Saya seorang vegetarian dan saya ingin melakukan diet yang sehat. Apa yang harus saya makan?

Dilihat 740 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dewasa ini, diet sudah menjadi gaya hidup mayoritas orang. Bukan hanya sebagai sarana pemangkas lemak, diet digunakan di dunia kesehatan seperti momen sebelum melakukan operasi, bahkan untuk mencegah timbulnya suatu penyakit. Di Indonesia sendiri, tujuan diet lebih dikenal sebagai usaha untuk menurunkan berat badan seseorang.

     

Tujuan utama dari diet memang untuk mengontrol kegemukan. Sehingga banyak macam diet yang beredar. Mulai dari diet dukan, diet paleo, diet mayo, hingga diet atkins. Masing- masing mengklaim dapat mengontrol bahkan menurunkan berat badan seseorang. Jangan bingung memilih diet yang ada, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh Anda. Dan jangan sembarangan mengadopsi diet untuk tubuh anda. Salah- salah bukan tubuh sehat yang Anda dapat, malah beresiko mendatangkan berbagai macam penyakit.


                          diet


Diet sehat adalah diet yang alami, yakni diet yang mengontrol berat badan, bukan mengurangi asupan yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat. Tips diet alami menawarkan berbagai macam pilihan dalam menu diet Anda. Salah satunya dengan menambahkan menu vegetarian seperti sayuran kaya serat, buah- buahan, dan biji- bijian. Berbagai tumbuhan dan tanaman memiliki kemampuan alami untuk memberikan kesehatan yang lebih baik.


Sebelum beranjak ke menu untuk melakukan diet, penting diketahui terlebih dahulu tips diet alami yang benar dan tepat. Dengan diet alami yang tepat, maka pembakaran lemak akan dapat berjalan optimal dan pada gilirannya dapat menurunkan berat badan tanpa harus kehilangan energi pada tubuh. 



Tips Diet Sehat dan Alami


  • Perhatikan Kalori                                                                                       

Tips diet alami yang pertama adalah memperhatikan kalori yang masuk di tubuh. Kalori adalah energi manusia yang didapatkan dari makanan. Orang orang yang agak gemuk adalah orang yang memiliki kelebihan kalori. Mereka lebih banyak menghasilkan kalori daripada membakar kalori. Untuk wanita kebanyakan, kalori yang dibutuhkan adalah 2000 kalori per hari, sedangkan laki-laki kebanyakan adalah 2500. Untuk wanita, agar bisa turun 1/2 kg, kalori yang harus dibakar kurang lebih 1500 kalori dengan estimasi waktu selama satu minggu. Sedangkan pria, 2000 kalori. Jadi, perhatikan kalori setiap makanan yang masuk ya.


  • Rajin olahraga                                                                                  

Disamping harus memperhatikan asupan makanan yang kita makan sehari-hari, tips diet alami selanjutnya adalah olahraga yang rutin dan teratur. Aktivitas tersebut  dapat membakar lemak dan kalori di dalam tubuh. Karena itu perihal yang satu ini harus benar- benar diperhatikan agar keinginan anda untuk langsing dapat menjadi kenyataan.


  • Jangan makan di malam hari                                                              
Mengontrol waktu makan juga penting. Waktu yang ideal untuk makan sore adalah setelah maghrib. Karena setelah maghrib kamu masih akan melakukan kegiatan lain. Jangan makan atau nyemul di malam hari, makanlah 4 – 6 jam sebelum tidur. Karena jika makan dan langsung terus tidur, makanan tersebut nantinya akan ditimbun menjadi lemak.

Seperti yang telah kami paparkan di atas, banyak jenis-jenis diet yang belakangan ini sedang booming. Tetapi ternyata tidak semua diet dapat Anda praktekkan. Ada di antaranya diet yang membahayakan kesehatan tubuh bahkan membahayakan nyawa Anda. Karena itu pilihlah macam diet yang sehat dan alami agar kesehatan tetap terjaga disamping perut anda menjadi langsing.  


Salah satu diet yang sudah sehat adalah diet vegetarian.  Istilah Vegetarian memiliki arti sebuah sebutan untuk mereka-mereka yang hanya makan atau mengkonsumsi makanan dari jenis tumbuhan saja. Pola makan vegetarian berarti megurangi asupan lemak dengan kolesterol serta membuat tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi dan vitamin.


                     diet vegetarian


Banyak sekali manfaat menjadi vegetarian. Dalam penelitian terbaru yang dipresentasikan dalam Food & Nutrition Conference and Expo dengan melibatkan 96.000 orang di Amerika Serikat dan Kanada, mengungkapkan bahwa selain panjang umur, penganut vegetarian umumnya lebih langsing.


Selain itu, Menjadi seorang vegetarian otomatis dapat menerapkan gaya hidup yang sehat serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang bisa dihindari adalah penyakit jantung. Menurut penelitian, risiko penganut vegetarian untuk mendapat perawatan atau meninggal akibat penyakit jantung lebih rendah 32 persen.



Menu Diet Vegetarian Berdasarkan Jenisnya


Sebelum beranjak pada menu vegetarian, berikut dipaparkan terlebih dahulu macam-macam tipe dari Vegetarian ;

  • Strict Vegatarians - Vegan merupakan jenis vegetarian yang paling ketat soal pemilihan makanan. Vegan menghindari segala jenis makanan yang berasal dari hewan, baik daging, unggas, ikan, telur , produk susu dan telur.
  •  Lacto Vegetarians – Hampir sama dengan vegan, lacto vegetarian juga tidak mengkonsumsi produk hewani, namun mereka minum susu dan semua produknya
  • Ovo Vegetarians - Kalau lacto vegetarian masih bisa mengkonsumsi susu dan produk olahannya, ovo vegetarian masih dapat mengkonsumsi telur.
  • Lacto-Ovo -Vegetarians - pantang mengonsumsi produk-produk hewani, Namun mereka masih mau mengkonsumsi produk susu dan telur
  • Pesco Vegetarians - Orang yang tidak mengkonsumsi produk hewani, namun masih boleh mengkonsumsi ikan dan produk olahannya produk susu, dan telur bersamaan dengan makan nabati. (Kami mempercayai ini adalah diet yang paling sehat bagi kebanyakan orang).
  • Semi Vegetarians - tipe vegetarian yang bisa dibilang vegetariannya setengah-setengah. mereka mengonsumsi makanan dari tumbuhan, namun masih mengonsumsi daging, produk susu, telur, unggas, dan ikan pada sesekali atau dalam jumlah yang sedikit.

Sekarang pertanyaan nya adalah, apa tipe/jenis vegetarian anda ? Itu akan menentukan menu vegetarian untuk anda:

  •  Jika anda seorang semi-vegetarian, maka anda hanya harus melakukannya dengan baik. Anda bisa memperoleh protein dari telur, produk susu, kacang-kacangan, dan olahan ikan.
  •  Jika anda seorang lacto/pesco vegetarian, anda hanya dapat memperoleh protein dari telur dan produk susu.
  • Tetapi jika anda seorang strict vegetarian dan tidak mau mempertimbangkan untuk makan telur dan ikan , anda dapat mengkonsumsi produk kedelai untuk menggantikan daging sebagai sumber protein hewani anda, diantaranya adalah tahu, tempe, kacang edamame, dan saus tamari.



Makanan Diet Sehat ala Vegetarian


Dari beberapa macam jenis menu vegetarian di atas, tentunya tidak semua jenis vegetarian berdampak baik. karena jika menerapkan program diet Vegetarian, maka harus benar- benar memperhatikan asupan nutrisi yang tidak didapat di dalam produk hewani. Karena jika tidak diperhatikan dengan baik, ada risiko dapat menyebabkan kekurangan beberapa asupan nutrisi yang penting untuk fungsi normal tubuh.


Namun jika diperhatikan dengan baik, seorang Vegetarian dapat memperoleh beragam zat gizi yang diperlukan tubuh, meski tidak menyertakan produk hewani. Berikut menu sehat vegetarian yang harus disertakan dalam diet vegetarian: 


  • Sayuran dan Buah-buahan                                                                     

Sayuran dan buah- buahan merupakan bagian penting dari jenis makanan vegetarian. Mengapa karena jenis sayuran dan buah memiliki kandungan protein, vitamin dan zat yang diperlukan oleh tubuh yang lainnya namun tidak menghasilkan lemak. Sehingga hal ini manfaatnya jika Anda konsumsi adalah Anda akan terhindar dari resiko penyakit berbahaya yang seringkali timbul dari adanya lemak jahat dalam tubuh seperti bahaya obesitas, struk, hingga jantung.


  • Biji-bijian                                                                                                  

Makanan ini merupakan sumber karbohidrat untuk vegetarian. Biji-bijian juga mengandung mineral, seperti seng, tembaga, dan besi. Makanan yang mengandung biji-bijian misalnya oat, roti gandum, pasta, beras merah, dan quinoa.


  • Kacang-kacangan                                                                                  

Program diet apapun pasti membutuhkan yang namanya protein. Makanan yang kaya akan kandungan protein salah satunya adalah kacang-kacangan.


  • Telur dan susu                                                                                        

Seperti yang Anda tahu jika kalsium berguna untuk pertumbuhan tulang dan juga gigi. Nutrisi tersebut didapat dari susu dan telur. Kalau Anda merupakan tipe vegetarian jenis vegan, Anda bisa mengonsumsi makanan untuk vegetarian dari kedelai berupa tempe maupun tahu. Sehingga Anda tak perlu bergantung pada susu maupun keju untuk memenuhi nutrisi kalsium Anda.



Itulah beberapa makanan diet sehat untuk para vegetarian. Selain untuk kebutuhan berdiet, para vegetarian juga sebaiknya tak mengabaikan nutrisi-nutrisi untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang