Rasa sakit apa yang terjadi setelah kita menghilangkan batu ginjal?

Dilihat 576 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kesibukan di era modern ini sering kali membuat seseorang melupakan hal-hal remeh seperti minum air putih. Karena sembilan puluh persen dari tubuh manusia terdiri dari air, ketika Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, ada banyak masalah yang akan timbul dalam tubuh. 


Salah satu organ yang akan paling terkena efek dari dehidrasi adalah ginjal Anda. Sakit ginjal yang kerap menghampiri jika Anda tergolong orang yang jarang minum adalah penyakit batu ginjal

Batu ginjal adalah sebuah kondisi di mana urin seseorang terkonsentrasi, sehingga asam garam dam mineral di dalamnya menyatu dan memadat menjadi batu ginjal. 


Pada dasarnya konsentrasi urin setiap orang berbeda-beda, hal ini membuat resiko terserang batu ginjal pun berbeda antar individu. Jika seseorang pada dasarnya memiliki urin yang cenderung berkonsentrasi, mereka bisa lebih mudah memiliki batu ginjal jika kurang minum. Hal ini tentu memicu peningkatan resiko batu ginjal pada manusia. 


Ada banyak alternatif pengobatan seperti obat herbal batu ginjal, namun biasanya kalau batu ginjal tersebut berukuran besar Anda lebih dianjurkan menjalani operasi.






Sesungguhnya dari seluruh kasus penyakit batu ginjal, sembilan puluh lima persen di antaranya tidak memerlukan operasi dengan penggunaan obat herbal batu ginjal yang tepat. Karena biasanya batu ginjal yang berukuran kurang dari lima mili meter bisa hilang dengan sendirinya jika Anda mengonsumsi obat yang tepat. 


Namun apabila batu ginjal Anda berukuran melebihi sepuluh mili meter, mungkin dokter anda akan menyarankan Anda untuk melakukan operasi. Sejauh ini, dari berbagai kasus sakit ginjal, diketahui batu ginjal bisa tumbuh dan membesar hingga seukuran bola golf. Jika Anda mengabaikan penyakit ini, batu ginjal tersebut akan terus mengendap di dalam ginjal Anda dan lama-lama bisa menyebabkan gagal ginjal. 


Namun, jika batu ginjal Anda masih tergolong kecil lebih baik anda mengobatinya secara alami karena operasi laser bisa memiliki dampak negatif pada tubuh Anda. Dan juga harga operasi batu ginjal ini tergolong mahal bekisar antara tujuh hingga dua puluh lima juta rupiah.


Di bawah ini saya akan membahas mengenai prosedur pengangkatan batu ginjal.




Prosedur Pengangkatan Batu Ginjal



Untuk sakit ginjal ini, ada beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan batu ginjal tersebut. 


Yang pertama disebut ureteroreoskopi. Metode ini adalah prosedur mengeluarkan batu ginjal dengan menggunakan alat bernama ureteroskop yang dimasukkan ke dalam ureter melaui uretra dan kandung kemih. 


Uretra merupakan saluran paling akhir untuk keluarnya air seni dari kandung kemih keluar tubuh. Alat yang digunakan berupa selang kecil dan dilengkapi kamera sehingga dokter bisa melihat di mana letak batu ginjal Anda. Biasanya metode penggunaan ureteroskop ini digunakan untuk mengangkat batu ginjal yang terjebak di dalam ureter. 


Setelah letaknya diketahui, batu ginjal tersebut akan dihancurkan. Selain ureteroskopis, ada prosedur lain yang bernama Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy yang biasa disingkat ESWL. Cara ini memanfaatkan gelombang energi untuk menghancurkan batu ginjal menjadi serpihan-serpihan kecil, sehingga mudah keluar bersama dengan urin nantinya.




Lalu ada juga prosedur Percutaneous Nephrolithotomy atau disingkat sebagai PCNL. Metode ini juga merupakan prosedur penghancuran batu ginjal. Dokter akan membuat sayatan kecil di atas kulit dekat ginjal sehingga alat yang bernama nephroscope bisa masuk ke dalam tubuh untuk menghancurkan dan mengangkat batu ginjal di dalam tubuh Anda. 


Di era modern ini sudah sangat jarang dilakukan prosedur bedah terbuka untuk mengobati batu ginjal, namun jika batu ginjal tersebut memang berukuran besar, mau tidak mau harus dilakukan metode pembedahan untuk mengeluarkannya. Ya sesuai dengan namanya, dokter akan melakukan pembedahan di area dekat ginjal anda, lalu mengeluarkan batu ginjal yang mengendap di tubuh Anda.


Seperti yang dilansir oleh media Kompas, kasus terjadinya komplikasi setelah salah satu prosedur pengangkatan batu ginjal semakin meningkat setiap harinya atau dengan kata lain prosedur pengangkatan batu ginjal menjadi beresiko dengan efek samping negatif. 


Selain itu, pasca pengangkatan batu ginjal, masih ada kemungkinan batu ginjal tersebut muncul lagi jika Anda tidak menjaga pola makan dan asupan cairan dalam tubuh Anda. 


Ditambah lagi biaya yang dibutuhkan untuk melakukan satu prosedur pengangkatan batu ginjal sangatlah mahal. Harga untuk satu kali prosedur bekisar mulai dari tujuh juta rupiah hingga dua puluh lima juta rupiah. Oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih mengobati batu ginjal dengan cara alami dengan mengonsumsi obat-obatan herbal.


Jikalau Anda mengalami rasa sakit setelah melakukan prosedur pengangkatan batu ginjal, ada baiknya anda kembali menemui dokter Anda. Sakit yang terjadi itu bisa saja disebabkan oleh ada infeksi sisa setelah pengangkatan batu ginjal tersebut. Anda mungkin menjalani perawatan musculoskeletal pasca operasi. 


Perawatan ini adalah penyebab rasa sakit itu. 


Titik-titik sakit yang biasanya muncul akibat infeksi di ginjal adalah serratus posterior dan erector spinae. Anda bisa meredakan rasa sakit dengan cara meletak bola tenis di otot tulang ini dan menekannya dengan gerakan menumbuk selama beberapa menit. Ini akan merangsang otot tersebut untuk rileks agar tidak menimbulkan keram dan juga mengurangi rasa sakit . Lalu lanjutkan dengan peregangan otot. 


Sambil melakukan ini, rasa sakit akan timbul, tapi anda harus tetap bernafas dengan baik dan melakukan ini secara perlahan. Namun bila rasa sakit yang Anda rasakan tidak bisa Anda tahan, hentikan gerakan dan jangan memaksakan diri Anda. Hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang sesuai.





Obat Herbal Untuk Batu Ginjal


Daun dadap, daun keji beling, dan daun gempur batu mungkin terdengar begitu asing di telinga Anda, karena ketiga tanaman herbal hampir tidak pernah digunakan dalam kehidupan sehari-hari kecuali sebagai obat-obatan tradisional untuk berbagai macam penyakit termasuk batu ginjal. 


Jika Anda memilih untuk mengobati batu ginjal Anda dengna cara alami, daun-daun herbal di ataslah solusinya. Jika ternyata sangat sulit bagi Anda untuk menemukan dedaunan tersebut, coba saja manfaatkan daun alpuat yang juga dipercaya memiliki fungsi untuk meluruhkan batu ginjal. 


Anda cukup membuat ramuan alami dengan menyeduh tujuh lembar daun alpukat dengan seratus mili air panas dan minumlah air seduhan tersebut sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore, niscaya batu ginjal Anda akan sembuh secara bertahap. 


Untuk mengatasi penyakit batu ginjal, tak hanya obat-obatan kimia dan prosedur medis yang bisa menjadi jawaban, obat-obatan tradisional pun bisa menjadi salah satu solusi alternatif jika kondisi batu ginjal Anda belum terlalu parah.



-



Anda bisa mengonsumsi obat-obatan di atas selama beberapa minggu dan kemudian kembali melakukan CT scan untuk mengecek ukurannya. Kalau memang Anda terpaksa harus melakukan prosedur medis, prosedur yang dianggap paling aman adalah dengan melakukan lithotripsy (ESWL) yang merupakan pengobatan non-invasif. 


Butuh waktu lebih dari satu bulan untuk menghancurkan batu ginjal yang berukuran besar melalui pengobatan secara herbal. Selain itu, Anda juga tetap harus berhati-hati setelah melakukan pengobatan karena jika Anda tidak mengatur pola makan Anda batu ginjal bisa muncul lagi. Mengetahui jenis batu ginjal Anda dan mengatur pola makan akan membantu pemulihan berjalan lebih cepat. Semoga bermanfaat!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang