Saya penderita ambeien pembekuan darah luar, tapi tidak terasa sakit. Apakah ini akan hilang dengan sendirinya atau perlu dilakukan operasi?

Dilihat 966 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ambeien atau wasir adalah sebuah kondisi terjadi peradangan Hemorrhoid, struktur vaskular di dalam anus yang membantu kontrol buang air besar. 


Terdapat dua jenis ambeien, yakni ambeien internal dan eksternal. Ambeien internal biasanya muncul bersamaan dengan pendarahan rektum tanpa diikuti rasa nyeri, sementara ambeien ekternal bisa diikuti beberapa gejala seperti munculnya rasa nyeri dan timbulnya pembengkakan pada daerah anus.


Penyebab ambeien sangatlah bervariasi, namun salah satu yang paling umum adalah kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang mana memicu konstipasi dan akhirnya menyebabkan wasir. Walau ambeien bisa disembuhkan dengan operasi, sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi ambeien lainnya seperti menggunakan obat ambeien alami yang bisa Anda coba.


Penyakit wasir ini memang terdengar remeh, namun biasanya akan sangat mengganggu karena penderitanya akan merasa tidak nyaman atau sakit saat harus duduk di atas permukaan yang keras. Tekanan dari tubuh dan kursi menimbulkan rasa sakit, terutama bagi penderita ambeien eksternal. Oleh karena itu, biasanya penderita wasir akan membawa bantalan agar tekanan tersebut tidak begitu keras.


Di bawah ini saya akan membahas penyebab dan obat ambeien alami sebagai alternatif untuk Anda yang menderita wasir.



penyebab ambeien


Apakah yang menyebabkan ambeien?


Buang air besar yang tidak teratur atau kebiasaan menahan buang air besar merupakan salah satu penyebab ambeien yang sering tidak disadari, kurangnya konsumsi makanan berserat menyebabkan konstipasi (sulit buang air besar) dan hal inilah yang membuat BAB tidak lancar. Selain kurangnya konsumsi serat dan konstipasi, adanya tekanan intra-abdomen juga merupakan penyebab ambeien.


Kondisi ini biasanya terjadi pada ibu yang tengah berada pada masa kehamilan atau ketika seseorang mengalami kembung yang berkepanjangan atau karena adanya massa intra-abdomen, biasanya dipicu oleh obesitas. Duduk dalam jangka waktu yang lama juga dapat memicu ambeien atau wasir.


Untuk menghindari penyebab ambeien tersebut, Anda harus menjaga keseimbangan nutrisi pada tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan juga jangan lupa mengonsumsi air putih secara cukup karena jika Anda mengalami gejala dehidrasi itu akan menyebabkan buang air besar Anda tidak lancar dan memicu wasir.


Olahraga secara teratur juga membantu menjauhkan ambeien dari kehidupan Anda karena olahraga, meski hanya olahraga ringan seperti berjalan kaki, dapat menjaga darah dan perut Anda untuk tetap bergerak.


Ambeien memang merupakan penyakit yang cukup umum dialami, terutama oleh orang yang sudah lanjut usia dan juga oleh ibu hamil, serta orang yang mengalami kegemukan. Namun, bukan berarti penyakit ambeien tidak bisa disembuhkan. Jika kondisi wasir sudah amat parah, biasanya bisa diobati dengan operasi.


Namun, jika tidak parah atau masih dalam tahap pertama, Anda masih bisa menggunakan obat alami atau menggunakan cara-cara untuk meredakan rasa sakit pada ambeien. Apalagi jika Anda menderita ambeien eksternal dan tidak terasa sakit, kemungkinan ambeien tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari dan Anda tidak perlu melakukan operasi.



penyebab ambeien


Obat dan Penanganan Ambeien Secara Alami



Untuk membantu proses penyembuhannya, kita dapat melakukan beberapa langkah mudah di bawah ini:


  • Bersihkan anus dengan arah tangan yang berbeda 

Seringkali ambeien menjadi semakin parah karena teknik kita dalam membersihkan anus, dan kalau Anda membersihkan anus dengan arah tertentu secara agresif, Anda bisa membuat ambeien Anda menjadi semakin parah dan menariknya keluar lebih banyak lagi.


Jadi kalau biasanya Anda menggunakan tangan kanan dari arah kiri ke kanan, mulailah menggunakan membersihkan dengan mengusap dari kanan ke arah kiri.


Setelah dibersihkan, cuci anus di bawah air hangat yang mengalir. Hal ini membantu menjaga kebersihan area ini dan melancarkan sirkulasi darah yang akan memasukkan ambeien kembali ke dalam.


Setelah selesai, keringkan dan olesi dengan petroleum jelly. Ini akan melubrikasi dan menjaga kelembaban are ini dan membantu penyembuhan. Anda bisa menggunakan Aquaphor atau Vaseline atau mengguanakan minyak berkualitas tinggi seperti minyak zaitun atau minyak kelapa



  • Lakukan latihan kegel  

Ini akan membantu menguatkan otot panggul Anda dan merenggangkan otot-otot di dalam anus yang akan membantu ambeien Anda kembali masuk ke dalam. Memang tidak segera, tapi biasanya dalam beberapa hari. Ini mungkin bukan jenis olahraga yang paling menyenangkan karena Anda menggunakan otot-otot ini, tapi senam kegel memiliki banyak manfaat.


Kalau Anda sudah terbiasa, rasanya tidak akan sulit.


Namun, jangan dilakukan secara berlebihan! Ketika saya menderita ambeien, saya melakukan banyak sekali latihan kegel setiap sehabis mandi dan sepanjang hari, ketika bekerja atau ketika berjalan. Di malam hari sebelum tidur, saya latihan kegel sebanyak seratus kali. Rasanya luar biasa.


obat alami ambeien

  • Buah delima dan manggis 

Kalau ambeien Anda semakin membesar dan mengakibatkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman, Anda mungkin perlu melakukan langkah-langkah lainnya. Anda bisa memanfaatkan kulit dari buah delima sebagai obat ambeien alami. Kini memang jarang orang yang menjual buah delima, padahal sesungguhnya kulit dan juga buah delima mengandung banyak sekali vitamin di dalamnya. 


Cara untuk mengolahnya pun cukup mudah. Pertama, bersihkan kulit delima, lalu rebus dengan air hingga matang. Jika sudah bergelembung dan airnya menyusut, silahkan langsung disaring dan minum selagi hangat.


Racikan ini bisa diminum oleh siapa saja dan karena merupakan ramuan herbal, obat ini tidak memiliki efek samping apa pun. 


Selain buah delima, sudah bukan rahasia lagi bahwa kulit buah manggis dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, dan saat ini banyak sekali yang menjual ekstrak buah manggis di pasaran. Namun, Anda bisa juga mengolah sendiri. Caranya sama persis seperti mengolah kulit buah delima. Dengan konsumsi ramuan ini setiap hari, niscaya ambeien Anda akan mereda.


obat alami ambeien

  • Buah cherry dan sirsak

Selain buah delima dan buah manggis, Anda juga bisa memanfaatkan buah cherry. Anda bisa mengolah buah cherry menjadi jus atau memakannya begitu saja. Cara ini juga sama sekali tidak memiliki efek samping karena Anda hanya mengonsumsi buah yang bervitamin.


Jika Anda kesulitan menemukan buah cherry, Anda juga bisa mengonsumsi buah sirsak yang lebih mudah ditemukan dan juga memiliki rasa yang enak. Dengan mengolahnya menjadi jus dan meminumnya setiap hari, dipercaya bisa membantu meredakan wasir.


obat alami ambeien

  • Kunyit 

Alternatif berikutnya merupakan bahan yang cukup sering dipakai dalam pengobatan herbal, yakni kunyit. Ada dua jenis kunyit yang bisa Anda gunakan, yakni kunyit putih dan kunyit kuning. Bahan ini sangat mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau. 


Cara mengolahnya adalah, kupas dan bersihkan kunyit, lalu parutlah kunyit tersebut dan rebus sampai matang. Saringlah air rebusannya dan minum selagi hangat. Dengan konsumsi rutin, ramuan ini bisa menyembuhkan wasir yang Anda derita tanpa memiliki efek samping dan Anda bisa mengonsumsinya dalam jangka pajang karena selain menyembuhkan ambeien, kunyit memang memiliki seribu satu manfaat baik untuk tubuh.



-


Wasir memang bukanlah penyakit yang sangatlah mengancam nyawa, namun rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya membuatnya sangat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari. 


Meski begitu, dengan pola makan seimbang dan olahraga teratur, sebenarnya penyakit ini bisa Anda hindari. Bagaimanapun juga mecegah selalu lebih baik dibanding mengobati, terlebih penyakit wasir ini merupakan penyakit yang bisa dibilang sering datang kembali setelah sembuh.


Cara-cara yang saya sebutkan di atas memang merupakan alternatif pengobatan alami untuk ambeien, namun jika wasir yang Anda alami masih saja terjadi atau bahkan semakin parah, tidak ada salahnya memeriksakannya ke dokter. Semoga bermanfaat! 


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang