Saya memiliki satu koper kecil dan sebuah tas ransel. Bagaimana caranya saya membawa barang sebanyak mungkin di dalamnya? (Saya akan membawa 10 baju, 4 pasang jeans, 10 buku, 15 notebook, dan barang kecil lain seperti kaos kaki, kosmetik, dan pengering rambut)

Dilihat 411 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1


Jika Anda sering bepergian, packing atau mengemas barang dalam tas ransel atau koper adalah rutinitas yang tak bisa dihindari. Apalagi anda sering mengalami masalah baju tidak muat di koper, bingung harus membawa sepatu atau tas yang mana hingga malas mengatur semua barang yang anda ingin bawa bisa masuk ke dalam koper, mengemas pakaian bisa jadi kegiatan yang menjengkelkan.

Buat sebagian orang, packing memang menyebalkan. Anda seringkali dihadapkan dengan pilihan yang berat antara membawa atau meninggalkan barang yang anda inginkan. Packing tidak cuma sekedar memasukkan barang-barang ke dalam tas, tapi juga memilih mana yang perlu dimasukkan dan mana yang tidak

Ternyata mengemas koper untuk bepergian ada caranya supaya tetap efisien dan hemat tempat. Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum packing adalah, kita harus mengetahui terlebih dahulu ke mana tujuan travelling kita, tujuan dari travelling kita harus jelas. Selain tujuan, kita pun harus menentukan lama hari kita melakukan travelling. Penentuan tujuan dan lama hari travelling akan membantu kita untuk lebih mudah mengefisienkan packing. 

Bagi anda yang belum mengetahui cara packing tas koper yang baik, berikut ada beberapa tips untuk anda. Ingin tahu caranya? Simak yuk cara-cara berikut ini.


Cara Packing (mengemas) yang Efektif

Untuk menjawab pertanyaaan di atas, ada beberapa informasi penting yang hilang di sini, yaitu kemana anda akan pergi, bagaimana anda pergi, untuk berapa lama, dan mengapa. Saya menduga jika anda akan membawa 10 buku dan 15 notebook, anda mungkin akan menuju ke sekolah, dan kemungkinan anda akan naik pesawat, yang mana hal tersebut merupakan sebuah alasan yang cukup baik untuk membawa begitu banyak barang yang anda sebutkan, (hingga mengajukan pertanyaan seperti ini) dibandingkan kemungkinan  anda akan berlibur di akhir pekan atau sebuah perjalanan.

Saya sangat menyukai “packing dalam satu tas”, akan tetapi saya mengakui bahwa itu bukanlah strategi terbaik untuk semua perjalanan yang panjang. Berikut tips mengemas koper yang efektif yang bisa saya berikan:


  • Taruhan anda yang terbaik adalah mencobanya - Saya tidak mempunyai informasi buku jenis apa yang anda punya, sebagai gambaran/contoh bahwa ada perbedaan besar antara buku-buku  novel yang tipis dengan  10 buku pelajaran tentang teknik mesin.
  • Timbang barang-barang tersebut - Banyak maskapai mengukur berat dan ukuran dari barang yang kita bawa, jadi lihatlah situs mereka dan pelajari aturannya.  Anda mungkin perlu untuk menempatkan sebagian barang-barang di  tas yang anda bawa ke kabin,  sehingga koper anda yang dimasukkan ke bagasi tidak akan kelebihan berat.
  • Jika memungkinkan anda dapat membawa satu tas lagi - Tergantung pada maskapai pernerbangannya, Anda mungkin bisa membawa dua macam bawaan kedalam kabin, satu berupa koper yang sesuai ukuran kabin dan yang satu lagi tas untuk membawa “barang pribadi”.  Yang terakhir maksudnya bisa berupa sebuah tas laptop atau sebuah tas biasa, yang jelas ukurannya lebih kecil. Mungkin juga (biasanya) perlu membayar extra untuk menempatkan satu tas lagi,  jika anda perlu.
  • Jangan membawa barang-barang yang anda tidak butuhkan - Ringkaskan barang-barang yang anda bawa. Saya harap anda sudah menyingkirkan yang tidak perlu dan mengeluarkannya.  Ada kesempatan baik, anda tidak perlu banyak berpikir, jadi coba cek sekali lagi. Misalnya apakah sesuatu yang buruk akan terjadi jika anda tidak membawa pengering rambut?
  • Gunakan plastik vakum (vacum bag) untuk travelling - Cara ini yang paling baik untuk menempatkan pakaian yang berbulu halus, seperti switer dan kaos, gunakan vacum cleaner untuk menyedot udaranya keluar hingga kempes, sehingga pengepakan lebih mudah dan hemat tempat.  Juga ada plastic vakum yang penggunaannya dengan cara digulung dan tanpa perlu pompa untuk mengeluarkan udaranya. Pastikan anda bisa mengemasnya kembali pakaian anda dengan mengunakan plastik vakum ini, ketika anda akan pulang/balik.

          

  • Manfaatkan teknologi digital - Gunakan sd card yang dapat menyimpan data dalam ukuran besar di ponsel anda sehingga jika anda mempunyai soft copy dari buku-buku yang anda bawa tersebut dapat tersimpan semua di dalamnya
  • Gulung pakaian anda - Gulung pakaian anda saat mengemas, jika anda tidak menggunakan plastik vakum. Anda mungkin bisa menjejalkan pakaian, jika anda tidak mempermasalahkan baju anda akan lecek.  Selain itu teknik menggulung cocok untuk pakaian rajut dan stretch, celana olahraga, sweater ringan, jersey (kaos) dan jeans. 


  • Masukkan barang-barang kecil ke dalam sepatu - Gulungan kaos kaki, pakaian dalam atau kaos oblong dapat mencegah sepatu menjadi  penyok, dan juga berarti anda sedikit menghemat tempat.

  • Pakailah baju anda - Perlu di ingat bahwa anda harus menitikberatkan pada kenyamanan, tetapi jika ada pakaian yang berat dibawa, seperti mantel musim dingin, pertimbangkanlah untuk memakainya bukan membawanya di koper. Dengan memakainya mungkin anda dapat menaruh beberapa barang kecil (seperti kaos kaki, buku yang tipis) di kantong mantel tersebut. Pilihlah barang-barang yang bisa anda bawa di dalamnya, jangan taruh pisau atau cairan di kantong mantel. Juga pakailah sepatu yang jika seandainya ditaruh dikoper akan memakan tempat paling banyak pada koper.

Jangan lupakan hal yang berhubungan dengan cairan - Cek kembali tas anda, periksalah apakan ada cairan yang anda bawa di dalamnya, sehingga anda tidak merasa repot sewaktu di bandara. Jika anda tidak memeriksa kembali tas anda, dan ternyata ada cairan di dalamnya, maka petugas langsung akan mengambilnya.


  • Bersiaplah untuk diperiksa jika anda naik pesawat - Anda bisa ketinggalan pesawat jika harus membongkar dan mengepak ulang semua barang bawaan anda di depan petugas bandara. Tempatkan barang anda (seperti eletronik) di tempat dimana anda akan mudah mengambilnya jika ada pertanyaan dari petugas.
  • Belilah barang-barang yang kemungkinan bisa anda beli setelah sampai disana - Pastikan barang-barang tersebut adalah barang yang berat, murah dan sulit melalui proses pemeriksaan petugas. Shampo, tabir surya, dan perlengkapan mandi lainnya adalah barang- barang yang mungkin bisa untuk dibeli disana. Juga karena mereka berpotensial bocor jika ditaruh di bagasi dan bisa mengacaukan barang-barang lainnya.  Sebelum berangkat, coba bandingkan biaya yang harus dikeluarkan jika barang tersebut rusak ketika telah sampai disana. Jika notebook yang akan anda bawa merupakan barang baru, mungkin anda juga bisa pertimbangkan untuk membelinya setelah sampai disana. Juga untuk pengering rambut, mungkin anda bisa meminjamnya atau  berbagi barang-barang yang dapat dipakai lainnya dengan orang lain. 
  • Kirim barang melalu ekspedisi - Jika memungkinkan anda juga bisa mengirim beberapa  barang anda melalui pos/ekspedisi. Cari tahu berapa biaya yang akan dikeluarkan jika anda mengirimkan barang tersebut melalui ekspedisi. Anda berhak untuk bertanya.
  • Pastikan anda sanggup membawa semua barang anda - Terutama jika anda naik bis atau taksi atau berjalan kaki ke mana saja ketika anda telah sampai di sana. Anda mungkin perlu mengontrol koper anda, sehingga anda kuat mengangkatnya.

           


Demikianlah tips packing/mengemas koper yang efektif . Cara packing yang baik akan membuat kita merasa nyaman saat bepergian nanti. Semoga dengan mempersiapkan terlebih dahulu keperluan selama travelling bisa membuat anda menikmati perjalanan. Dan satu lagi bagi yang wanita hindari memakai sepatu/sendal high heels saat travelling , agar anda bisa bergerak leluasa dan tidak mudah lelah. Selamat ber-traveling!  (Baca: Bagaimana mengemas koper yang efektif untuk perjalanan 3 bulan?)


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang