Saran batas kecepatan motor sport seperti Honda CBR?

Dilihat 536 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memiliki kendaraan motor yang cepat adalah salah satu impian banyak orang, khususnya bagi pembalap Internasional dan juga para pria. Bagi pembalap, dengan memiliki motor yang cepat, mereka akan mendapatkan kepuasan karena mampu mengemudikan motor dengan cepat dan dapat menjadi juara pada balapan nya. Sementara bagi pria, kemampuan ngebut identik dengan maskulinitas dan normal bagi pria untuk memiliki keinginan menunjukkan kejantanannya. Berbagai macam produsen motor selalu berlomba-lomba untuk menciptakan motor yang gesit agar bisa masuk nominasi sebagai motor tercepat. 


Selain kecepatan yang tinggi, pabrik-pabrik motor juga menjanjikan desain yang menarik untuk disandingkan dengan kecepatan motor yang luar biasa. Dengan desain premium, maka akan terasa lengkap sudah motor tersebut. Kini, sudah banyak sekali motor yang memiliki kecepatan yang sangat cepat. Bermacam-macam teknologi digunakan di dalam motor tersebut untuk mendapatkan kecepatan yang lebih dari motor-motor pendahulunya seperti yang ada pada motor Honda CBR terbaru. Berikut saya akan memaparkan daftar motor tercepat di dunia.




Daftar Motor Tercepat di Dunia



1. Dodge Tomahawk



Motor tercepat di dunia saat ini adalah motor dengan nama Dodge Tomahawk yang memiliki kecepatan hingga 563 km/jam. Kecepatan sepeda motor ini hampir mendekati kecepatan mobil sport yang ada pada zaman sekarang. Mesin yang digunakan untuk menjalankannya adalah mesin berbasis Viper V-10 dan memiliki kekuatan mencapai 500 tenaga kuda. Motor ini dapat mencapai jarak enam puluh mil hanya dalam waktu singkat yakni 1,5 detik. Kendaraan ini sesungguh pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003 dalam sebuah acara bertajuk "North American International Auto Show". 

Daya tarik utama dari motor ini adalah keunikan yang dimiliki karena adanya empat roda menawan yang menopangnya. Dengan mesin Viper V-10 dengan 500 tenaga kuda yang dimilikinya, Tomahawk memiliki kecepatan maksimal mencapai 350 mil atau 563 km/jam dan juga memiliki dua buah transmisi kecepatan manual. Yang lebih menarik lagi, motor ini hanya diproduksi sebanyak sembilan unit di seluruh dunia sehingga termasuk kendaraan yang eksklusif.


2. Suzuki Hayabusa

Sepeda motor buatan Suzuki, Suzuki Hayabusa menduduki peringkat kedua dalam daftar motor tercepat yang ada di dunia. Burung tercepat, Peregrine Falcon, konon merupakan inspirasi Suzuki untuk merancang motor ini karena unggas tersebut amat cepat dan ketika terbang di udara mampu menempuh kecepatan hingga 328 km/jam. Namun faktanya Suzuki mampu merancang motor yang memiliki kecepatan melampaui burung tersebut yakni dengan kecepatan 397 km/jam atau setara dengan 248 mil. Dengan empat buah dilinder dan mesin pendingin sebesar 1397 cc yang dimilikinya kekuatan motor Suzuki Hayabusa mencapau 197 tenaga kuda atau 6740 rpm. Dengan kecepatan maksimalnya yang mencapai 248 mil, Suzuki Hayabusa bisa menempuh jarak enam puluh mil dalam waktu tak sampai tiga detik.


3. MTT Turbine Superbike Y2K

Meski motor ini gagal menyabet gelar sebagai motor tercepat di dunia, namun MTT Turbine Superbike Y2K mendapat gelar sebagai motor terkuat yang ada di dunia dan rekor tersebut diberikan oleh Guinness Book of World Records. Mesin Turboshaft yang berada di dalamnya benar-benar mendukung performa motor ini. Kemampuan istimewa yang dimiliki mesin tersebut adalah kemampuan memproses energi panas yang berasal dari knalpot dan mengubahnya menjadi kekuatan luar. Dengan mesin berkekuata 320 tenaga kuda atau setara dengan 52000 rpm, motor ini memiliki kecepatan maksimal hingga mencapai 227 mil atau sekitar 365 km/jam. Roda motor yang digunakannya dikontrol oleh mesin Turboshaft yang membuatnya lebih aman dari resiko selip dan sebagainya.


4. Honda CBR1100XX Blackbird



Motor Honda CBR terbaru ini adalah motor yang paling cepat yang dimiliki oleh perusahaan Honda. Motor ini juga pernah menyandang gelar sebagai motor tercepat yang ada di dunia. Motor Honda CBR terbaru ini pernah mengalahkan kecepatan motor Kawasaki ZX-11. Kecepatan motor Honda CBR1100XX Blackbird ini, mencapai angka 190 mil atau sekitar 305,7 km/jam. kekuatannya pun 153 tenaga kuda dengan mesin sebesar 1137 cc. Motor Honda CBR1100XX Blackbird ini juga memiliki dua poros penyeimbang yang membuatnya lebih aman dan semakin sempurna.


5. Yamaha YZF R1

Tak hanya kecepatannya saja, motor buatan pabrik Yamaha ini juga mengedepankan desain yang sangat sempurna dan premium, sehingga sangat cocok dikendarai oleh pemuda-pemuda yang gaul dan stylish. Sesungguhnya motor ini merupakan motor keluaran cukup lama yakni keluaran tahun 1998 dan seri yang baru saja dirilis terakhir ini adalah edisi yang ke lima puluh. YZF R1 edisi yang terbaru mempunyai mesil sebesar 1100 cc dengan dua puluh katup mesin pendingin dan empat mesin silinder yang ada di bagian depan motor. Mesin yang dimiliki motor ini memiliki kekuatan sebesar 128,2 tenaga kuda atau setara dengan sepuluh ribu rpm.Dengan enam buah transmisi kecepatan yang dimilikinya, Yamaha YZF R1 memiliki kecepatan maksimal yang hampir sama dengan Kawasaki Ninja ZX-14R yakni mencapai 186 mil atau sekitar 299 km/jam.


6. Kawasaki Ninja ZX-14R

Tidak kalah dengan motor di peringkat sebelumnya yakni motor Yamaha YZF R1, motor buatan Kawasaki ini memiliki enam transmisi kecepatan dan kecepatan maksimal yang mampu mencapai 186 mil atau 299 km/jam. Dalam waktu sekitar 2,7 detik saja, motor Kawasaki Ninja tipe ZX-14R ini mampu mencapai jarah sejauh 100 kilometer. Di dalam motor ini terdapat mesin sebesar 1441 cc dan empat buah katup mesin pendingin berkekuatan 108 kw atau setara dengan 10.500 rpm. Selama sepuluh tahun terakhir, motor ini sudah menduduki peringkat motor tercepat yang pernah dibuat oleh pabrik Kawasaki secara berturut-turut.


7. MV Agusta F4 1000R


 


MV Agusta F4 1000R merupakan keluaran kedua dari seri F4 100. Pabrik Agusta, pabrik pembuat motor yang berasal dari Italia ini memberikan mesin sebesar seribu cc dan enam belas buah katup mesin pendingin pada motor keluarannya ini. Dengan kekuatan seratus tujuh puluh empat tenaga kuda, kendaraan roda dua ini memiliki kecepatan maksimal yang bisa mencapai seratus delapan puluh empat mil atau 291 km/jam dengan menggunakan enam buah transmisi kecepatan yang dimilikinya. Kendaraan roda dua ini juga dilengkapi dengan rem radikal yakni Brembo Monobloc yang membuat performanya semakin sempurna. Yang membuat motor ini ini lebih istimewa lagi, motor ini adalah motor yang terbatas jumlah penjualannya. Jadi tidak akan banyak orang yang akan memiliki motor ini. 


8. Aprilia RSV 1000R Mille

Motor Aprilia RSV 1000Rmille merupakan sepeda motor tercepat yang pernah dikeluarkan oleh pabrik produsen motor Aprilia. Motor seri ini dipasangi mesin V Twin 998 cc yang memiliki kekuatan 141,13 tenaga kuda atau setara dengan seribu rpm. Dengan mesin tersebut ditambah dengan enam buah transmisi kecepatan, motor ini mampu mencapai kecepatan maksimal hingga sekitar 175 mil atau 281,6 km/jam. Untuk lebih meningkatkan performanya, motor ini juga dilengkapi dengan kopling multi plat. Selain itu, desain jok yang dipasang pada motor ini juga terkesan sangat menarik dan stylish, sehingga pas untuk kelas motor sport.


9. BMW K 1200 S

Sudah bukan rahasia lagi bahwa BMW merupakan produsen mobil terkemuka di dunia. Namun siapa tahu, pabrik raksasa BMW ini juga sukses dalam memproduksi kendaraan lain seperti motor. Di dalam motor ini dipasang mesin sebesar 1157 cc dengan enam belas katup dan empat buah mesin silinder. Kombinasi ini menghasilkan kekuatan yang cukup besar yakni seratus enam puluh empat tenaga kuda atau setara dengan 10250 rpm dan kecepatan maksimal hingga mencapai seratus tujuh puluh empat mil atau sekitar 280 km/jam. Hal lain yang membuat motor ini unggul adalah adanya suspensi yang revolusioner, enam buah transmisi kecepatan, dan juga rem yang dipasang yang amat aman untuk digunakan walau saat sepeda motor harus berhenti secara mendadak ketika tengah melaju dengan kecepatan yang tinggi. Ditambah lagi, motor ini, seperti produk-produk keluaran BMW lainnya, memiliki desain yang terlihat sangat elegan dan berkelas, sehingga begitu menarik secara visual.


10. Ducati 1098 S

Sudah tak perlu diragukan lagi, bahkan tak terhitung jumlah orang yang mengakui bahwa produsen motor yang satu ini memang selalu membuat motor-motor yang mengutamakan kecepatannya. Motor Ducati dengan tipe Ducati 1098 S ini dilengkapi dengan mesin 1099 cc yang kekuatan sebesar 160 tenaga kuda setara dengan 9750 rpm. Dengan mesin semacam ini, motor Ducati seri terbaru ini bisa mencapai kecepatan masimal hingga seratus enam puluh sembilan mil atau 272 km/jam. Lebih istimewanya, motor ini juga dilengkapi dengan teknologi yang membuat body nya menjadi begitu ringan yang membuat lajunya semakin gesit. Mesin 1099 cc Liquid Cooled dan Silinder L-Twin serta enam buah transmisi kecepatan yang dimilikinya membuat motor Ducati ini superior dibandingkan dengan motor-motor lainnya karena bobotnya yang ringan dan kecepatan yang dimilikinya.





Batas kecepatan yang baik untuk motor sport adalah 20 km/jam lebih rendah dari top speed normalnya. Selain aman, Anda juga bisa menikmati pemandangan saat Anda tengah berkendara, khususnya saat touring. Tentunya, menilai dari jalanan Indonesia, cukup sulit untuk menemukan kesempatan untuk memacu adrenalin Anda dengan ngebut. Dan Anda juga harus waspada pada peraturan lalu lintas, juga batas kecepatan yang ditetapkan oleh negara. Semoga bermanfaat dan selamat berkendara.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang