Saya ingin menjadi pembalap mobil ketika dewasa nanti. Bagaimana caranya agar menjadi kenyataan?

Dilihat 584 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Banyak sekali di antara kita semua yang ingin menjadi seorang pembalap mobil, namun tak banyak yang bisa benar-benar mewujudkannya menjadi kenyataan. Cara menjadi pembalap mobil tentu tidaklah mudah, butuh usaha, kerja keras dan kepercayaan diri yang tinggi.

Menjadi seorang pembalap mobil tentunya tak luput dari berbagai risiko, seperti kecelakaan-kecelakaan saat latihan atau lomba, tetapi hal itu sudah menjadi biasa, sehingga janganlah hal tersebut membuat anda takut untuk mewujudkan apa yang anda inginkan.

Jika anda ingin menjadi seorang pembalap mobil profesional, jangan pernah macam-macam, dalam arti menginginkan sesuatu yang instan untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Percaya diri dan berlatih giat adalah kunci utama. Salah satu cara menjadi pembalap yang baik adalah dengan mengetahui lebih banyak tentang latar belakang dunia balapan. Misalnya anda dapat membaca profil dari pembalap-pembalap sukses atau juga dapat menyaksikan/menonton setiap aksi balapan mobil profesional.

Nah jadi sebenarnya bagaimana cara menjadi pembalap mobil tersebut? Tahapan-tahapan apa yang harus dilalui oleh seseorang jika ingin menjadi pembalap mobil profesional? Buat anda yang benar-benar berminat di dunia balap mobil, yuk ikuti terus artikel ini sampai habis !


Cara Menjadi Pembalap Mobil Profesional

Dimulai dengan Karting (Gokart)

  

Gokart

Cara menjadi pembalap, mulailah dengan belajar Karting (Gokart). Perlombaan gokart mengajarkan anda keterampilan membalap, dari mengontrol mobil balap sampai beradaptasi dengan trek balap agar mobil dapat melaju dengan cepat. Ada banyak seri balapan karting lokal/tingkat daerah di seluruh dunia yang bisa anda ikuti.

Menurut pendapat saya, cara terbaik untuk memulai adalah dengan mengambil sekolah Gokart dan kemudian berlatihlah dalam setiap seri sehingga anda tidak perlu membeli mobil gokart sendiri untuk memulainya. Untuk Anda ketahui, sebuah mobil sprint kart yang bagus dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 50 juta, namun akan ada pengeluaran tetap untuk suku cadang, ban, minyak, gas, dan lain-lain.

Setelah sering berlatih dalam setiap seri, barulah Anda bisa mencoba untuk memulai mengikuti kompetisi. Tetaplah menggunakan mobil sprint kart sampai anda benar-benar menguasainya (karena ada banyak hal yang harus dipelajari), setelah benar-benar mahir kemudian baru pindah ke mobil shifter kart. Salah satu perbedaan utama adalah bahwa mobil sprint karts tidak memiliki roda gigi yang dapat dipilih, sementara mobil shifter kart menggunakan mesin sepeda motor dan transmisi untuk memberikan 5 roda gigi (biasanya) yang siap untuk dipilih. Tanamkan dengan sungguh-sungguh aturan mengemudi dan berlatihlah dari beberapa sumber yang berbeda dan ingatlah tidak ada yang lebih baik selain terus berlatih.


Lanjut ke Seri Balapan berikutnya

 

Mobil F1

Setelah menguasai karting , kedepannya anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya tergantung jenis seri balapan apa yang anda inginkan. Ada beberapa seri yang dirancang untuk meningkatkan bakat dari berbagai jenjang untuk menuju ke tingkat profesional. Untuk menjadi seorang pembalap profesional memerlukan tingkat pengetahuan mengemudi yang sangat baik. Anda juga perlu kesabaran yang tinggi untuk menjadi seorang pembalap mobil profesional.

Jika anda berpikir anda telah cukup memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar mengemudi, maka Anda dapat membentuk sebuah tim. Untuk menjadi pembalap profesional, anda perlu memiliki sebuah tim atau sponsor. Ini akan membantu Anda masuk ke dalam dunia balap yang sesungguhnya. Pelajarilah caranya bagaimana mendapatkan dan mempertahankan sponsor. Jika anda menang kompetisi kart secara teratur, biasanya peluang akan hadir dengan sendirinya.


Usia bukan penghalang


24 Jam Le Mans

Saya melihat ada sebuah anggapan yang salah dalam masyarakat, yaitu adanya ungkapan “jika anda sudah berusia cukup “tua” untuk mulai berlatih, berarti anda sangat terlambat untuk menjadi seorang pembalap profesional", saya sebut itu omong kosong.

Mulai berlatih pada umur yang sangat muda pastinya memang lebih menguntungkan, namun bukan berarti harapan anda hilang jika anda sudah berusia 18 tahun, selama bersungguh-sungguh kesempatan akan terus terbuka .

Pembalap J.R Hildebrand mulai berlatih karting pada usia 14 dan masuk ke mobil balap saat berusia 16 tahun. Dia mungkin mengajukan pertanyaan (ungkapan) tersebut sebelum dia mulai berlatih kart.

Hal ini juga tergantung pada seri apa yang anda inginkan untuk balapan. Saya memang mengakui bahwa jika anda ingin masuk ke seri F1, memang anda perlu memulainya lebih awal karena akhir-akhir ini seri tersebut mengikut sertakan pembalap-pembalap remaja umur belasan. Tetapi jika anda menargetkan pada seri balapan ketahanan mobil, sebagian besar pembalap pada seri  Le Mans 24 Hours (24 Jam Le Mans) dan American Le Mans berumur lebih tua dibandingkan rata-rata umur pembalap-pembalap F1.

Anda bisa melihat beberapa pembalap yang telah pensiun di F1 mengikuti balapan ketahanan mobil, yaitu di seri  DTM (Deutsche Tourenwagen Masters ) dan seri Indycar, hal tersebut adalah salah satu bukti yang menunjukkan bahwa usia bukanlah penghalang.


Itulah menurut saya cara menjadi pembalap mobil professional. Dari uraian singkat di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa tidak sembarang orang bisa menjadi pembalap profesional, hal yang terpenting, yang sangat dibutuhkan adalah adanya kemauan, konsistensi dan komitmen. Disamping itu pembalap juga dituntut untuk memiliki mental dan fisik yang kuat. Karena pembalap harus senantiasa menjaga tubuhnya agar dapat beradaptasi akibat stres atau tekanan ketika balapan. (Baca: Bagaimana pembalap profesional menyetir di jalan raya?)


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang