Saya pernah mendengar Frederick Chopin sangat tidak menyukai komposisi ciptaannya sendiri. Apa alasan spesifiknya hingga ia sangat tidak menyukainya?

Dilihat 647 • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Berdasarkan orang-orang terdekatnya dan anekdot yang disebutkan orang-orang yang mengenalnya, saya tidak yakin apakah Chopin benar-benar tidak menyukai komposisi ciptaannya sendiri. Ia tidak suka menyiksa dan mengkritik diri sendiri, seperti contohnya, Tchaikovsky dulu. Chopin sangat bangga dengan musiknya yang terpublikasi, dan, layaknya banyak komposer lainnya, ia bisa beropini pedas tentang karya orang lain.


Tapi benar jika Chopin adalah seorang perfeksionis yang rapuh terhadap obsesinya pada detil-detil menit. Ia memiliki kebiasaan terpaku pada pilihan musik-musik kecil yang ia ciptakan di komposisinya, membuatnya bimbang berkali-kali. Untuk alasan ini, kadang-kadang ada sejumlah kecil perbedaan antara bentuk akhir dari bagian musik yang bervariasi -- Chopin seringkali menyiapkan cetakan komposisi lebih dari satu, karena ia sering mengirimnya ke berbagai penerbit di berbagai negara, dan sedikit perubahan muncul bahkan dari satu kopi ke kopi lainnya. Hal ini membuat sulit para editor modern dalam membuat edisi yang 'definitif' dari beberapa karya milik Chopin. Kadangkala dibuatlah asumsi bahwa versi yang terakhir disiapkan oleh Chopin adalah yang definitif; di waktu lain, editor akan memasukkannya di volumenya, dua versi atau lebih berdasarkan materi-materi yang ditinggalkan oleh sang komposer.


Sudah jelas, kalau begitu, Chopin seringkali enggan untuk melepaskan kontrol kreatif, untuk mengumumkan bahwa sebuah musik selesai dibuat. Tapi saya tak akan mengatakan bahwa ia keras pada dirinya sendiri. Dalam kedewasaannya, Chopin pernah memiliki sedikit keraguan serius tentang keahliannya dan keartisannya sendiri, dan ia sebenarnya tak pernah berhenti menciptakan lagu hingga akhir hayatnya.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang