Saya baru saja membeli sebuah pegadaian, bagaimana cara terbaik untuk memasarkannya?

Dilihat 27,6 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

"Butuh uang tunai dalam waktu singkat? Menerima gadai barang elektronik."

"Bunga ringan, tanpa potongan awal, 5 menit langsung cair."

"Hubungi kami hari ini untuk perhitungan pinjaman pegadaian gratis."


Apa yang ada di benak Anda ketika membaca kalimat di atas? Ya, benar. "Pegadaian". Kemunculan pegadaian memudahkan masyarakat mendapatkan pinjaman uang tunai dengan cara yang mudah, cepat, aman, dan tanpa melalui proses bank.


memasarkan pegadaian


Namun bisnis gadai tidak selalu landai. Mengingat di zaman sekarang usaha pegadaian telah menjamur di mana-mana. Oleh karena itu dalam menjalankan usaha gadai diperlukan strategi yang memikat agar orang mau memberikan sepotong perhatiannya kepada bisnis gadai Anda.




Cara Terbaik Memasarkan Pegadaian



  • Tentukan Produk Pegadaian yang Anda Inginkan
Inilah yang benar-benar dicari pelanggan! Apabila produk Anda terbukti dalam menjadi solusi dari sebuah permasalahan yang besar, setengah dari pekerjaan pemasaran Anda telah berhasil.

Layaknya lembaga keuangan lain yang memiliki berbagai produk usaha, Pegadaian menyediakan layanan peminjamannya melalui bermacam-macam produk. Sebagai perusahaan pemberi pinjaman, Anda harus menentukan produk  apa yang Anda unggulkan. Apakah produk pegadaian barang yang memberikan kemudahan untuk mendapatkan pinjaman uang tunai dengan cara menjaminkan suatu barang ke pegadaian, ataukah produk jasa titipan dimana para konsumen dapat menyimpan barang berharga  di Pegadaian Anda dengan membayar sewa tempat.

Berikan target pasar Anda apa yang mereka inginkan. Tawarkan sesuatu yang seolah berteriak “Aku pemecah masalah” atau “Aku solusi cepat”, dan Anda  akan mendapatkan perhatian.



  • Tentukan Kebijakan Penjaminan 

Anggaplah usaha pegadaian anda adalah mempunyai sistem angsuran.  Peminjam akan memperoleh sejumlah dana segar dari hasil gadai barang berharganya dan peminjam melakukan pembayaran pinjaman dengan cara menyicil. Jadi misalnya ada suatu waktu nasabah gagal bayar tepat waktu, mereka akan kehilangan lebih banyak. Jika Anda melakukannya, biasanya  Anda akan mendapatkan pembayaran yang lancar. Sekalipun tidak, kamu tetap bisa mengambil keuntungan dengan menjual barang jaminan nasabah. Itu  adalah salah satu contoh kebijakan yang strategis.



  • Fokus Pada Penawaran Unik yang Diberikan

Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Konon, biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan lama. Maka, untuk selalu memelihara hubungan yang baik dengan pelanggan, maka fokuslah pada produk tertentu. Anda bisa fokus di peralatan seperti alat musik, perhiasan, perabotan rumah, atau kategori lainnya. Dengan berfokus pada kategori tertentu, Anda bisa memasarkan bisnis Anda sebagai "tempat untuk mendapatkan harga terbaik " dibandingkan hanya sebagai penggadaian. 


Pertanyaan yang muncul, bagaimana caranya fokus ke produk tertentu sedangkan nasabah membawa segala macam barang? Lakukanlah penyesuaian untuk tawaran yang Anda berikan dengan mempertimbangkan apakah barang tersebut masuk dalam kategori yang Anda tetapkan atau tidak. Jika tidak , berikan harga yang jauh di bawah harga barang tersebut. Mereka yang menerima tawaran Anda biasanya akan kembali untuk mengambil barang mereka. Jika mereka tidak kembali, Anda tetap bisa mengambil keuntungan dengan menjualnya ke toko lain yang menginginkan barang tersebut.



  • Setelah Memastikan Kualitas Produk, Saatnya Gunakan Strategi Promosi yang Jitu!

Di dalam setiap usaha bisnis, promosi atau yang dikenal marketing, memegang peran yang cukup vital bagi kelangsungan usaha bisnis bersangkutan. Kemampuan yang handal dalam mempromosikan produk atau jasa bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri. 

Sebuah usaha bisnis dengan hasil produk yang biasa saja bisa jadi sukses hanya karena strategi promosi perusahaan terkait yang cukup handal, sebaliknya sebuah usaha bisnis dengan produk yang cukup berkualitas pun tak akan mengalami penjualan yang maksimal jika tidak dilakukan upaya pemasaran yang baik terhadap para konsumen. Namun  untuk mempertahankan pelanggan lama tentu saja  jangan abaikan faktor kualitas produk yang merupakan poin penting bagi pemasaran itu sendiri. Maka, setelah Anda pastikan kualitas produk Anda, rancanglah strategi pemasaran yang efektif agar proses pemasaran dapat berjalan.



Bagaimana cara memasarkan sebuah produk? Ada banyak yang ditempuh oleh para pelaku usaha yang ingin memasarkan produk mereka kepada publik, Ada yang berani membayar sales marketing, SPG (Sales Promotion Girl), sticker, iklan baris di internet, iklan di koran lokal, spanduk dan sebagainya. Namun, lagi-lagi yang paling dibutuhkan adalah memiliki sebuah website untuk produk tersebut.


cara kerja marketing online

Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Mengapa? Melalui online marketing, informasi produk dapat menjangkau konsumen yang berada jauh tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet. Anda dapat memasang foto, berinteraksi langsung dengan pelanggan, bahkan menggelar berbagai promo menarik bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat!



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang