Saya pemula dalam hal dugem/clubbing. Apa tips dugem untuk seorang introvert yang ingin bergaul dengan orang-orang?

Dilihat 381 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1




Istilah introvert pertama kali dipopulerkan oleh seorang psikolog terkenal dari Swiss yang bernama Carl Gustav Jung (C.G Jung). C.G Jung berpendapat bahwa konsep dan tolak ukur utama untuk melakukan analisa psikologi terhadap seseorang adalah dengan meneliti sifat individual mereka. Secara sederhana pengertian introvert adalah sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya.

Orang introvert adalah mereka yang bukan tidak mau bersosialisasi dengan orang lain. Akan tetapi ada kalanya mereka menikmati waktu berkumpul dan bersosialisasi dengan orang lain, selama lingkungan tersebut merupakan lingkungan yang cukup dikenalnya, dan ia merasa cukup nyaman dengan orang-orang di lingkungan tersebut.


Ciri orang Introvert adalah memiliki kepribadian yang ditandai dengan adanya kecenderungan untuk lebih melihat ke dalam dirinya sendiri, sehingga orang-orang introvert lebih fokus terhadap apa yang ada dalam pikirannya, terhadap perasaannya, dan suasana hatinya, ketimbang terhadap hal-hal lain di luar dirinya. Mereka yang digolongkan sebagai introvert, pada umumnya, memiliki sifat yang tenang, pendiam, dan mawas diri.

Perasaan capek dan dapat melepaskan banyak energi saat bersosialisasi dengan banyak orang adalah juga ciri orang introvert . Berbeda dengan orang ekstrovert yang justru mendapatkan energi saat berinteraksi dan bersosialisasi dengan banyak orang. Karena menghabiskan banyak energi saat berada dalam lingkungan yang ramai (banyak orang), orang introvert terkadang membutuhkan waktu sendiri untuk memulihkan kembali energinya itu.


Apa Tips Dugem untuk Seorang Introvert yang Ingin Bergaul dengan Orang-Orang?


Dugem adalah sebuah akronim atau singkatan dari dunia gemerlap, suatu kegiatan di malam hari berhiaskan dengan lampu-lampu gemerlap dengan cahaya yang di-setting sedemikian rupa demi menambah semarak suasana dan biasanya disertai dengan iringan musik yang memiliki beat cepat dan bersemangat. Saat seseorang dugem atau clubbing di kelab malam, maka ada berbagai macam karakteristik orang yang akan ditemui. Tentulah hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk para intovert untuk dapat membaur di tempat tersebut, apalagi kalau itu adalah pengalaman pertama kali. Karena dugem/clubbing identik dengan banyak pengunjung, pakaian sexy, dan party dance secara bersama-sama.

Lalu bagaimana seorang introvert  bergaul atau bisa menempatkan diri di tempat tersebut serta berkenalan dengan orang-orang baru?


1. Having a Friendly Mindset

Pikiran adalah kenyataan. Maka milikilah pola pikir bahwa kita ini orang yang asyik berteman dengan siapapun kemudian pancarkan energi itu agar orang lain bisa melihatnya.  Selanjutnya, orang lain akan menganggap bahwa Anda adalah orang yang memang bersahabat dan enak untuk diajak berbicara.


2. Jadilah Orang yang Pertama Senyum dan Menyapa



Tatapan cemberut atau galak, akan membuat orang jadi malas untuk mengenal Anda lebih jauh lagi. Jangan ragu untuk melempar senyum dengan tulus dan menyapa pada sosok yang baru kita kenal, karena hal ini akan membangun citra positif dengan lawan bicara. Tersenyum akan membuat Anda terlihat menarik dan juga ramah. 


3. Percaya Diri

Cara lainnya untuk menarik perhatian  adalah dengan manampakkan sikap percaya diri. Caranya, berdirilah dengan tegak dan condongkan dada Anda ketika berjalan. Berjalan dengan sikap seperti ini akan menarik perhatian seseorang untuk mendekati Anda.


4. Keep it Simple

Setelah berhasil menarik perhatian seseorang, maka akan terjadi hal yang lebih mendalam lagi yakni percakapan. Saat percakapan terjadi, usahakan pikiran Anda harus aktif, tetapi tetap santai, alami dan tidak usah kaku. Saat lawan bicara sedang bicara, dengarkan penuh perhatian dan lemparkan pertanyaan. Lalu semua akan mengalir begitu saja.


5. Anda adalah unik

Pahami kelebihan Anda. Mungkin bagi Introvert, memang perlu waktu untuk belajar bersosialisasi dan dapat membaur. Namun, introvert pun mempunyai kelebihan yang tidak dipunyai ekstrovert. Kelebihan Introvert yakni Seorang yang introvert merupakan seorang teman yang sejati karena mereka senang menjalin hubungan pertemanan yang mendalam dan setia, selain itu apabila mereka sudah cukup nyaman dengan suasana yang ada, maka tidak menutup kemungkinan mereka juga bisa bergaul dengan baik. So, be a good friend and you will understand them.




Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang