Saya berencana pindah ke Indonesia. Apa hal-hal yang harus saya perhatikan (Saya dari Austria (bukan Australia), Eropa)?

Dilihat 294 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Indonesia adalah negara yang dikenal dengan keragaman budaya, suku, agama, bahasa dan aspek lainnya. Banyaknya budaya di Indonesia tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Setiap daerahnya memiliki budayanya masing-masing dan telah menjadi tradisi turun-temurun dalam menjaga budaya tersebut. Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan untuk keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia, yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Keragaman budaya di Indonesia inilah yang seringkali menarik orang dari negara lain untuk berkunjung. 


turis dan budaya indonesia


Tips Untuk Orang Asing yang Tinggal di Indonesia


Di balik budaya yang beranekaragam tersebut, Indonesia juga memiliki hal yang harus diperhatikan. Saya adalah orang Jerman, maka budaya saya akan mirip seperti budaya Austria. Saya berasumsi anda mau pindah ke Jakarta. Saya akan memberikan anda beberapa tips agar anda tetap aman di jakarta. Berikut ini adalah hal yang saya tahu dan juga yang harus anda perhatikan.


  • Anda tidak bisa berjalan kaki di kota jakarta seperti di negara lain. Di Indonesia, pejalan kaki tidak memiliki jalurnya sendiri di jalan. Jadi yang anda mau lakukan adalah memiliki mobil dan menyetir dengan cara membuntuti mobil orang lain. Hati-hati juga dengan motor yang berkeliaran di jalan. Motor akan biasanya jalan dengan cepat dan ngebut-ngebutan serta berpindah jalur dengan tiba-tiba. Jadi anda mau menunggu 2 atau 3 mobil lewat, lalu anda mau membuntuti mobil yang lewat, sehingga motor tidak bisa menyelip anda dengan tiba-tiba. Cek kiri kanan sebelum menyeberang jalan, karena pengendara mobil di Indonesia sudah terbiasa mengerem jika melihat orang di jalan .
  • Jika bisa, jangan mengendarai motor. Kecelakaan motor di Indonesia itu lebih berbahaya dan mematikan. Anda akan terjatuh jika jalanan basah atau becek.
  • Jika anda perlu menggunakan taksi, selalu gunakan Taksi Blue Bird. Hati-hati juga dengan taksi dengan tulisan 'tarif bawah' karena taksi yang ini beroperasi dengan budget yang rendah sehingga dia kan ugal-ugalan di jalan. Tapi jika terpaksa, anda bisa menggunakan ini.

taksi blue bird


  • Jika ada seseorang yang memanggil anda 'Bule' atau 'Bos', di negara lain ini adalah penghinaan dan mungkin aksi yang dianggap rendah oleh turis mancanegara tapi tidak untuk Indonesia. Mereka hanya ingin berusaha merasa dekat dengan anda .
  • Jangan meminjamkan uang kepada siapa pun yang tidak dikenal. Anda akan merasa tidak enak saat menagih uang di Indonesia dan kemungkinan besar mereka akan lupa atau sengaja lupa untuk menghindari mengembalikan uang.
  • Selalu memberi dengan tangan kanan. Memberi dengan tangan kiri dianggap tidak sopan dan akan dipandang rendah oleh penduduk lokal.
  • Jika berbicara dengan orang, jangan terlalu memandangnya terlalu lama. Memandang terlalu lama dianggap mengintimidasi dan membuat orang tidak nyaman berbicara dengan anda.
  • Senyum. Senyum di Indonesia adalah cara yang paling sering di gunakan oleh orang Indonesia untuk mengindikasikan bahwa mereka nyaman bersama anda atau berusaha nampak sopan dengan orang lain. Mengejek orang lain secara bercanda merupakan hal yang biasa di Indonesia yang penting orang itu tidak memiliki niat yang buruk kepada orang tersebut.

budaya senyum indonesia


  • Kerendahan diri juga sangat dipandang tinggi oleh Budaya Muslim di Indonesia. Jika anda berada di lingkungan muslim, anda harus coba merendahkan diri dan coba menghindari topik-topik yang berpotensi memicu pertentangan seperti budaya, kepemilikan, sains dan lain lain.
  • Kebanyakan orang Indonesia menggangap seks adalah hal yang tabu dan tidak boleh diucapkan di publik. Jadi anda harus menyimpan lelucon seks anda.
  • Jika anda tidak beragama, anda tidak bisa memilih agama Atheist di KTP anda. Anda harus memilih 5 agama yang diakui di Indonesia, yaitu Kristen, Islam, Buddha, Islam, Konghucu. Jika anda adalah seorang ateis saya sarankan mengambil agama Buddha saja. Agar orang islam tidak menyalahpahamkan anda dengan orang beragama Yahudi. Orang Islam di Indonesia sangat tidak suka ada imigran dari Yahudi.
  • Berhati-hati dengan perempuan di Indonesia, karena di Indonesia banyak perempuan yang hanya ingin mengambil harta anda.
  • Kebebasan berpendapat masih tidak terlalu berlaku di Indonesia. Jadi berhati-hati dengan pendapat anda tentang negara atau aspek apapun yang ada di Indonesia. Terutama pemerintahan di Indonesia, anda harus berhati-hati dengan itu .
  • Walaupun di Indonesia tidak banyak terjadi terorisme, tapi terorisme masih akan bisa terjadi di negara ini. Maka jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari tempat-tempat religius di Indonesia. Tapi tenang saja, Indonesia memiliki pasukan anti teror yang baik 
  • Siapkan Antiseptik atau sabun setiap saat. Kebanyakan toilet umum di Indonesia tidak dilengkapi dengan fasilitas ini. Dan kebanyakan orang tidak mencuci tangan karena malas.
  • Jika dalam bulan puasa, jangan makan di depan orang muslim, ini dinilai tidak sopan dan dipandang rendah karena anda tidak menghormati orang yang menajalankan puasanya.

budaya indonesia


Jadi itulah beberapa tips dari saya berdasarkan pengetahuan saya mengenai budaya di Indonesia yang umum di kota-kota besar seperti Jakarta. Tapi itu semua tergantung pada kota mana yang akan anda tinggali. Jika anda akan tinggal di daerah yang menjunjung tinggi nilai kesopanan, maka beberapa dari tips di atas ada yang tidak berlaku. Seperti negara yang lainnya, anda akan melihat sisi positif dan sisi negatif dari berbagai aspek di Indonesia nantinya. Lebih baik anda bertanya dengan orang Indonesia yang akan anda kenal nantinya mengenai hal-hal apa yang tidak seharusnya dilakukan di daerah itu. Meskipun hanya sedikit, saya harap tips ini dapat membantu anda.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang