalam sikap dan pemikiran. Serta diharapkan nantinya seorang pramuka garuda mampu menjadi pionir dalam gerakan sosial di lingkungan sekitarnya dengan memberikan contoh kegiatan sosial di masyarakat tersebut secara tepat sasaran. 


pembina pramuka



Pramuka dan Gerakan Sosial Kemasyarakatan


Gerakan pramuka merupakan sebuah bentuk gerakan sosial yang mana di dalam gerakan tersebut terdapat orang dewasa yang mengabdi dan membina generasi muda berdasarkan prinsip dasar pendidikan kepramukaan. Dan pramuka garuda sebagai bagian dari gerakan pramuka ini juga turut berperan dalam gerakan sosial kemasyarakatan ini. Ada banyak contoh kegiatan sosial di masyarakat yang bisa dilakukan oleh seorang pramuka garuda. Seorang pramuka garuda bisa memilih proyek dengan lingkup yang dapat dicapainya dalam batasan tertentu. Pilihlah proyek yang bernilai besar serta membutuhkan potensi kepemimpanan Anda sebagai seorang pramuka garuda, namun memiliki batasan bisa diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat. Karena merubah dunia tidaklah harus dalam satu langkah ataupun satu proyek. Anda bisa melakukan banyak proyek sepanjang hidup Anda yang berdampak signifikan dalam mengubah hidup Anda dan orang-orang di sekitar Anda.


Selain merancang proyek sendiri, seorang pramuka garuda juga dapat berkolaborasi dengan berbagai organisasi yang ada disekitarnya, seperti lembaga sosial, palang merah, lembaga amal, dan lain sebagainya. Juga dapat bertanya atau meminta masukan kepada pembinanya terkait proyek yang ingin dilakukan. Satu hal yang jelas dari seorang pramuka, termasuk pramuka garuda, adalah Praja Muda Karana yang berarti Jiwa Muda yang Suka Berkarya, karya yang selalu diperuntukkan bagi keluarga, lingkungan masyarakat, agama, bangsa, serta negaranya.


jambore

 

Kode Kehormatan Pramuka


Kode kohormatan pramuka dibagi dalam tiga tingkatan, yaitu Siaga, Penggalang, dan Penegak. Berikut ini adalah Satya dan Darma yang ada dalam pramuka.

Dwisatya:

Demi Kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh

  • Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Menurut aturan keluarga 
  • Setiap hari berbuat kebaikan  

Trysatya:

Demi kehormatanku aku berjanji bersungguh-sungguh

  • Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila 
  • Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat 
  • Menepati Dasadarma 

Dwidarma:

  • Siaga berbakti kepada ayah dan ibundanya 
  • Siaga, berani, dan tidak putus asa 

Dasadarma:

  • Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 
  • Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia 
  • Patriot yang sopan dan ksatria 
  • Patuh dan suka bermusyawarah 
  • Rela menolong dan tabah 
  • Rajin, terampil, dan gembira 
  • Hemat, cermat, dan bersahaja 
  • Disiplin, berani, dan setia 
  • Bertanggung jawab dan dapat dipercaya 
  • Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. 

Menjadi pramuka, termasuk pramuka garuda, adalah menjadi orang yang berguna bagi banyak orang di sekitarnya, menjadi Jiwa Muda yang selalu suka Berkarya, menjadi masa depan Indonesia. Selamat merancang dan menjalankan proyek-proyek Anda sebagai seorang Pramuka Garuda.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang