Sebagus apa sepeda lipat jika digunakan untuk touring jarak jauh?

Dilihat 16,6 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sepeda lipat selama ini lebih dikenal sebagai sepeda untuk penggunaan di perkotaan. Namun pendapat tersebut tidak  sepenuhnya benar. Sepeda lipat atau yang sering disebut ‘seli’ juga dapat digunakan untuk menempuh perjalanan jauh atau touring yang telah populer dilakukan oleh banyak penggemar seli di luar negeri.  Namun tentunya spek sepeda tersebut harus mumpuni, mulai dari kestabilan hingga sistem lipat yang dimilikinya.


sepeda lipat

Jangan tertipu, meskipun sepeda lipat memiliki roda kecil namun jika dirancang dengan tepat, akan dapat dikendarai dengan baik. Roda dengan ukuran 20" memiliki rekor kecepatan dunia untuk jenis sepeda dengan posisi dudukan tegak.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan disiapkan sebelum melakukan touring dengan Seli.  Apa saja ?  Simak penjelasannya



Sepeda Lipat Untuk Touring


Terdapat 7 hal yang harus diperhatikan seseorang  dalam sepeda yang akan digunakan untuk touring, yaitu :

  • Stability (Kestabilan dalam berkendara).

Sistem suspensi (susunan komponen) yang baik yang dimiliki sebuah sepeda lipat dapat  mengendalikan sepeda dengan stabil terutama ketika berkendara dalam posisi jalanan yang menukik turun. Sepeda harus dibentuk  layaknya "sepeda normal" biasa, memiliki susunan dan sudut yang sama sehingga anda tidak akan merasakan perbedaan antara sepeda beroda kecil dengan sepeda beroda besar, yang biasa anda naiki.

  • Comfort (Rasa nyaman)

Untuk berkendara dalam jarak tempuh jauh menggunakan sepeda lipat, anda benar-benar membutuhkan  kenyamanan. Pilih  sepeda lipat yang menawarkan kenyamanan dan daya tahan yang baik saat dikendarai bahkan dengan kecepatan tinggi. Dengan memiliki suspensi yang baik, sepeda dapat meredam kejutan serta getaran yang terjadi akibat permukaan jalan yang tidak sempurna sehingga memberikan kenyamanan berkendara. Perhatikan tinggi sadel, bahan sadel dan ukuran dan kekuatan frame.  Begitu pula dengan sistem pengunci, pilihlah konstruksi frame yang kuat serta kaku. Selain itu penting juga untuk memperhatikan sambungan berupa las-lasan yang ada pada frame atau body sepeda, pilihlah yang rapi dan terlihat sempurna. Karena tidak sedikit dari konsumen yang kecewa karena setelah dipakai untuk bersepeda, produk yang dibelinya ternyata tidak nyaman dikendarai.

  • Space/Load
sepeda lipat untuk touring

Sepeda untuk keperluan  jarak tempuh jauh, kebutuhan akan rak  adalah mutlak. Memang ada yang menggunakan ransel punggung, namun hal ini tidak disarankan. Memberi beban pada punggung dalam jangka lama rentan akan cedera.  Beban di punggung juga membuat gerakan mengayuh menjadi terganggu, terutama untuk melakukan manuver. Pilihlah sepeda yang memiliki desain rak yang baik, yang dapat diatur serta  dilipat sedemikian rupa dan untuk keseimbangan, lebih bagus jika rak dipasang di depan dan belakang. Dalam memilih rak pertimbangkan apakah rem yang anda gunakan jenis cakram atau bukan. Untuk rak depan di Indonesia jarang ditemui sehingga harus dilakukan modifikasi. Jangan lupa membeli pannier untuk membawa barang-barang selama aktivitas touring sepeda. Pasanglah pannier di kiri dan kanan serta kantung anti  air di atasnya. Jika masih membutuhkan kompartemen bisa dipertimbangkan pannier yang dipasang di setang. Hanya saja daya angkutnya terbatas dan tidak bisa menahan beban yang terlalu berat

  • Gears (gigi)
kehebatan sepeda lipat

Kombinasi gigi sangat berpengaruh terhadap efektivitas pedalis dalam mengayuh sepeda. Hal itu juga berefek pada ketahanan masa pakai komponen sepeda. Sebab, jika kombinasi tidak pas dan dipakai dalam jangka lama maka komponen-komponen akan rusak sebelum masanya. Kombinasi gigi inilah yang membuat sepeda dapat menaklukkan bermacam kontur tanah. Untuk jarak tempuh jauh, bila memungkinkan, pilih sepeda  yang menggunakan minimal 8 speed. Namun sepeda lipat dengan  8 speed bawaan mimiliki harga agak mahal, sebagai alternatif, pilih  sepeda lipat yang menggunakan 6 speed belakang dan 2 speed depan (dual chainrings) untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

  • Roda (Ban)

Sepeda lipat rata-rata memiliki roda berukuran 16 dan 20 inch, lebih kecil dibandingkkan dengan sepeda konvensional. Semakin kecil ukuran ban, maka semakin kompak saat dilipat dan lincah digunakan di bidang sempit. Semakin besar ukuran ban, semakin stabil dan nyaman digunakan untuk perjalanan jauh, namun ukuran saat dilipat juga semakin besar. Roda berukuran 16 inch sangat ideal untuk dijinjing dan dibawa dalam angkutan umum karena lebih praktis dan cepat untuk dilipat. Namun sepeda ini kurang nyaman bagi pengendara  yang memiliki  postur tinggi dan perjalanan dengan jarak tempuh  yang jauh, sehingga  roda  berukuran 16″ paling cocok dan nyaman bagi mereka yang hidup di kota padat penduduk. Sedangkan sepeda lipat  yang memiliki ban  berukuran 20 inch menawarkan kenyaman berkendara dan kinerja yang lebih baik serta tetap masih mudah dilipat.  Ukuran ban 20" adalah balance dari sepeda lipat, artinya cukup kompak dibandingkan sepeda biasa namun tetap nyaman.  Seli ini cocok untuk bersepeda sepanjang hari bagi yang mementingkan kinerja daripada portabilitas.

  • Weight (Berat)

Berat atau bobot sepeda merupakan faktor utama dalam aktifitas touring sepeda. Meskipun memiliki sistem suspensi yang baik, memiliki roda dan gigi yang menunjang, namun berat sepeda yang disarankan hanyalah 9.5Kg  atau 19lbs.

keunggulan sepeda lipat


Untuk perjalanan jarak  jauh, ukuran sepeda ketika dilipat merupakan faktor yang penting. Dengan ukuran sepeda 54cm (tinggi) x 21cm (lebar) x 73cm (panjang), hanya dibutuhkan waktu beberapa menit untuk melipatnya dan ukuran tersebut setara dengan ukuran koper normal.  Pilihlah sepeda yang menawarkan  sistem pengunci lipatan yang lebih ringkas, kuat namun tetap mudah di buka-tutup serta lebih mudah dibawa dan (pada beberapa tipe)  dalam kondisi terlipat masih dapat ditarik  atau di dorong (tidak perlu diangkat  untuk membawanya). Pilih yang pengoperasiannya tidak rumit dan juga ringkas (tidak banyak memakan tempat) sehingga tidak akan ada lagi denda dalam pesawat karena membawa "sepeda olahraga". Ukuran sepeda ini masuk dalam kategori ukuran bagasi normal dan tentu saja anda dapat membawanya ke dalam bis, taksi, mobil, kereta dan kereta bawah tanah.

Itulah beberapa tips sederhana yang dapat anda pertimbangkan dalam  memilih sepeda lipat untuk touring. Sebagai tambahan, jangan lupa juga untuk disesuaikan dengan budget. Diharapkan ulasan singkat ini dapat membantu anda dalam memilih sepeda lipat untuk menunjang touring sepeda anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Happy Riding.

Lihat juga : Bagaimana saya meningkatkan kecepatan motor saat balapan ?


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang