Sebagai pengantin yang modern, apakah anda akan membeli gaun pengantin anda secara online?

Dilihat 548 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Upacara pernikahan merupakan momen yang sangat spesial di mana dua insan ciptaan Tuhan akan bersatu dan bersama memulai kehidupan baru dalam bahtera pernikahan. Di hari yang begitu istimewa, tentunya Anda menginginkan semuanya berjalan sempurna dan hal ini tak luput dari gaun pernikahan yang akan Anda kenakan. Baju pengantin modern sangatlah beragam, ada orang yang memilih mengenakan gaun, namun ada juga tetap menjaga adat dan budaya tradisional dan memilih untuk mengenakan kebaya pernikahan. Variasi yang beragam dan juga teknik kerumitan proses pembuatannya membuat harga gaun ataupun kebaya pengantin sangat beragam. Dari material, penggunaan batu-batu cantik untuk hiasan, tak lupa brokat-brokat yang halus dan indah sangat mempengaruhi harga dari sebuah baju pengantin modern.




Karena mahalnya harga kebaya pernikahan di masa kini, banyak orang yang lebih memilih menyewa atau bahkan memberli alternatif lain yang jauh lebih murah, yakni dengan membelinya secara online. Banyak sekali gaun-gaun cantik yang dijual secara online dengan harga yang murah, bahkan tak jarang harganya sulit dipercaya karena sebegitu murahnya. Namun, apakah membeli gaun pernikahan untuk hari istimewa Anda merupakan pilihan yang bijak? Sebagai konsultan pengantin, saya tidak akan pernah merekomendasikan untuk membeli gaun pengantin secara online.


Di bawah ini saya akan menjelaskan mengapa sebaiknya Anda tidak membeli gaun pernikahan secara online.


Alasan Untuk Tidak Membeli Baju Pengantin Secara Online


Di era modern ini, hanya dengan ponsel pintar atau laptop, Anda sudah bisa menyelesaikan banyak hal mulai dari transaksi bank, hingga berbelanja. Online shopping memang semakin marak belakangan ini. Dengan harga yang cenderung lebih murah dibanding dengan membeli secara langsung di toko, ditambah lagi dengan penawaran diskon dan juga gratis ongkos pengiriman, hal ini tentunya menarik minat banyak orang. Tak perlu harus repot-repot keluar rumah dan menghadapi macetnya lalu lintas, Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan. Namun, bukan berarti Anda bisa membeli segala sesuatu secara online dan harga yang murah, dengan ekspektasi barang yang sempurna. Pada banyak kasus, barang yang dipesan online, ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkan pembeli.




Gambar pada katalog yang dipasang oleh toko-toko online memang sangatlah menarik, namun tak jarang gambar tersebut merupakan gambar yang diambil dari sumber online dan digunakan tanpa izin. Biasanya toko-toko online tak bertanggung jawab tersebut akan memakai gambar dari selebriti atau mungkin selebgram, bahkan secara langsung menggunakan gambar yang diambil dari katalog brand-brand terkenal. Karena gambarnya saja sudah palsu, tentunya barang yang tiba di tangan Anda nanti pada akhirnya tidak sesuai dengan gambar yang Anda lihat.


Pada awalnya, gaun pengantin memang identik dengan warna putih, namun di masa kini baju pengantin modern tak hanya melulu berwarna putih. Tak jarang orang mengenakan kebaya pengantin dengan warna-warna seperti pink, hijau pupus, emas, dan lain-lain. Ketika Anda memilih gaun pengantin, tanpa bisa mencoba maupun menyentuhnya, itu merupakan sebuah taruhan untuk hari istimewa Anda. Alasannya adalah, Anda tidak dapat memastikan jenis kualitas seperti apa yang anda beli. Belum lagi, jika Anda memilih gaun pengantin yang bukan berwarna putih, efek pencahayaan dan teknik pengambilan gambar sangat mempengaruhi warna yang Anda lihat dalam katalog dan besar kemungkinan ketika gaun tersebut tiba di tangan Anda, warnanya tidak sesuai perkiraan Anda.


Karena Anda tidak akan bisa mencoba gaun yang Anda pesan sampai gaun tersebut tiba di tangan Anda, bisa jadi ukuran yang Anda pesan tidak pas dengna tubuh Anda dan malah akhirnya Anda harus melakukan vermak pada gaun pengantin Anda. Meski memang biasanya ada tabel mengenai ukuran yang digunakan oleh toko online untuk gaun yang mereka jual, tetap saja gaun yang dimanufaktur secara banyak memiliki tingkat kepasan yang berbeda dengna gaun yang memang dibuat khusus untuk Anda dengan ukuran tubuh Anda yang benar. Belum lagi, bentuk tubuh Anda dan model atau manekin yang ada di dalam gambar bisa sangat berbeda. Sebuah gaun dengan model tertentu bisa terlihat sangat cantik pada model, namun ternyata saat Anda mengenakannya, gaun tersebut terlihat menyedihkan.


Selain alasan di atas, Anda juga perlu berhati-hati dengan resiko barang yang hilang atau tidak sampai sama sekali di tangan Anda. Ketika Anda memesan gaun Anda secara online, terlebih toko online internasional, Anda harus berhati-hati dengan metode pengiriman barang yang digunakan oleh penjual. Karena selain memakan waktu yang lama, bisa saja barang Anda hilang saat proses pengiriman. Meski banyak toko yang menawarkan pengembalian uang seratus persen jika barang tersebut hilang, ada juga toko yang tidak mau menanggung barang yang hilang saat pengiriman. Jika seperti itu, Anda malah hanya akan kehilangan uang Anda untuk hal yang sia-sia. Seandainya pun uang tersebut kembali, Anda juga sudah membuang-buang waktu Anda dengan menunggu gaun pengantin impian Anda yang tak kunjung datang.




Saya sudah melihat berbagai pengantin yang lagi dan lagi memesan gaun yang terlihat sangat bagus dalam gambar, tetapi ketika mereka mendapatkannya, gambar yang mereka sukai itu hanya merupakan ingatan sedih dan gaun yang ada pada tangan mereka itu dibuat dengan sangat buruk. Bekerja di butik dengan seorang konsultan tidak hanya memastikan kualitas tinggi dari produk, tetapi juga akan membantu Anda untuk membayangkan gaya seperti apa yang bagus dan sesuai dengan Anda dan akan membuat Anda menjadi orang yang paling bahagia. Anda tidak dapat mengetahui seperti apa gaun itu sebelum Anda mencobanya. Bahkan di butik, ada banyak pengantin yang datang kepada saya dengan satu ide gaun pengantin yang terlihat sangat bagus pada mereka dan pergi dengan ide yang benar-benar sebaliknya, itu dikarenakan mereka tidak dapat membayangkan berbagai gaya pada tubuh mereka. Selain itu, jika tiba-tiba saja Anda mengalami penurunan berat badan atau mungkin penambahan berat badan yang mengharuskan Anda untuk mengubah sedikit ukuran pada gaun pernikahan Anda, butik biasanya akan dengan senang hati membantu proses tersebut. Terlebih lagi, jika Anda memang memesan gaun Anda secara langsung pada penjahit gaun pernikahan.


Disamping dari alasan praktis, saya rasa berbelanja gaun pengantin di butik merupakan pengalaman yang spesial dan berarti. Berbelanja gaun pengantin sembari berbelanja tuksedo untuk pasangan Anda merupakan hal yang patut Anda nikmati dalam proses perencanaan pernikahan Anda. Anda bisa meminta pendapat dari pasangan Anda ketika Anda mencoba gaun pernikahan Anda. Tak hanya dari pasangan, Anda juga bisa mendapatkan pendapat dari orang tua, sahabat, dan juga keluarga lainnya yang turut menemani Anda ke butik. Hal ini merupakan momen menyenangkan yang membuat pernikahan mulai terasa asli. Nikmati setiap momen dari pengalaman pernikahan, dan biarkan diri Anda menikmati waktu ini dengan keluarga dan teman-teman Anda! Semoga bermanfaat!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang