Apa sajakah tanda-tanda kehamilan yang paling umum?

Dilihat 1,05 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kehamilan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu dan mendebarkan terutama oleh pasangan yang baru menikah. Ada banyak hal yang menandakan terjadinya sebuah kehamilan baik itu berupa mitos ataupun tanda-tanda yang didukung oleh temuan-temuan riset ilmiah. 


Di masyarakat kita, yang paling sering dijadikan pertanda seorang wanita tengah mengalami hamil muda antara lain mual-mual, wajah kelihatan pucat dan beberapa tanda lagi.


Namun demikian, kemajuan teknologi telah mempermudah kita untuk mengetahui dengan tingkat akurasi tinggi yaitu menggunakan test pack. Caranya cukup mudah yakni mencelupkan tes pack tersebut ke air seni. Apabila muncul dua garis berarti hamil, semudah itu. 


Pengaruh hormon pada saat kehamilan muda membuat seorang wanita mudah berliur dan inilah yang menjadi alasan mengapa banyak wanita yang hamil muda sangat menginginkan makanan-makanan masam terutama buah yang masih muda. 


Tanda-tanda hamil memang perlu dikenali secara akurat karena beberapa gangguan kesehatan terkadang memiliki tanda-tanda yang sama. Perubahan hormon menjadi penyebab utama mengapa seseorang yang sedang mengalami fase awal kehamilan mudah berliur. Ada pula beberapa gejala lain yang menunjukkan bahwa seorang wanita tengah hamil muda. 


Namun demikian tidak semua wanita merasakan gejala awal ini, ada pula yang baru mengalam gejala-gejala ketika kehamilannya sudah memasuki periode trimester kedua atau ketiga. Baiklah, coba kita pahami lebih lanjut ciri hamil muda.  


hamil muda 1

Morning Sickness


Morning sickness adalah istilah untuk muntah dan mual yang dialami oleh sebagian besar wanita yang sedang mengalami hamil muda. Meski istilahnya demikian, pada kenyataannya mual dan muntah sebagai ciri hamil muda ini bisa terjadi kapan saja, jadi tidak melulu di pagi hari sehingga mempengaruhi aktivitas atau rutinitas wanita. 


Lalu bagaimana morning sickness ini bisa terjadi? Jawabannya adalah adanya perubahan hormon yang berlangsung selama tiga bulan pertama. 


Biasanya morning sickness kerap dialami oleh mereka yang sedang hamil anak pertama, pernah mengalami morning sickness sebelumnya, mengandung anak kembar, memiliki riwayat mual akibat alat kontrasepsi yang mengandung estrogen dan riwayat mabuk kendaraan. Untuk itu, jika terjadi demikian segera periksa ke dokter atau bidan untuk memastikan apakah yang bersangkutan sedang hamil muda atau disebabkan oleh gejala-gejala lain.  


Lalu bagaimana penanganannya? 


Morning sickness bisa diatasi dengan meminum cukup air dan juga memperhatikan asupan gizi terutama vitamin dan mineral. Sebenarnya ini tidak terlalu perlu dikhawatirkan, jadi pengetahuan yang baik tentang morning sickness sebagai tanda-tanda hamil dan gejala-gejala awal kehamilan terutama buat mereka yang menginginkannya seharusnya bisa membantu menenangkan secara psikologis.  


hamil muda 2
 

Telat Haid 10 Hari Lebih


Seorang teman pernah mengeluh bahwa siklus menstruasinya mengalami keterlambatan sudah 10 hari lebih dan curiga apakah dirinya sedang hamil. Sebenarnya salah satu tanda umum seseorang hamil itu adalah berhentinya siklus haid di mana sel telur telah mengalami pembuahan. 


Namun demikian, ada beberapa wanita yang memang mengalami gangguan menstruasi sehingga siklusnya berjalan tidak teratur.


Untuk memastikan kehamilannya maka disarankan melakukan pemeriksaan sendiri atau mendatangi bidan atau dokter terdekat. Hal ini akan memberikan informasi yang lebih akurat apakah seorang wanita sedang hamil atau tidak. Jadi, memang telat haid termasuk tanda-tanda hamil tetapi tidak selalu demikian.  


hamil muda 3 

Tanda Umum Kehamilan


Ciri hamil muda yang umum ditemukan antara lain yang pertama adalah siklus haid terhenti. Itulah mengapa umur kehamilan ditentukan sejak hari pertama haid terakhir dan oleh karenanya terhentinya siklus haid ini memastikan seorang wanita sedang hamil. 


Selanjutnya adalah timbul bercak darah akibat pendarahan ringan yang menandakan sel telur telah dibuahi dan menempel pada rahim dalam kurun 6-12 hari setelah pembuahan. Istilah kedokterannya sedang terjadi implantasi. 


Beberapa wanita mendapati keluaran cairan dari vagina pada tahap-tahap awal kehamilannya. Ini disebabkan oleh dinding vagina yang menebal namun pada beberapa kasus, keluaran cairan ini bisa berlangsung selama proses kehamilan. Selanjutnya tanda yang juga umum adalah payudara melunak dan kulit puting menjadi lebih gelap daripada sebelumnya. 


Tanda-tanda hamil selanjutnya adalah seorang wanita menjadi mudah lelah pada tahap awal kehamilannya. Hal ini berkaitan dengan proses implantasi yang sedang terjadi di dalam rahim di mana banyak asupan gizi yang juga dibutuhkan. Oleh karena itu sebaiknya seorang wanita di masa awal kehamilannya mengonsumsi makanan bergizi secara berlebih. 


Di samping lelah, wanita yang sedang hamil juga mengalami mual dan muntah. Ini merupakan ciri dari kehamilan muda yang paling banyak ditengarai oleh masyarakat kita. Mual bisa dirasakan sejak usia kehamilan dua minggu hingga delapan minggu.  


hamil muda 4


Sebagian wanita yang sedang hamil muda menjadi lebih sensitif terhadap aroma tertentu. Inilah yang kemudian menyebabkan dirinya mual. Selanjutnya, seorang wanita yang tengah hamil juga mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil akibat perubahan hormon di dalam tubuh. 


Beberapa wanita juga mengalami sakit kepala dan konstipasi yang berkaitan dengan gejala-gejala kehamilan. Namun jika masih khawatir saat mengalami gejala-gejala ini sebaiknya langsung hubungi dokter terdekat.  


Wanita yang sedang hamil sering mengalami perubahan mood alias labil. Ini 

sekali lagi berkaitan dengan perubahan hormon. Nafsu makan juga meningkat selama periode kehamilannya dan tak jarang pula seorang wanita yang tengah hamil muda sering mengalami sakit pada bagian punggung bawah, nafas menjadi pendek akibat peningkatan kebutuhan oksigen di dalam tubuh, suhu tubuh meningkat, dan terjadinya kenaikan berat badan yang signifikan. 


Apabila Anda mengalami tanda-tanda awal kehamilan di atas sebaiknya tidak terlalu panik. Bisa jadi memang Anda sedang mengalami ciri hamil muda. 


Cobalah lakukan beberapa tes sederhana menggunakan alat yang bisa didapatkan di apotek, bidan atau dokter. Tes kehamilan sejauh ini menunjukkan akurasi yang cukup bagus untuk menentukan apakah seseorang sedang hamil atau tidak.  

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang