Saya punya bentuk tubuh yang bagus tapi perut saya buncit. Bagaimana cara mengecilkan perut buncit?

Dilihat 671 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1



Berat badan ideal tapi perut buncit? Meskipun seseorang mempunyai berat badan yang tergolong ideal, namun belum tentu dapat terbebas dari perut buncit dan segala resiko penyakit yang dapat ditimbulkannya. Karena pada dasarnya tiap orang ingin mempunyai perut yang langsing serta ramping, baik itu lelaki ataupun wanita. 


Biasanya orang yang memiliki perut buncit akan lebih susah untuk beraktifitas, lebih mudah lelah, dan jangan lupa ada potensi lebih besar untuk terkena penyakit. Perut buncit disebabkan karena pola makan yang tidak sehat. Apabila Anda mengalami kondisi ini, sudah saatnya anda melakukan introspeksi diri dan rajin mencari informasi mengenai cara mengecilkan perut secara alami. 


Sebelum kita bahas bagaimana cara alami mengecilkan perut buncit bahkan pada mereka yang bertubuh ideal, ada baiknya disimak dulu apa-apa saja penyebab perut buncit itu. Sama dengan obesitas, perut buncit disebabkan asupan kalori yang berlebih. Meski makanan mempunyai nutrisi penting yang berpengaruh besar terhadap perkembangan tubuh, mengkonsumsi makanan secara berlebih juga tidak baik. Kebanyakan konsumsi junk food, gorengan, makanan yang berlemak dan bersantan dalam jumlah banyak dan terus-menerus menyebabkan penumpukan lemak dan yang paling mudah terlihat adalah di bagian perut.


Selain itu, kurangnya olahraga juga menjadi penyebab perut buncit. Salah satu cara membakar lemak di dalam tubuh adalah dengan berolahraga. Aktivitas fisik seperti olahraga justru banyak dihindari dengan alasan malas. Padahal kurangnya olahraga bisa menjadi pemicu perut membuncit gara-gara penumpukan lemak.



Cara Mengecilkan Perut Buncit


1.  Mengonsumsi Makanan Sehat


Cara mengecilkan perut secara alami dan cepat yang pertama adalah memperhatikan kalori. Jadi untuk langkah pertama dalam mengecilkan perut dengan cepat ialah membatasi asupan kalori. Jika kebutuhan kalori harian anda ialah 2200kkal, maka yang perlu anda lakukan ialah mengonsumsi dibawah kebutuhan harian Anda. Kalori yang rendah dapat ditemukan pada makanan-makanan sehat di bawah ini:


  • Green Tea

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Swiss, meminum teh hijau dapat membakar 266 kalori lebih banyak dibanding mengkonsumsi teh biasa.


  • Mentimun

Mentimun juga sangat efektif sebagai cara mengecilkan perut secara alami. Karena mentimun kaya akan serat dan juga memilki kadar air yang sangat tinggi dan memiliki kadar kalori yang cukup rendah. Air dan serat bekerja beriringan melarutkan lemak yang mengendap pada tubuh yang menyebabkan obesitas yang dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan.


  • Semangka

Semangka merupakan buah yang kaya akan kadar air. Yang dapat membantu melarutkan lemak yang mengendap pada tubuh lewat proses pembuangan. Kandungan pada semangka seperti vitamin B1, C, kalium dan magnesium juga sangat baik bagi tubuh.  Lemak yang larut akan membuat perut kita mengempis dan terhindar dari perut bincit yang sangat menggangu kesehatan dan penampilan. 


  • Alpukat

Buah alpukat kaya serat sekaligus banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dibutuhkan oleh kesehatan jantung.


  • Yoghurt

Solusi untuk mengatasi kelebihan lemak adalah mengonsumsi yaitu yogurt. Kalsium dalam yogurt berperan memecah lemak dan mencegah penimbunan. Sehingga memudahkan sisa pembuangan untuk keluar dan meningkatkan kerja usus dalam penyerapan makanan yang masuk.


  • Jeruk nipis dan lemon

Dua buah dari jenis jeruk ini sangatlah ampuh untuk mengontrol kegemukan. Konsumsi perasan jeruk ditambah dengan segelas air hangat di pagi hari akan membantu tubuh kita untuk mendetoksifikasi racun dan lemak yang menumpuk diperut. Jeruk dan lemon juga akan membantu melancarkan sulit buang air besar.


  • Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang tepat untuk kamu konsumsi di pagi hari, agar kamu menghindari ngemil pagi.


  • Pepaya dan Apel

Selain mengenyangkan, kedua buah ini juga memiliki banyak serat. Buat kamu yang mengalami sembelit dan sudah buang air besar konsumsi buah ini dalam jumlah banyak dan rutin.


  • Green Coffee

Green coffee merupakan kopi yang belum disangrai. Konon kandungan dalam biji kopi hijau memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.



2.  Olahraga


Di samping pola makan sebagai cara alami mengecilkan perut, kita juga harus melakukan olahraga seperti angkat beban, fitness, dan lainnya. Namun jika Anda tak suka dengan olahraga berat, berikut ini beberapa olahraga yang ringan untuk mengatasi perut buncit Anda :


  • Jogging



Jogging merupakan olahraga yang paling murah dan mudah dilakukan. Sedikit demi sedikit kalori yang ada di dalam tubuh anda bakal terbakar. Hingga bukanlah lemak pada perut saja yang bakal berkurang namun sisi tubuh yang lain juga akan turut berkurang serta dapat bikin tubuh anda makin ramping. Lakukan jogging 30 menit setiap hari sebelum ada konsumsi makanan yang masuk. Dengan begitu tenaga yang digunakan diambil dari cadangan lemak.


  • Bersepeda

Jika anda selama ini pergi ke kantor menggunakan mobil atau sepeda motor, cobalah untuk berganti menggunakan sepeda. Bersepeda juga menjadi olahraga yang dapat mengecilkan perut secara alami. Perlu diketahui, bersepeda kurun waktu 30 menit saja, anda udah dapat membakar lebih kurang 300 kalori.


  • Berenang

Olahraga sekaligus liburan, berenang juga dapat dilakukan sebagai olahraga untuk mengecilkan perut secara alami. Dengan berenang kamu bisa mengecilkan dan mengurangi semua lemak pada tubuh dari mulai perut, lengan tangan, dan juga paha.


  • Lompat Tali

Lompat tali merupakan olahraga yang ringan namun sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Olahraga ringan ini bisa mengecilkan lengan kaki, paha, perut dan lengan tangan karena hampir semua anggota tubuh bergerak saat olahraga lompat tali.


  • Elliptical Trainer

Elliptical trainer adalah alat kebugaran yang dapat digunakan untuk mengecilkan perut secara alami. Alat ini banyak terdapat di tempat fitness. Olahraga jenis ini cukup banyak membakar kalori, Anda dapat membakar hingga 300 kalori dalam 30 menit dengan menggunakan alat ini..



3.  Rajin Mengonsumsi Air Putih




Dianjurkan untuk minum 8 gelas setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk membantu mengecilkan perut buncit. Hal ini dikarenakan air putih dapat membantu menahan rasa lapar. Jadi minumlah air putih secara teratur


4.  Hindari stres


Jika anda benar- benar mengecilkan perut, hindafrilah stres. Karena tres bisa memicu peningkatan nafsu makan sebagai pelampiasan.


5.  Tidur teratur


Tidur adalah kegiatan yang sangat penting, karena ternyata kualitas tidur juga berpengaruh dalam penambahan berat badan jangan lupa juga istirahat yang cukup supaya kondisi tubuh Anda tetap fit dan sistem metabolisme di dalam tubuh tidak terganggu.




Itulah beberapa  cara mengecilkan perut buncit secara cepat dan alami. Semoga bermanfaat dan membantu Anda yang mengalami masalah dengan timbunan lemak di perut. Semoga bermanfaat. 


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang