Saya bisa mengangkat bench press seberap 80kg . Tapi saya sama sekali tidak bisa pull up . Kenapa bisa begitu?

Dilihat 262 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Bench Press adalah gerakan mendorong.  Pull-ups, seperti namanya, adalah gerakan menarik. Keduanya sebagian besar melibatkan kelompok otot yang berbeda saat berlatih. Ketika anda melakukan bench press, anda aktif mendorong otot-otot anda  (otot triceps, dada dan bahu). Berikut otot yang ditarik (otot punggung, inti dan bisep ) digunakan HANYA  untuk keseimbangan. 

Ketika anda melakukan pull-up, anda mengaktifkan punggung anda (kebanyakan punggung bawah) dan bisep. Jangan khawatir tentang perbedaan kekuatan.Lakukan saja terus menerus dan anda akan sadar bahwa itu bekerja pada punggung anda dan memberi manfaat yang penting selama latihan.  Tubuh memiliki cara yang mengagumkan untuk beradaptasi. Anda akan melihat perbedaan dalam waktu sekitar sebulan ketika anda mulai fokus pada gerakan menarik otot. 


Saran saya : 

  • Gunakan sebuah bantuan untuk membantu mencapai pull up bar / atau minta tolong seseorang untuk mengawasi (spotter) pada saat melakukan pull up , kemudian  lakukan sekitar 20 - 25 repetisi dan melakukannya 3-4 set.
  • Tingkatkan kekuatan bisep anda dengan berlatih sedikit lebih berat (misalnya : jika anda melakukan 20 reps dengan dumbell 5 kg, kemudian mulai melakukan 10 reps dengan dumbell 10 kg, dan sebagainya)
  • Secara bertahap tingkatkan kekuatan punggung anda dengan mesin pull down. Jika anda sudah berlatih sekitar 6 bulan secara teratur , kemudian latihlah punggung anda dua kali seminggu. 
  • Banyak yang mengabaikan hal ini , namun tingkatkanlah kekuatan cengkraman anda dengan melakukan banyak latihan "menggantung" (hanging leg raise, Pull-ups, dan lain sebagainya.)

Jangan menyerah, lakukanlah yang terbaik!  Biar kita tahu bagaimana hasilnya nanti !

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang