Bagaimana cara mengatasi rasa takut setelah menonton film horor?

Dilihat 920 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1



Jika berbicara mengenai film horor, entah mengapa saya sangat tertarik untuk membahasnya. Saya sendiri adalah seorang penikmat dan pecinta film horor. Jika ada jadwal film terbaru di bioskop, yang pertama saya perhatikan adalah film horor. Entah mengapa, bagi saya pribadi ketika menyaksikan film horor, timbul sensasi tersendiri yang tidak bisa saya temukan pada jenis-jenis film lainnya. Rasa takut dan penasaran bercampur menjadi satu. Saya sendiri pun sebenarnya adalah seorang yang penakut. 


Ketika menyaksikan film horor, biasanya tangan saya akan sesekali menutupi muka, hal itu sering saya lakukan sebagai cara mengilangkan rasa takut yang mendera. Dan jujur saja jika banyak adegan yang mengejutkan, saya bisa menjerit ;) 


Namun, semua itu tidak membuat saya kapok untuk terus menonton film horor terbaru. Saya anggap itu adalah sensasi yang mengasyikkan ;)


Berbicara mengenai rasa takut, saya yakin hampir setiap orang pasti pernah merasakannya. Seringkali seusai menyaksikan film bergenre hantu ini, mata tidak bisa terpejam ketika tidur, merasa takut bila di kamar seorang diri, atau yang lebih parahnya lagi saya sampai-sampai tidak berani ke kamar kecil sendirian.


Saya rasa semua hal tersebut wajar-wajar saja ya selama tidak berlebihan, karena saya pun dulu merasakan hal yang sama, seringkali seperti merasa dihantui oleh hantu-hantu dalam film tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu saya mencoba untuk mengikis rasa takut itu perlahan-lahan. Bahwa masih terselip rasa takut ketika menontonnya, iya memang. 


Tetapi tidak lagi seperti anak-anak yang harus ditemani ketika tidur atau ketika ke kamar kecil. Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa takut yang kerap mendera dan terus menghantui bahkan setelah film usai? 

Nah, berikut ini saya akan berbagi beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda nih yang masih takut tidur sendiri seusai nonton film horror ;) Check this out ya…




Melawan Rasa Takut




Setiap orang pasti memiliki rasa takut atau ketakutan dalam dirinya. Ada yang takut dengan binatang berbulu, takut dengan ketinggian, takut dengan ruang tertutup, bahkan salah satu teman saya merasa takut ketika melihat bunga. Merasa takut adalah hal yang sangat wajar, namun perlu diwaspadai ketika rasa takut tersebut mengganggu kehidupan Anda sehari-hari. 


Latar belakang rasa takut yang timbul secara berlebihan pada setiap orang bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena trauma terhadap sesuatu, mengalami kejadian yang tidak menyenangkan, sering ditakut-takuti ketika kecil atau memang karena mengidap phobia tertentu. 


Saya pribadi, mungkin termasuk golongan orang yang memiliki ketakutan berlebih terhadap hantu/setan. Entah mengapa, dulu saya tidak memiliki keberanian tidur seorang diri di kamar, ketika terbangun di malam hari dan ingin ke kamar kecil pun harus ada yang menemani. Jangankan menonton film hantu, mendengar nama hantu pun rasanya bulu ini sudah bergidik.


Lain dulu, lain sekarang ;)


Saat ini tidaklah sama. I’m not the person who I used to be. Tetapi tentunya untuk menjadi seseorang seperti sekarang, menjadi seseorang yang justru menjadi penggemar film horror  bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan perjuangan dan usaha ekstra melawan ‘hantu-hantu’ yang menghantui pikiran saya ;) 


Bagaimana caranya ya? 


Berdoa dan tidak membiarkan rasa takut menguasai diri Anda. 

Yup! Itulah hal pertama yang benar-benar saya tekankan pada diri saya sebagai cara menghilangkan rasa takut yang kerap berlebihan. Anda harus meyakinkan diri Anda, bahwa rasa takut itu muncul sebagai akibat permainan pikiran diri Anda sendiri. Tidak ada hantu atau setan yang dengan bentuk aslinya akan tiba-tiba menyergap dan menyakiti Anda. Anda harus menguasai dan mengendalikan diri Anda, bukan Anda yang dikendalikan oleh pikiran Anda. Meskipun pada awalnya tidak mudah, Anda harus melawan dan menghadapi semua rasa takut tersebut. Dengan melakukan hal itu, Anda tidak akan membuka dan memberikan peluang sekecil apapun untuk membiarkan rasa takut menyelimuti diri Anda.


Pada awalnya saya membiarkan diri saya didera rasa takut yang berlebihan, saya lawan semua itu. Saya beranikan diri untuk tidur seorang diri, ketika terbangun di malam hari saya beranikan diri untuk pergi ke kamar kecil sendiri, saya pun memberanikan diri untuk menonton film-film berjenis hantu yang selama ini sungguh saya hindari. 

Dengan semakin seringnya melakukan hal tersebut, perlahan-lahan diri saya menjadi terbiasa untuk melawan semua pikiran-pikiran buruk tentang hantu yang kerap mengganggu. Tak bisa dipungkiri, memang sangat sulit, namun saya yakin bahwa saya pasti bisa melakukannya.


Seperti yang telah saya sebutkan di atas, berdoa merupakan kunci utama yang kerap saya lakukan ketika rasa takut mendera. Dengan berdoa, saya mencoba menanamkan pikiran-pikiran yang positif kedalam diri saya, alih-alih memikirkan hantu, melalui doa banyak hal lain yang melintas di dalam benak. 


Saya yakin, ketakutan yang berlebih terhadap hantu hanyalah perasaan yang kita timbulkan sendiri, dengan semakin seringnya memasukkan hal-hal positif kedalam pikiran kita, maka hal-hal yang tidak penting pun akan tergeser dengan sendirinya, termasuk pikiran tentang hantu. 

Selain itu, salah satu cara menghilangkan rasa takut yang saya lakukan adalah ketika menanamkan sugesti positif tersebut, seringkali saya melakukannya sambil menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan-lahan. Tanamkan kepercayaan dalam diri Anda bahwa Anda berani menghadapinya. 




Cara Mengatasi Rasa Takut


Harus diakui, adegan-adegan dalam film horror sering membuat kita terkejut, kaget, berteriak ketakutan dan bahkan sering membuat kita terbayang-bayang hingga pulang ke rumah. Seramnya jalan cerita didukung oleh efek suara yang mencekam benar-benar dapat membuat penonton ketakutan. Sebut saja film-film hantu terbaik seperti The Conjuring, The Ring, The Exorcist, The Amityville, The Omen dan masih banyak lagi, merupakan film-film yang sukses membuat penonton terbayang-bayang bahkan setelah film usai.

 


 

Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengatasi rasa takut ketika menyaksikan film horror, ada yang menutup muka sepanjang film dimainkan, ada yang justru enggan membahasnya ketika film usai, atau bahkan ada yang memakai earphone agar tidak mendengar dentuman suara yang mencekam ;) 


Lucu-lucu, ya? Nah, berikut ini akan saya beritahu bagaimana cara mengatasi rasa takut yang sering menggelayuti pikiran seusai menyaksikan film horor. Monggo disimak yaa…


  • Sebuah Film tidaklah nyata – Hal pertama yang harus Anda ingat adalah ‘’itu hanyalah sebuah film’’. Seberapapun mencekam dan meyakinkan sebuah film horror, tetap saja itu hanyalah sebuah film yang terdapat unsur rekayasa disana-sini. Kalaupun terdapat film horror yang diadaptasi dari kisah nyata, cobalah untuk tidak terlalu percaya dan menelan bulat-bulat informasi yang Anda dapatkan. Film apapun, termasuk film horror adalah salah satu sarana untuk menghibur, jadi jangan terlalu dimasukkan ke dalam hati dan pikiran. Anda harus ingat, banyak adegan di dalamnya menggunakan efek teknologi dan rekaan para pelaku industri film, sehingga seolah-olah terlihat begitu mencekam. 


  • Miliki informasi dan gambaran yang cukup mengenai film horror apa yang akan anda tonton. Mengapa? Karena jika Anda adalah orang yang penakut, lalu menonton film hantu tanpa mengetahui resensi ceritanya terlebih dahulu, maka pikiran Anda tidak memiliki persiapan untuk menerima adegan yang ada didalamnya, anda akan mudah percaya dengan jalan cerita film tersebut. Oleh karenanya selektif dalam memilih film dan carilah info terlebih dahulu mengenai film yang akan Anda tonton.


  • Jika Anda adalah orang yang penakut, jangan pernah menonton film horror seorang diri. Ajaklah teman, sahabat atau keluarga untuk menemani.


  • Hindari menonton film horror saat tengah malam 


  • Hindari kegelapan – Agar Anda tidak terbawa suasana film horror yang gelap dan mencekam , ketika tiba di rumah, maka ada baiknya ketika tidur, di dalam kamar mandi atau diruang manapun Anda berada, diberi penerangan yang cukup. Ketika Anda tidur, Anda bisa tetap membiarkan lampu menyala untuk sementara waktu. 


  • Agar pikiran Anda tidak terlalu terpaku pada hal-hal yang menakutkan, maka Anda harus mengalihkan perhatian Anda pada hal-hal lain yang menghibur. Contoh: Anda dapat mendengarkan musik, bersenandung, bernyanyi, menonton video lucu, mencari berita-berita yang seru dan sebagainya. Intinya, alihkan perhatian Anda pada sesuatu yang menghibur dan menyenangkan. 


  • Cobalah untuk memikirkan hal positif dari film yang baru saja Anda saksikan. Jangan terpaku hanya pada adegan yang menegangkan saja, namun Anda harus belajar untuk mencari celah positif yang dapat Anda petik dari film tersebut. 

Itulah beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk mengurangi rasa takut yang mendera. Cobalah untuk melawannya perlahan-lahan, dan berpikirlah secara logis dan rasional, jangan terlalu terbawa perasaan dan cepat merasa emosional sehingga membuat ketakutan Anda menjadi tidak karuan. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tidak lagi memiliki rasa takut yang berlebihan ya, dan siapa tahu justru Anda dapat menjadi sutradara ternama spesialis pembuat film horror. Who knows... ;)


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang