Saat berolahraga, haruskah anda melakukan kardio dulu sebelum berlatih beban? Atau berlatih beban sebelum kardio?

Dilihat 448 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tak diragukan lagi ini adalah satu pertanyaan yang paling kontroversial dalam hal latihan. Inilah jawaban saya yang paling sederhana.


Entah itu untuk tujuan membentuk otot ataupun mengurangi lemak, struktur terbaiknya adalah sebagai berikut:

Kardio (5-10 menit) - anda awali dengan sedikit kardio untuk pemanasan dan bersiap untuk sesi angkat beban. Lakukan dengan intensitas moderat karena tujuannya adalah untuk pemanasan, jangan membuat diri anda letih sebelum anda mulai mengangkat beban. Ini penting khususnya jika anda berlatih di pagi hari karena tubuh anda butuh waktu sedikit lebih lama untuk membiasakan pada mode latihan. Sama halnya jika anda melakukan latihan saat musim dingin.


Sesi Latihan (45-60 menit) - Sekarang waktunya beraksi. Jika latihan anda terstruktur dan anda berlatih dengan waktu istirahat singkat, maka ini seharusnya bisa dilakukan selama satu jam. Hampir tak ada gunanya berlatih lebih lama dari satu jam karena penelitian menunjukkan bahwa anda tak mendapat hasil yang lebih baik ketimbang latihan yang singkat dan intens. Terlebih lagi, kortisol muncul di sekitar menit 45 dari latihan intens, jadi anda lebih baik menghindari bertambahnya kerusakan otot.


Kardio (5-10 menit) - serupa dengan kardio di awal sesi latihan anda, anda ingin mendinginkan tubuh anda. Bukan opsi yang bagus jika anda menyelesaikan latihan anda dan langsung meninggalkannya begitu saja. Tubuh anda perlu beradaptasi.


Jadi inilah rutinitas yang bisa diikuti jika anda ingin kardio berdampingan dengan sesi latihan anda. Alternatifnya, anda bisa melakukan sesi kardio yang benar (45-60 menit) di hari lain atau di sore harinya (jika sesi angkat beban anda di pagi hari). Benar-benar tergantung pada seberapa intensif latihan kardio anda. Secara umum, latihan kardio yang melelahkan cenderung mengurangi tenaga yang dikeluarkan saat angkat beban jika keduanya dilakukan dengan jarak yang dekat. Semoga ini membantu.

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang