Saya sering mendapatkan sariawan, apa alasan untuk itu?

Dilihat 254 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Penyebab kebanyakan sariawan-sariawan kecil,  tunggal disebabkan oleh rusaknya mulut,  misalnya dengan tidak sengaja menggigit bagian dalam pipi anda saat anda sedang makan atau dari gigi yang tajam,  makanan atau pengisian. Luka ini biasanya akan sembuh dalam satu atau dua minggu dan tidak menunjukkan masalah yang serius. Penyebab sariawan yang terus datang kembali tidak selalu jelas. Diperkirakan bahwa gen anda dapat membuat anda lebih mungkin untuk mengembangkan bisul mulut sebagai akibat dari pemicu tertentu,  seperti sekitar 40% dari orang yang telah sariawan berulang melaporkan bahwa ia seperti keluarga mereka. 


Beberapa faktor yang dapat memicu sariawan berulang meliputi stres dan kecemasan,  beberapa wanita mengalami sariawan selama waktu bulanan mereka makan makanan tertentu seperti coklat,  kopi,  kacang tanah,  almond,  stroberi,  keju,  tomat,  dan gandum empat adiktif pasta gigi. Telah disarankan bahwa adiktif natrium lauril sulfat,  ditemukan di beberapa pasta gigi,  dapat menyebabkan atau memperburuk sariawan pada beberapa orang yang berhenti merokok,  ketika anda pertama kali berhenti merokok,  anda mungkin menemukan anda mengembangkan sariawan (sebagai hasil dari tubuh anda mengalami perubahan zat kimia dalam tubuh anda) jika anda mencoba untuk berhenti merokok,  jangan menundanya jika anda mengalami sariawan. Ingat bahwa sariawan bersifat sementara,  dan manfaat kesehatan jangka panjang tidak merokok jauh lebih besar dari ketidaknyamanan jangka pendek dari bisul. Baca lebih lanjut tentang berhenti merokok. 


kondisi medis dalam beberapa kasus,  sariawan berulang dapat terjadi karena kondisi medis yang mendasari seperti: 

  • infeksi virus,  termasuk sakit virus dingin (herpes simplex) pada tangan,  kaki dan mulut dan penyakit cacar,  kekurangan vitamin B12 yang menyebabkan tubuh memproduksi sel-sel darah merah dalam jumlah besar yang tidak normal yang tidak berfungsi dengan baik,  kekurangan dapat menyebabkan pengurangan jumlah oksigen menyebabkan organ anda dan penyakit celiac. 
  • Kondisi pencernaan yang umum di mana seseorang memiliki reaksi yang merugikan penyakit glutencrohn,  sebuah kondisi jangka panjang yang menyebabkan peradangan pada selaput sistem percernaan arthritis reaktif. 
  • Kondisi yang menyebabkan peradangan di berbagai tempat di dalam tubuh,  biasanya sebagai reaksi terhadap infeksi linchen planus.
  • Non infeksi,  ruam gatal yang dapat mempengaruhi banyak bidang penyakit tubuh Behcet.
  • Kondisi langka dan buruk yang bisa dimengerti yang menyebabkan peradangan pembuluh darah yang kekurangan imun.
  • Ketika sistem kekebalan tubuh diserang atau ditekan,  misalnya dalam keadaan bisul mulut penderita HIV kadang-kadang bisa disebabkan oleh obat yang anda ambil atau pengobatan yang anda alami,  seperti: pengobatan inflamatori anti steroid (NSAID). Seperti ibuprofen dan aspirin Nicorandil
  • Obat kadang-kadang digunakan untuk mengobati mangina beta-blockers. Obat yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi yang mempengaruhi aliran jantung dan darah,  seperti angina,  tekanan darah tinggi dan jantung abnormal dikuasai oleh ritme kemoterapi dan radioterapi.
  • Dua perawatan kanker yang umum anda mungkin menyadari bahwa anda mulai mendapatkan luka mulut ketika anda memulai perawatan anda,  atau ketika dosis anda ditingkatkan. 
Berbicaralah dengan dokter atau tim perawat jika anda berpikir pengobatan anda menyebabkan luka mulut anda. Anda mungkin dapat mengambil alternatif obat atau anda mungkin akan ditawarkan obat untuk mengobati luka sampai anda menyelesaikan kursus pengobatan anda. Mungkinkah itu kanker mulut? Pada beberapa kasus,  sariawan yang tahan lama dapat menjadi kanker mulut. Luka yang disebabkan oleh kanker mulut biasanya muncul di atas atau di bawah lidah,  meskipun mereka dapat muncul di tempat lain di mulut. Anda lebih beresiko mengembangkan kanker mulut jika anda laki-laki,  berusia lebih dari 45 tahun dan anda merokok atau minum minuman keras. 


Jika kanker mulut terdeteksi sejak dini,  kemungkinan pemulihan lengkap akan baik. Inilah sebabnya mengapa selalu penting untuk pengecekan rutin dengan dokter gigi anda. Mereka dapat melaksanakan evaluasi menyeluruh terhadap gigi dan mulut,  dan akan mengetahui tempat tanda-tanda kemungkinan kanker mulut. Hal ini masih lebih baik berkonsultasi dengan dokter anda sebelum anda menyimpulkannya. 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang