Xiaomi Redmi 2 tidak bisa mengakses Play Store, bagaimana mengatasinya?

Dilihat 1,47 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saat ini Xiaomi adalah salah satu pabrikan ponsel pintar yang cukup terkenal di dunia dan salah satu produk andalannya adalah Xiaomi Redmi 2. Redmi 2 sendiri hadir dalam beberapa varian yaitu Redmi 2, Redmi 2 Prime, Redmi 2 Pro, Redmi 2s, dan Redmi 2 Note. Ponsel pintar ini diluncurkan dengan beragam keunggulan teknologi, baik dari segi hardware maupun software


Salah satunya adalah user interface khas Xiaomi, yaitu MIUI. Namun, meskipun hp xiaomi redmi note 2 ini cukup canggih, masih ada juga kelemahannya, salah satunya adalah kegagalan akses Google Play Store yang kadangkala ditemui oleh para pengguna ponsel cerdas dari Xiaomi yang satu ini. 


Saat penguna Xiaomi Redmi 2 tidak bisa mengakses Google Play Store bisa karena masalah pada ponsel pintar Redmi 2 itu sendiri, bisa juga karena koneksi jaringan internet yang buruk. 

Para pengguna Redmi 2 akan mendapatkan keterangan “Unfortunately, google play store has been stopped” saat mereka mengalami gagal akses tersebut.


redmi playstore


Keadaan ini bergantung pada versi ponsel pintar yang Anda pakai. Untuk spesifikasi redmi 2 yang versi global, biasanya sudah dilengkapi dengan google app di dalamnya, dan ini juga termasuk Google Play Store. 


Tapi jika produk yang Anda pakai adalah produk versi China maka Anda harus terlebih dulu memasang atau menginstal aplikasi Google Play Store ini pada ponsel pintar Anda tersebut secara manual dengan memakai google installer. 


Namun apabila Anda mengalami kesulitan untuk mengakses Google Play Store karena adanya permasalahan dalam operasional Redmi 2 Anda, silakan mencoba langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasinya.


redmi 2 

Langkah-langkah Mengatasi Kegagalan Mengakses Google Play Store



Ada beberapa langkah yang bisa Anda coba satu per satu langkah di bawah ini:


  1. Hapus saja data aplikasi Play Store yang ada dalam smartphone Anda, caranya: "Settings > Installed apps > Google Play Store > Clear Data"
  2. Hapuslah data dari Google Play Services dalam ponsel pintar Anda. Langkahnya seperti ini: "Settings > Installed apps > Google Play Services > Manage Space > Clear Data"
  3. Hapus data dari Google Services Framework, caranya: "Settings > Installed apps > Google Services Framework > Clear Data"
  4. Jika ketiga langkah di atas tidak bisa, Anda bisa mencoba menginstal ulang aplikasi Google Play Store Anda. Apabila hp xiaomi redmi note 2 Anda saat ini menggunakan MIUI versi 8 maka lakukan ketiga langkah di atas kemudian instal atau pasang kembali google play store memakai google installer dengan versi yang memang cocok atau kompatibel dengan spesifikasi redmi 2 Anda.
  5. Keluarlah dari akun Google Anda, lalu hapus akun Anda. Jika sudah berhasil cobalah untuk log in lagi.
  6. Jika spesifikasi redmi 2 Anda saat ini masih menggunakan MIUI versi lawas, maka lakukan perbaruan atau update MIUI Anda menjadi versi yang terbaru.
  7. Jangan lupa untuk selalu menghapus cache data hp xiaomi redmi note 2 Anda dengan jalan melakukan Wipe Cache Data lewat mi recovery mode xiaomi. Langkah-langkahnya sebagai berikut: Matikan dulu power hp Xiaomi Anda. Kemudian tekan tombol “volume up + power” secara bersamaan, langkah ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah hang pada xiaomi redmi 2 Anda. Setelah itu akan muncul menu, pilihlah opsi “Mi Recovery”. Lalu pilihlah bahasa Inggris dengan cara memakai tombol power. Setelah muncul menu berikutnya pilihlah “Wipe and Reset > Clear Wipe Chace Data”. Setelah selesai tekan pilihan “Reboot” untuk menyalakan ulang ponsel redmi Anda.
  8. Apabila dengan cara di atas ponsel pintar Xiaomi Redmi 2 Anda masih tidak bisa mengakses Google Play Store karena masalah pada hp Anda, maka coba lakukan Hard Reset supaya semua data yang masih tersimpan di dalam ponsel benar-benar dibersihkan sepenuhnya, bersih 100%. Cara melakukan Hard Reset adalah dengan masuk ke menu “Mi Recovery” seperti langkah sebelumnya, lalu saat masuk pilihan menu lanjutan “Wipe and Reset” pilihlah “Wipe Reset”. Dengan cara ini semua data yang ada akan hilang sepenuhnya.
redmi note 2 pro


Cara-cara di atas bisa Anda gunakan untuk mengatasi kegagalan dalam akses Google Play Store pada ponsel redmi 2 Anda yang diakibatkan permasalahan pada hp xiaomi redmi 2 Anda.




Faktor Lain Penyebab Kegagalan Mengakses Google Play Store


Namun apabila hp xiaomi redmi note 2 Anda tidak dapat mengakses Play Store karena koneksi jaringan internet yang buruk, Anda bisa mengganti kartu SIM Anda dengan kartu SIM yang memiliki sinyal terkuat di tempat Anda yang memang cocok dengan jaringan yang didukung oleh spesifikasi redmi 2. 


Selain itu, jangan lupa juga pastikan kuota internet Anda tidak habis. Karena ketika Anda bersusah payah melakukan semua langkah di atas untuk bisa mengakses Play Store dari ponsel redmi 2 Anda tetapi ternyata kuota internet Anda habis sama saja dengan perbuatan sia-sia. 


play store 2


Karena tidak jarang orang lupa akan hal-hal yang sepele seperti ini ketika menghadapi permasalahan yang baru ditemuinya atau menurutnya sulit untuk diatasi sehingga panik dan melupakan hal yang paling dasar, seperti tidak adanya sinyal atau kuota internet yang sudah habis atau selesai masa aktifnya. 


Dan apabila di daerah Anda masih belum mendukung jaringan 4G LTE, maka Anda bisa memilih kartu yang juga mendukung jaringan 3G, karena Redmi juga dapat menggunakan jaringan 3G untuk koneksi internetnya, meskipun kecepatannya di bawah kecepatan jaringan 4G LTE. 


Beberapa cara yang dijelaskan di atas dapat Anda gunakan untuk mengatasi Play Store yang tidak dapat Anda buka pada ponsel pintar Xiaomi Redmi 2 termasuk semua variannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang