Aku masih muda dan memiliki masalah ejakulasi dini, bagaimana cara menyembuhkannya?

Dilihat 1,61 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ejakulasi dini memang dikenal sebagai penyakit yang sangat memalukan bagi para pria, kerap dianggap sebagai aib dan menurunkan harga diri serta kehormatan seorang lelaki sejati.


Ejakulasi dini adalah disfungsi seksual yang seringkali terjadi pada pria, namun bisa juga terjadi pada wanita. Ada pihak yang mengatakan bahwa suatu keadaan dapat disebut sebagai ejakulasi dini apabila seseorang mencapai orgasme dalam waktu kurang dari satu menit ketika melakukan hubungan seksual. Sementara itu, pihak lain mengatakan bahwa ejakulasi dini adalah ketika sesorang pria mencapai orgasme dalam waktu kurang dari 15 detik.


Tapi tahukah Anda bahwa 1 dari 4 pria mengidap penyakit ini? 


Ejakulasi dini tidak memiliki batasan umur dan juga bukanlah sesuatu yang begitu memalukan. Meskipun ejakulasi dini seringkali berdampak pada keharmonisan hubungan dengan pasangan, namun sebenarnya penyakit ini dapat ditangani dengan mudah apabila diiringi dengan komunikasi yang baik dengan pasangan.


Saat ini ada banyak cara mengatasi ejakulasi dini pada pria dan telah teruji keberhasilannya. Anda bisa memilih untuk mengatasi ejakulasi dini menggunakan obat alami ataupun tanpa obat. 


Tapi, mungkin untuk pertama kali Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat terlebih dahulu sebelum pergi ke dokter. Lumayan kan, bisa menghemat biaya?



cara mengatasi ejakulasi dini pada pria


Apa itu Ejakulasi Dini?


Jika ditelaah dari berbagai sumber, sebenarnya ejakulasi dini adalah keadaan ketika seorang pria tidak dapat mengendalikan ejakulasinya ketika berhubungan intim dan mencapai orgasme dalam waktu yang sangat singkat walaupun hanya dengan rangsangan seksual yang sangat minim.


Namun secara pada dasarnya, ejakulasi dini adalah suatu ketidakmampuan mengendalikan ejakulasi secara terus menerus dan menyebabkan kebutuhan seksual salah satu pihak menjadi tidak dapat terpenuhi.


Jika dilihat dari pendekatan seperti itu, maka Anda bisa memutuskan sendiiri, apakah Anda menderita ejakulasi dini?


Jika Anda merasa bahwa Anda menderita penyakit ini, mari kita lihat beberapa penyebabnya terlebih dahulu.


Penyebab ejakulasi dini beragam, baik karena faktor internal dan eksternal, namun tidak jauh berbeda dengan penyakit disfungsi seksual lainnya, misalnya impotensi. Cara mengatasi ejakulasi dini pada pria tentu saja berbeda-beda, tergantung dari aspek penyebabnya.


Misalnya, Anda bisa menderita ejakulasi dini karena: 

  • Kurang pengalaman seksual
  • Stress
  • Masalah dengan pasangan
  • Tidak percaya diri
  • Penyakit prostat
  • Darah tinggi
  • Penyalahgunaan narkoba dan alkohol.

cara mengatasi ejakulasi dini pada pria


Apabila ejakulasi dini yang Anda alami merupakan efek samping dari penyakit yang Anda derita, maka cukup sulit jika Anda ingin mengobatinya tanpa obat. Langkah pertama yang harus Anda ambil tentu saja dengan menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut terlebih dahulu, dan kemudian melihat apakah kehidupan seksual Anda membaik atau tidak.


Dan apabila Anda mengalami stres, depresi, masalah dengan pasangan, atau masalah-masalah eksternal lainnya, Anda harus mencoba untuk terbuka dan jujur dengan pasangan. Bicarakanlah hal ini dengan tenang dan cobalah unutk menemukan jalan keluarnya bersama, karena Anda berdualah yang paling mengerti masalah apa yang sedang kalian hadapi.


Ingat, Anda tidak sendirian dan bukanlah orang yang paling menderita di dunia ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setidaknya 1 dari 4 pria menderita ejakulasi dini.


Jika Anda tidak termasuk ke dalam dua golongan di atas, maka ada baiknya jika Anda mencoba beberapa cara alternatif untuk mengobati penyakit Anda ini.



Cara Mengatasi Ejakulasi Dini


Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat. Walaupun cukup sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun tidak ada ruginya jika Anda mau mencobanya.


Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:



1. Variasi posisi seks


Selama Anda bukanlah orang yang konservatif dan sangat pemalu dalam perubahan dan perpindahan posisi seks, cara ini mungkin akan berhasil untuk Anda. Sebenarnya ada penelitian yang telah membuktikan bahwa beberapa posisi tertentu dapat membuat Anda lebih tahan lama.


Anda disarankan untuk melakukan hubungan sambil berdiri dan pastikan bahwa pasangan anda berada sedikit lebih rendah agar penis Anda bergesekan dengan tulang vagina pasangan Anda. Gesekan dan posisi ini akan membuat Anda merasa sedikit tidak nyaman, dan ketidaknyamanan inilah yang akan membantu Anda bertahan lebih lama.


Selain itu, cobalah untuk tidak melakukan dorongan terlalu dalam untuk meminimalisir daerah stimulasi dan rangsangan. Pelajari juga teknik untuk mengontrol gerakan Anda dan belajar untuk berhenti sejenak ketika Anda telah mendekati ejakulasi; pelajari tubuh Anda sendiri.


cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat



2. Kondom


Penggunaan kondom yang tebal sangat disarankan sebagai salah satu cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat. Mengapa demikian?

Salah satu kemungkinan penyebab ejakulasi dini adalah penis yang terlalu sensitif, dan mmengurangi stimulasi pada penis adalah salah satu fungsi kondom. Jika rangsangan yang Anda terima tidak 100%, maka Anda tidak akan ejakulasi dalam hitungan sekian detik atau satu menit..


Kondom yang disarankan adalah Durex Extra Strength dan Okamoto Goku Atsu karena ketebalannya yang dinilai cukup untuk mengatasi masalah ini, tanpa mengurangi sensasinya.


Pastikan untuk menggunakannya lebih awal, karena jika Anda terlambat menggunakannya, penggunaan kondom tidak akan berdampak apapun.



3. Perkuat otot dengan senam kegel


Memperkuat otot dengan senam pinggul merupakan hal yang cukup baru, namun sudah diuji keberhasilannya oleh peneliti dari Italia. Dalam pembuktiannya, pria yang melakukan senam ini secara rutin selama 12 minggu berhasil melakukan peningkatan dari 32 detik menjadi sekitar 2 menit 26 detik.


Anda mungkin mengenal senam ini sebagai senam untuk ibu hamil, tapi sebenarnya senam kegel juga berfungsi untuk menyempitkan vagina dan membantu pria dalam mengendalikan ereksi.



cara mengatasi ejakulasi dini pada pria

4. Hindari onani


Cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat yang selanjutnya adalah dengan menghindari onani. Mengapa demikian? Bukankah info yang beredar justru mengatakan bahwa onani justru membantu ketahanan pria?


Hal ini berhubungan dengan faktor psikologis. Ketika sedang melakukan onani, biasanya seseorang ingin cepat mencapai orgasme, otak merekam pikiran ini dan menerapkannya juga ketika Anda berhubungan seks yang sebenarnya.


Berita bahwa onani dapat meningkatkan pria belum pernah diuji secara nyata, dan sebaliknya, terlalu banyak onani dapat menyebabkan ejakulasi dini dan hal ini telah terbukti secara ilmiah.



5.  Tidak menggunakan obat kuat


Cara satu ini lebih cenderung ke langkah pencegahan dan peringatan, namun memang sebaiknya Anda tidak mengonsumsi obat kuat untuk mengatasi masalah ejakulasi dini. 


Untuk sekali dua kali, mungkin penggunaan obat ini akan berdampak luar biasa bagi Anda, tapi sebenarnya penggunaan obat kuat tanpa melalu konsultasi dan resep dokter cukup berbahaya. Karena tidak semua orang boleh mengonsumsi obat kuat, ada bahan-bahan yang berbahaya bagi orang dengan kondisi atau penyakit tertentu.


Selain itu, obat kuat memiliki beberapa efek samping seperti impotensi, darah tinggi, menaikkan kolesterol, menyebabkan gangguan pendengaran, mengganggu kinerja otak dan menyebabkan depresi, hingga kebutaan secara tiba-tiba.



6. Alihkan perhatian


Ini adalah semacam manipulasi otak. Ketika Anda melakukan hubungan intim dengan pasangan, cobalah untuk memikirkan hal lain yang bisa membantu menghindarkan Anda dari orgasme yang terlalu cepat.


Misalnya, coba pikirkan apa yang ingin Anda makan untuk sarapan, pertandingan bola nanti malam, ataupun masalah politik. Namun jangan pikirkan secara berlebihan, hal ini hanya untuk mengalihkan fokus Anda sejenak saja. Karena ejakulasi dini atau orgasme yang terlalu cepat bisa terjadi karena Anda terlalu berfokus pada penis dan sensasinya.



Cara Alternatif Mengatasi Ejakulasi Dini



Jika Anda ingin mencoba cara lainnya dan tetap tanpa menggunakan obat, saya bisa menyarankan beberaoa langkah berikut ini:



cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat


1. Krim dan gel topikal anastesi


Krim dan gel ini akan membuat penis Anda sedikit mati rasa dan akan menunda ejakulasi. Tapi masalahnya, efek dari penggunaan krim ini bisa berdampak juga ke pasangan Anda dan akhirnya hubungan intim yang dilakukan tidak dapat dinikmati sama sekali.


Untuk menghindari masalah tersebut, minta pasangan Anda untuk mengaplikasikan krim ini dan tutup dengan kondom.


Namun harap diingat, gel topikal anestesi tetap memiliki efek samping karena terbuat dari bahan kimia yang tidak mungkin cocok untuk semua orang.



cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat

2. Makanan


Ada beberapa jenis makanan yang cukup ampuh untuk mengatasi ejakulasi dini, namun tentu saja dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan hasilnya. 


Beberapa makanan tersebut misalnya:

  • Alpukat
  • Cokelat
  • Wortel
  • Asparagus
  • Pisang
  • Kenari

cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat

3. Terapi dan Pijat Refleksi


Anda bisa coba mengobati penyakit Anda dengan pergi ahli pijat refleksi dan urut tradisional yang telah terpercaya kemampuannya. Jangan terlalu skeptis dengan pijat tradisional, karena kemungkinan sembuhnya juga cukup tinggi, terutama jika Anda mencoba pihat refleksi..


Si ahli pijat mungkin akan menemukan titik atau sumber penyakit yang menjadi sumber dari disfungsi seksual yang Anda derita. Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba.



-


Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba sebagai cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat. Ada cara-cara yang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya, ada juga yang bisa Anda buktikan saat itu juga.


Jika cara-cara tanpa obat ini tetap tidak memberikan perkembangan yang signifikan, maka cobalah untuk pergi ke dokter untuk berkonsultasi. Tidak perlu malu, banyak pria yang memiliki keadaan yang sama seperti Anda.


Namun harap diingat, jangan sembarangan gunakan obat kuat atau Viagra untuk mengatasi masalah ini, karena Viagra memiliki efek samping jika digunakan tanpa resep dokter.


Semoga lekas sembuh dan semoga bermanfaat!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang