Resep kue: Bagaimana caranya membuat bagel dalam semalam?

Dilihat 278 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Saya membuat donat di rumah beberapa kali dalam seminggu. Kalau menggunakan ragi konvesional, saya akan mulai mempersiapkannya dari malam hari (untuk ragi tradisional saya memulai dari pagi hari sebelumnya atau bahkan 2 malam sebelumnya jadi adonan memiliki cukup waktu untuk mengembang).


Campur bahan - bahan berikut ke dalam mixer (cukup untuk membuat 4 donat sedang) :

  • 1 1/2 cangkir tepung terigu
  • 1/2 cangkir air
  • 1 sdm gula (bisa disesuaikan dengan selera)
  • 2/3 sdt garam (tergantung selera)
  • 1 sdt ragi kering

Cara membuat :

Campur semua adonan dengan menggunakan mixer selama 5 - 10 menit. Adonan akan mulai membentuk bola, tapi tidak lengket - tambahkan air sedikit demi sedikit jika dibutuhkan, tambahkan sedikit tepung kalau adonan terlalu lengket. Air pada adonan akan mengatur kepadatan dari donat. Kalau hasilnya donat terlalu padat , lain kali kamu bisa menambahkan lebih banyak air. Kalau donat kurang padat, lain kali kurangi airnya.


Masukan adonan ke dalam mangkuk yang besar dan tutup dengan bungkus plastik. Biarkan semalaman pada suhu ruangan. Di pagi harinya, ambil adonan dan remas untuk mendapatkan tekstur yang konsisten (adonan mestinya tidak lengket, tapi remaslah di atas permukaan yang sudah ditaburi tepung). 


Bagi adonan menjadi 4 bagian dan bentuk menjadi donat. Biasanya saya akan membentuk adonan menjadi bulat, menipiskannya dengan telapak tanga saya dan menggunakan ibu jari untuk membuat lubang di tengah - tengah adonan. Awalnay mungkin agak sulit tapi lama - kelamaan kamu akan terbiasa. 


Tarik adonan sehingga lubang di bagian tengahnya jadi lebih besar dari yang kamu inginkan, karena ketika dimasak, donat akan  mengembang. Letakkan donat di atas loyang dan tutup dengan bungkus plastik. Diamkan selama 45 menit (biasanya saya mengguanakn oven yang saya nyalakan selama 2 menit untuk memanaskannya dan dimatikan lagi sebelum daya mendiamkan donat).


Sekitar 40 menit sebelum kamu ingin menyajika donat, masak air di dalam panci sampai mendidih. Pada saat yang sama panaskan oven pada suhu 220 derajat C. Setelah air mendidik, masukan 1 sdm baking soda ke dalam air. Masukan donat ke dalam air mendidih dan masak selamat 2 menit. Angkat  donat  dan letakkan di atas kertas dan keringkan.


Letakkan donat di atas loyang yang sudah dilapisi dengan kertas roti, taburkan biji wijen topping lain yang kamu inginkan dan masak selamat 20 menit pada suhu 220 derajat sampai berwarna coklat keemasan. 
Sajikan selagi hangat.



Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang