Satu baris kutipan apa yang bagus, lucu, sarkastik (dalam penggunaan tiap hari) dalam bahasa Tamil?

Dilihat 444 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Manusia hidup, tumbuh dan berkembang dengan malakukan komunikasi. Komunikasi merupakan interaksi pertukaran pesan yang menyimpan isi fikiran dan perasaan sehingga mendapatkan tujuan. Seorang pujangga menggunakan rangkaian kata untuk menarik emosi para pendengarnya. Puisi, sajak, lagu dan pantun sering diambil dari kutipan berbagai macam kata bijak yang diperoleh pembuatnya. Kutipan kata yang digunakan merupakan bentuk dari kutipan langsung dan tidak langsung dari seorang sastrawan untuk memberikan sebuah pengaruh pada penerimanya (baik yang membaca ataupun yang mendengarkan).


Kutipan adalah pengulangan satu ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terutama ketika ekspresi yang dikutip itu terkenal atau secara tersurat dihubungkan dengan kutipan ke sumber aslinya. Sebuah kutipan juga dapat merujuk pada penggunaan berulang bentuk ekspresi lain, terutama bagian dari karya seni. Sebuah kutipan digunakan untuk menyampaikan isyarat makna yang terkandung dalam sebuah pesan melalui bahasa dan kata-kata. Pesan yang tersirat dari sebuah kutipan seringkali berupa himbauan, perintah bahkan sebuah larangan untuk melakukan sesuatu.



Pada dasarnya, interaksi manusia dalam kehidupan sehari-hari tidak akan berlangsung dengan baik sebagaimana mestinya tanpa adanya bahasa. Bahasa merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya. Dalam prakteknya, bahasa merupakan sebuah rangkaian kata yang terstruktur dan memiliki makna atau maksud yang dituju. Dalam kehidupan sehari-hari, orang menyampaikan bahasa menggunakan kutipan langsung dan tidak langsung untuk menyampaikan gagasan dan pikiran mereka kepada yang lainnya.


Dalam percakapan sehari-hari, kita sering menggunakan kutipan dari sebuah bahasa untuk memberikan statemen terhadap suatu peristiwa. Pada dasarnya terdapat dua jenis kutipan berupa kutipan langsung dan tidak langsung. Kutipan ini merupakan isyarat seseorang agar orang lain yang mendengarnya mengikuti himbauan dari pesan yang disampaikan. Kutipan merupakan bentuk komunikasi efisien yang seringkali efektif untuk memengaruhi persepsi seseorang.




Kita sering mendengar bentuk bahasa yang mencampuradukkan dua atau lebih bahasa dalam satu ungkapan atau percakapan dalam masyarakat kita. Tak terkecuali bahasa tamil, bahasa tamil merupakan bahasa yang unik. Terlepas dari lebih dari 50 juta penuturnya di Tamil Nadu, penutur bahasa Tamil juga banyak ditemukan di Srilanka, Malaysia, Singapura, Myanmar, Indonesia (terutama wilayah Sumatera Utara), Afrika Selatan, Fiji dan Mauritius.


Bahasa Tamil pada mulanya menggunakan sistem penulisan Brahmi, Grantha dan vaTTezuttu. Namun dari mana sebenarnya huruf Tamil itu berakar, masih menjadi perdebatan. Sebagian besar berpendapat bahwa huruf Tamil berasal dari huruf Brahmi, akan tetapi pandangan ini pun tidak sepenuhnya mendapat pembenaran di kalangan ahli bahasa setempat. Berdasarkan fakta, yakni dengan melihat huruf Tolkaappiyam dari abad ke-3 SM, cukup jelas bahwa bahasa Tamil mempunyai sistem penulisannya sendiri. Bahkan huruf Brahmi selatan sendiri dikatakan merupakan sempalan dari huruf vaTTezuttu.


Sebagai warga Indonesia yang menjunjung tinggi kebinekaan, kita tidak memungkiri bahwa bahasa Indonesia dibentuk dari beraneka ragam bahasa asing. Bahasa Indonesia pada dasarnya merupakan perpaduan berbagai macam bahasa asing dan bahasa daerah yang disesuaikan dengan bahasa melayu (sebagai bahasa induk). Sedangkan bahasa Tamil sendiri mengambil peran penting dalam membentuk bahasa nasional kita. Sehingga tidak heran kiranya jika kutipan-kutipan seperti peribahasa, pantun, kutipan film, dan kutipan puisi cinta, beberapa berasal dari bahasa Tamil.


SATU BARIS KUTIPAN BAHASA TAMIL YANG LUCU, BAGUS, DAN SARKASTIK


Manusia pada dasarnya suka dengan berbagai macam hal yang lucu, unik dan juga menarik. Termasuk penggunaan bahasa pergaulan sehari-hari, masyarakat seringkali melontarkan kata-kata unik yang dikutip dari bahasa asing untuk menarik lawan bicaranya. Dalam sebuah pergaulan modern, kita sering menemukan sebuah sindiran yang menggunakan bahasa yang benar-benar asing ditelinga masyarakat awam. Penggunaan bahasa asing yang unik tersebut bertujuan untuk menarik rasa penasaran masyarakat mengenai apa maksud sebenarnya dari kalimat yang tercantum dalam kutipan tersebut. Dengan demikian masyarakat yang mulanya cuek menjadi lebih peduli dari pesan yang telah disampaikan tersebut.


Bahasa Tamil merupakan bahasa kuno yang memiliki tingkat keunikan tersendiri. Jika dilihat dari segi penulisan dan juga pelafalan kata, bahasa Tamil memiliki keunikan dari segi lafal bacaan dan tulisannya. Huruf yang digunakan bahasa Tamil lebih mirip dengan bahasa sangsekerta daripada penulisan bahasa modern saat ini. Pelafalan bahasa Tamil sangatlah unik, karena ketika kita melafalkannya harus menggunakan cengkok tersendiri agar mampu menyiratkan makna kata yang disampaikan. Sehingga tidak jarang bahasa Tamil ini seringkali digunakan sebagai kutipan dalam bahasa sehari-hari kita yang ada di Indonesia ini.


Penggunaan bahasa tamil dalam sebuah pergaulan menunjukkan tingkat eksistensi orang yang menggunakannya sebagai priibadi yang berwawasan tinggi. Karena pada dasarnya bahasa Tamil ini jarang sekali dipergunakan  sebagai bahasa multinasional yang resmi (kecuali di negaranya sendiri). Oleh karenanya, penggunaan bahasa tamil pada kehidupan sehari-hari mampu menunjukkan tingkat wawasan seseorang terhadap dunia luar yang ada di sekitarnya.


Beberapa kutipan bagus dari bahasa Tamil yang bisa kita pergunakan dalam pergaulan sehari-hari antara lain:


  • Kelambu, kaathu varattum - Arti : Tolong minggir, supaya udara bisa masuk. Maksud: Cara yang kasar untuk menyingkirkan seseorang/meminta seseorang untuk pergi.
  • Kazhutha ketta kutti-suvaru - Arti : Keledai yang manja selalu pergi ke dinding sempit. Maksud: Kutipan lucu untuk menegur seseorang yang terlihat bermalas-malasan dan menghabiskan waktunya tanpa melakukan apapun.
  • Varavu ettu anna, selavu pathu anna - Arti : Pendapatan 8 anna, pengeluaran 10 anna. Maksud: Cara untuk menjelaskan kesulitan keuangan seseorang.
  • Ainthil valayaathathu aimbathil valayaathu - Arti : Apa yang tidak berubah saat umur 5, juga tidak akan berubah di umur 50. Maksud: Kata bijak yang artinya kebiasaan itu harus dibentuk dari umur yang sangat kecil, karena akan mempengaruhi kebiasaan di saat tua.
  • Kudigaaran pechu, vidinja pochu - Arti: Kata-kata pemabuk hanya sampai sampai fajar saja. Maksud: Ditunjukkan pada pemabuk yang sering kali membuat kutipan puisi cinta berupa janji palsu agar menghentikan kebiasaan merayu.
  • Thaai ettu adi paanja, kutti pathinaaru adi paayum - Arti : Kalau si ibu harimau melompat 8 kaki, anaknya akan melompat 16 kaki. Maksud: Keturunan itu selalu diasumsikan untuk dapat lebih melakukan pencapaian daripada generasi sebelumnya karena mereka telah melihat pengalaman dari orang tuanya.
  • Kaakkaikku than kunju, pon kunju - Arti: Anak gagak senilai emas dimata gagak. Maksud: Bagi setiap ibu, anaknya adalah yang terbaik.
  • Kal irundhaal naaiya kaanom, naai irundhaal kalla kaanom - Arti: Batu di tangan, tidak ada anjing. Anjing ada di situ, tidak ada batu. Maksud: Cara untuk mengekspresikan ketidakberuntungan di setiap kesempatan.


Pemaparan di atas merupakan sekelumit contoh bahasa Tamil yang sering kita temui. Sebenarnya masih banyak lagi bahasa Tamil yang dapat didengar setiap harinya, namun yang dipaparkan di sini hanyalah sebagian saja. Selebihnya nanti bisa kita pelajari melalui kamus dan juga buku-buku sastra bahasa Tamil. Semoga informasi ini menambah wawasan kita semua dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita bersama.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang