Saya merasa amandel saya sangat sakit. Kenapa ini bisa terjadi?

Dilihat 693 • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Amandel bisa bengkak karena beberapa alasan. Dua alasan yang paling utama adalah alergi dan infeksi. Kalau terjadi infeksi, penting untuk mengetahui apakah infeksi tersebut disebabkan oleh virus atau bakteri. Jika disebabkan oleh bakteri, sebagian besar disebabkan oleh bakteri Streptococcus yang membuat amandel bengkan, sementara itu virus Adenoviruses, virus influenza, virus Herpes Simplex, dll, juga bisa menyebabkan radang amandel. Kalau amandelmu membengkak, yang harus kamu lakukan adalah mengobat infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus tersebut. 


Kebanyakan kasus radang amandel disebabkan oleh infeksi virus, yang berlangsung selama dua hari, tapi setelah itu bibit bakteri yang ada di amandel bisa menyerang dan sakit akan berlangsung lebih lama. Meskipun antibiotik tidak terlalu efektif dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus, tapi antibiotik bisa membantu melawan bibit bakteri yang menyerang belakangan. Berkumur menggunakan air garam dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak untuk sementara waktu, begitu juga dengan berkumur menggunakan tablet aspirin yang dihancurkan. Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter THT untuk mengobati penyebab infeksi daripada langsung mengkonsumsi antibiotik.

Tapi kalau kamu memang mau minum obat (yang biasanya tidak dibutuhkan untuk mengobati radang amandel) dan tidak mau mengunjungi dokter, kamu bisa mencoba antibiotik spektrum luas seperti ampicilin atau amoxicillin selama 3 - 5 hari, tapi pastikan kamu tidak mempunyai alergi terhadap penisilin. 


Kalau terjadi masalah saluran pernapasan atas, kamu mungkin memang harus meminum obat - obat tersebut. Untuk meredakan rasa sakitnya, kamu bisa mengkonsumsi ibuprofen atau acetaminophe. Kalau kemu kesulitan dalam menelan makanan, mulut terasa kering, menderita demam tinggi dan ruam - ruam di kulit, sebaiknya kamu segera mengunjungi dokter

Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang