Punggung bawahku terasa sakit ketika melakukan latihan otot perut tertentu. Apakah aku melakukan suatu kesalahan?

Dilihat 237 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Sakit pinggang biasanya diderita oleh orang yang memasuki usia 30 ke atas. Hal tersebut tidak akan berlaku jika dari usia dini anda tidak pernah berolahraga, sakit pinggang akan muncul lebih awal dari usia yang telah diperkirakan itu. Saat tubuh semakin tua, tulang akan semakin rapuh serta massa otot akan menurun, itulah yang menjadi penyebab sakit pinggang dikarenakan faktor usia. Berbeda dengan faktor usia, tidak pernah olahraga membuat tulang dan otot anda menjadi kaku, jadi apabila anda menggerakannya secara berlebihan akan mudah membuat pinggang anda terasa sakit. 




Penyebab Sakit Pinggang Saat Berolahraga


Ada beberapa kemungkinan yang saya pikirkan mengenai penyebab sakit pinggang yang anda alami. berikut adalah kemungkinan tersebut : 


1. Ketidakseimbangan otot pinggang menyebabkan besarnya peluang sakit pinggang. Jika anda memiliki beberapa komplikasi maka semakin parah juga sakit pinggang yang anda alami. Komplikasi  yang saya maksud seperti terkilirnya otot pelvis atau abdomen.


2. Kesalahan olahraga perut yang anda lakukan bisa jadi salah. Banyak petunjuk bisa dicari di internet. Dan ada banyak kesalahan juga yang biasanya orang lakukan, seperti menitikberatkan beban perut ke otot punggung dan akhirnya membuat otot pinggang keram serta pinggang belakang sakit. Bisa dicari lebih lengkap di google atau wikipedia.


3. Mengontrol diafragma untuk memperkuat otot perut dan pinggang. Anda mungkin harus mulai melakukan latihan diafragma untuk membangun otot perut yang baik dan kesehatan pinggang yang terjaga. Biasanya dimulai dari tarikan nafas yang panjang di perut  sehingga terlihat seperti orang buncit, lalu hembuskan dan ulangi latihan beberapa kali sehari atau saat olahraga perut.

 



Anda bisa menghindari sakit pinggang ini saat berolahraga, caranya adalah sebagai berikut :


  • Bila ingin menambah porsi olahraga lakukan secara bertahap 
  • Pertahankan posisi tubuh yang benar saat duduk, berdiri atau berbaring 
  • Batasi aktivitas fisik yang dapat memperparah gejala (seperti membungkuk, membawa beban berat) 
  • Minum cukup air putih 2-3 liter sehari 
  • Jangan menahan keinginan untuk buang air kecil 
  • Hindari mengurut atau memijat bagian pinggang atau perut yang sakit




Saya tidak tahu persis bagaimana posisi anda saat melakukan olahraga perut tersebut. Tetapi kemungkinan besar penyebab sakit pinggang itu muncul saat anda sedang olahraga perut adalah seperti yang telah saya uraikan di atas. Saran saya, lain kali lakukan tips yang saya berikan, kemudian buktikan benar atau salahnya pendapat yang telah dijelaskan dalam jawaban ini. 

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang