Rempah-rempah apa yang tumbuh di tempat teduh?

Dilihat 7,3 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Rempah-rempah adalah kekayaan bangsa Indonesia yang sempat mengundang kehadiran penjajah kolonial untuk hadir selama berabad-abad di kepulauan Nusantara. 


Ada banyak jenis rempah-rempah yang dimiliki Indonesia, dan semua  itu sudah sejak lama diminati oleh banyak peradaban di berbagai belahan dunia, termasuk bangsa Eropa. Rempah-rempah Indonesia memang sangat diminati di Eropa sehingga membuat penjajah Belanda mampu membangun negaranya menjadi salah satu negara terkaya di benua Eropa. 


Lalu kira-kira rempah-rempah apa saja yang biasa tumbuh di tempat yang teduh?


                        rempah 1

Indonesia merupakan negara yang sangat terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. 


Sejak berabad-abad yang lalu, para penjelajah dunia berebut ingin menguasai kepulauan Nusantara. Ini karena di belahan dunia lain, rempah-rempah Indonesia harganya sangat mahal. 


Selain memberikan citarasa yang lezat pada masakan, rempah-rempah juga memiliki khasiat kesehatan bagi tubuh. Sudah sepatutnya kita sebagai bangsa Indonesia memanfaatkan dan memperkenalkan lebih banyak rempah-rempah kepada dunia. Boleh dikatakan, rempah-rempah adalah salah satu ciri khas dari bangsa Indonesia. 


Rempah-rempah Indonesia yang tumbuh di tempat yang teduh, yang juga disebut dengan empon-empon, antara lain seperti jahe, kunyit, temulawak, lengkuas dan lain sebagainya. Jumlah dan jenisnya sangat melimpah di sepanjang Sabang hingga Merauke. 


Di setiap daerah di Indonesia memiliki rempah khasnya tersendiri, seperti di daerah Sumatera misalnya, di sana Andaliman adalah rempah rahasia khas Sumatera yang sangat digemari karena memiliki citarasa yang khas dan istimewa.


rempah 2

Rempah-rempah Khas dan Unik Dari Indonesia


Dari sekian banyak rempah yang ada di Indonesia, ada beberapa rempah yang susah ditanam alias memiliki tingkat kesulitan budidaya yang sedikit lebih tinggi, salah satunya adalah kencur. Namun meskipun agak sulit ditanam, kencur tetap dibudidayakan karena memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Baik untuk bumbu masakan maupun untuk jamu atau ramuan herbal lainnya. 


Beberapa rempah-rempah yang tumbuh di kepulauan Nusantara ternyata masih belum begitu dikenal dan harganyanya sangat mahal. 


Berikut ini antara lain beberapa jenis rempah-rempah yang tumbuh di Indonesia:


  • Pulosari
Rempah dengan nama latin Alyxia stellata ini di beberapa daerah juga dikenal sebagai palasan ataupun pulowaras. Batangnya berwarna putih, banyak ditemukan di hutan atau ladang yang tumbuh secara liar. 


Rasa yang sedikit pahit pada pulosari justru menjadikannya bumbu yang sangat cocok untuk melezatkan kari. Dari sisi kesehatan, pulosari bisa mengobati penyakit sariawan, penurun demam dan menambah nafsu makan.


  • Mesoyi 
Rempah-rempah ini hampir mirip dengan kayu manis, karena memang berkerabat dekat. Tingginya bisa mencapai 25 m dengan diameter 30 cm. Kulit kayunya bisa mencapai tebal 0,5 cm dan kulit kayu inilah yang menghasilkan aroma wangi yang oleh orang barat dikenal sebagai Massoie lacone. 


Kulit kayu mesoyi banyak digunakan sebagai pewarna merah pada makanan.


           rempah 3


  • Kemukus
Tanaman ini nama latinnya adalah Piper cubeba L, merupakan rempah-rempah yang umum digunakan sebagai bumbu masakan di Indoensia. Buah dan minyak atsirinya memberi citarasa yang istimewa pada masakan. 


Sementara dalam bentuk kering, kemukus memiliki tekstur yang keras, putih dan berminyak. Rempah-rempah jenis ini banyak dijumpai di daerah Jawa dan Sumatera.


  • Kapulaga
Rempah-rempah jenis ini memang banyak ditemukan mulai dari Nepal, India, Bangladesh hingga Indonesia. Kapulaga di Indonesia umumnya terbagi menjadi dua yaitu kapulaga Jawa dan kapulaga India. 


Biji kapulaga sangat mudah tumbuh di dataran tropis. Ini merupakan salah satu rempah-rempah Indonesia yang paling banyak dicari di pasar Barat.


Anda juga mungkin bertanya, lalu apa yang membedakan antara herbal, rempah-rempah, dan bumbu? 


Setidaknya ada satu hal yang pasti, herbal lazim digunakan untuk pengobatan, sedangkan bumbu lazim digunakan di dunia kuliner. Sedangkan bahan yang digunakan seringkali sama, yaitu rempah-rempah namun dengan komposisi yang berbeda, karena tingkat kebutuhannya yang berbeda pula.

 

                      rempah 5


Rempah-rempah Indonesia yang Tumbuh di Tempat Teduh


Jadi rempah-rempah adalah tanaman asli Indonesia yang memiliki banyak khasiat, tidak hanya sebagai bumbu masakan, namun juga untuk kesehatan tubuh. 


Di Indonesia terdapat sejumlah rempah-rempah yang tumbuh di tempat teduh, antara lain rempah-rempah yang berasal dari golongan empon-empon seperti kunyit, temulawak, temu ireng, kencur dan lain sebagainya. 


Ada banyak sekali rempah-rempah yang sering digunakan bersama-sama dengan rempah yang lainnya. Seperti merica, jahe, pala dan lain sebagainya. Umumnya hal ini terjadi ketika rempah-rempah tersebut dipakai untuk bumbu masakan. Atau juga untuk ramuan herbal alias jamu tradisional.


Rempah-rempah ini selain dipakai untuk bumbu juga dipakai untuk jamu yang menyehatkan dan menyegarkan badan. Bahkan juga tidak jarang digunakan untuk perawatan kecantikan dan bahan kosmetik. 


Saat ini, banyak juga perusahaan farmasi yang memproduksi obat-obatan herbal dengan bahan rempah-rempah ini. Oleh karena itu, mari lestarikan rempah-rempah asli Indonesia.


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang