Bagaimana cara menebalkan alis?

Dilihat 496 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1



Memiliki alis mata lebat dan indah merupakan impian setiap wanita untuk membuat penampilan mereka terlihat lebih cantik, berkarakter dan mempertegas riasan wajah. Memang tidak dapat dibantah bahwa salah satu daya tarik dan kunci utama penampilan seorang wanita adalah memiliki barisan alis mata yang tertata rapi, tebal dan simetris. Pada dasarnya penebalan alis yang dilakukan oleh banyak kaum wanita merupakan salah satu usaha untuk ‘menyempurnakan’ penampilan. 

Namun sayangnya terkadang penebalan alis dilakukan secara berlebihan, baik dari tingkat ketebalan maupun bentuknya yang beraneka ragam. Alih-alih menunjang penampilan, seringnya malah terlihat lucu dan menggelikan.


Lalu bagaimana cara menebalkan alis yang baik? Mengikuti tren alis yang berkembang sebenarnya sah-sah saja, namun akan jauh lebih bijak jika Anda memaksimalkan bentuk alis sebenarnya. Pada dasarnya ada cara yang efektif untuk mendapatkan alis yang tebal, yaitu dengan menggunakan bahan alami. Penggunaan bahan-bahan tradisional, seperti kelapa, lidah buaya, atau kemiri merupakan salah satu cara menebalkan alis secara alami yang dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah. Banyak wanita melakukan kesalahan dalam membentuk alisnya. Konsep yang tertanam adalah semakin tebal alis, maka semakin bagus, padahal hal itu salah besar. Oleh karenanya, tidak dapat dipungkiri beberapa orang rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan alis yang sempurna. 

Nah, pada artikel kali ini akan diulas mengenai tren alis tebal serta bagaimana cara mendapatkan alis tebal secara mudah, murah dan alami. Anda penasaran bukan? Yuk, simak ulasan berikut hingga tuntas….



Gaya Alis Tebal 


Alis tebal proporsional memang mampu memberi kesan hidup dan mempertegas bentuk wajah. Alis juga dapat menjadi sarana bagi seseorang untuk membangun karakter yang diinginkan. Saat ini, fenomena alis tebal memang sedang digandrungi wanita di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Maraknya film Korea dan Hollywood yang masuk ke Tanah air, memang membawa dampak yang signifikan dalam membentuk konsep sebuah kecantikan, salah satunya adalah trend kecantikan alis mata. Tampilan alis yang sempurna dan natural kini nampaknya telah menjadi persyaratan wajib bagi perempuan untuk tampil cantik. Selain jemari yang terampil dalam membentuk lengkungan alis yang alami, pemilihan pensil alis yang tepat turut diperhatikan.


Berdasarkan bentuknya, alis tebal dibagi menjadi dua jenis yang mempunyai ciri khas masing-masing, yaitu:


  • Gaya Alis Hollywood  - Gaya ini memiliki ciri khas melengkung ke bawah dibagian ujungnya. Lengkungan yang diaplikasikan pun berbeda, ada lengkungan yang menukik tajam namun ada juga yang menukik landai. Jika dilihat, gaya alis tebal Hollywood ini lebih terkesan alami, natural dan tidak berlebihan.

  • Gaya Alis Korea - Berbeda dengan gaya Hollywood, gaya alis Korea tidak memiliki banyak variasi, hanya tebal, datar atau lurus. Sayangnya, seringkali banyak wanita yang kurang terampil membentuk gaya alis ini, sehingga bentuk lurus dan datar yang diaplikasikan malah terkesan kaku. Bila dibentuk dengan baik dan rapi serta disesuaikan dengan bentuk wajah dan mata yang kecil, gaya alis ini akan memberikan kesan polos dan ayu.  


Tren alis tebal memang masih digemari banyak wanita, namun untuk saat ini tampilannya lebih natural. Hal lain yang harus diperhatikan saat merias alis adalah cara menebalkan alis yang harus sesuai dengan bentuk wajah dan warna rambut. Jangan terlalu tebal, dan sesuaikan bentuk wajah dengan bentuk alis, misalnya wajah yang mungil maka bentuk alisnya sebaiknya tidak terlalu besar. Adapun untuk warna alis sebaiknya tidak gelap berlebihan dan disesuaikan dengan warna rambut atau kulit.



Menebalkan Alis mata secara alami


Merias dengan kosmetik menggunakan pensil alis memang menjadi solusi cepat dan instan untuk menebalkan alis, namun tentunya memiliki resiko luntur jika terkena keringat atau air, bahkan jika tidak cocok dengan kulit dapat menimbulkan iritasi apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Selain itu, banyak wanita saat ini yang menggunakan teknik sulam alis untuk membuat alis mereka agar tampak lebih tebal untuk jangka waktu yang lebih lama. Jika pensil alis bersifat hanya sementara dan harus diaplikasikan setiap kali merias wajah, tidak demikian halnya dengan teknik sulam alis. Dengan menggunakan teknik yang satu ini Anda tidak perlu repot untuk menggambar alis mata setiap kali ber make-up. Namun tidak dapat dipungkiri biaya untuk melakukan sulam alis tergolong mahal, sehingga tidak banyak orang yang melakukannya.


Cara alami memang sangat dianjurkan untuk menebalkan alis mata karena lebih aman dan tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan dan tentunya bersahabat dengan kemampuan finansial. 

Sayangnya, masih banyak sekali orang yang tidak mengetahui dan belum memanfaatkan bahan alami sebagai salah satu cara menebalkan alis

Beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk membuat alis Anda menjadi lebih tebal dan indah adalah sebagai berikut:


  • Konsumsi makanan yang mengandung Biotin - Biotin adalah vitamin B yang biasa digunakan untuk menumbuhkan rambut, baik rambut alis ataupun rambut di kepala. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah alpukat, salmon, dan brokoli. 


  • Kurangi mencabut bulu alis - Tinggalkan pencabut alis dan biarkan alis tumbuh secara alami. Jika Anda memang ingin merapikannya, jangan berlebihan ketika mencabutnya. 
  • Pijat alis - Dengan memijat alis, sirkulasi darah akan memicu pertumbuhan rambut. Namun memang tidak bisa instan, diperlukan waktu yang cukup lama agar hasilnya bisa terlihat sempurna. 
  • Aloe vera - Lidah buaya diperkaya dengan kandungan yang serupa dengan keratin, sehingga dapat menutrisi rambut. Potong lidah buaya, oleskan gel yang mengalir dari lidah buaya pada alis. Tunggu 25 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin.
  • Susu, yoghurt dan madu - Kandungan protein dalam susu mengandung glutamine yang berkhasiat menembalkan rambut. Campurkan ketiga bahan ini, kemudian hangatkan, lalu oleskan pada alis menggunakan cottonbud atau kapas, biarkan selama 15 menit.
  • Kuning telur - Kandungan protein dalam telur diyakini dapat menebalkan alis. Kocok kuning telur, kemudian oleskan pada alis menggunakan cotton bud, diamkan selama 30 menit agar kandungan keratin dalam kuning telur bisa meresap pada pori-pori alis. 
  • Campuran minyak kelapa dan lemon - Parut kulit jeruk lemon, lalu campurkan dengan minyak kelapa secukupnya. Oleskan merata pada seluruh bagian alis. Minyak kelapa berkhasiat untuk melembabkan rambut dan pori-pori alis, sehingga rambut yang tumbuh akan lebih tebal 


  • Bawang merah - Bawang merah mengandung sulfur yang dibutuhkan untuk membantu produksi kolagen, yang memperkuat tebalnya rambut. Caranya cukup haluskan bawang merah, lalu oleskan pada alis mata. Namun untuk menggunakan bawang pada alis, Anda perlu berhati-hati. Sebaiknya ketika menggunakan bawang merah Anda berada dalam posisi berbaring. 
  • Mentega - Khasiat mentega sebagai bahan alami penumbuh dan pelebat rambut memang tidak perlu diragukan lagi. Oleskan mentega pada alis setiap pagi dan sore hari, lakukan secara rutin sampai mendapatkan ketebalan alis yang diinginkan.
  •  Minyak kemiri - Minyak kemiri sering digunakan untuk menebalkan rambut ataupun alis mata. Caranya : Sangrai biji kemiri untuk membantu mengeluarkan minyak, kemudian tumbuk. Oleskan minyak kemiri pada alis, dan biarkan hingga mengering sendiri. Sebaiknya dilakukan pada malam hari.


Itulah beberapa cara menebalkan alis secara alami yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Masih banyak berbagai bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mempertebal alis. Aplikasikan secara rutin untuk mendapatakan hasil yang maksimal. Semoga dengan menggunakan tips diatas, Anda tidak lagi ketergantungan dengan pensil alis ya ;) 

Satu hal yang perlu diingat, sesuaikan bentuk alis dengan bentuk wajah, sesuaikan warna alis yang digunakan dengan warna kulit, jadi jangan hanya sekedar mengikuti tren, Anda harus bijak dan cerdas agar penampilan sesuai dengan kepribadian dan karakter diri Anda. Alis yang ideal sejatinya harus mampu membingkai wajah dengan pas, natural dan tidak berlebihan.

Selamat mencoba!!


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang