Seberapa amankah Singapura?

Dilihat 8,01 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Negara Singapura dikenal sebagai salah satu negara tersibuk di dunia. Negara dengan pulau kecil ini terletak di perbatasan ujung selatan Semenanjung Melayu di Asia Tenggara. Negara Singapura bertetangga dengan Negara Malaysia di sebelah utara dan timur juga Indonesia di sebelah selatan, barat dan timur. Negara kecil nan kaya ini merupakan negara yang padat penduduknya. Sekitar 75 persen warga negara Singapura adalah etnis Cina, sisanya adalah etnis asli Singapura yaitu minoritas melayu, etnis India, Pakistan, dan sebagian kecil orang - orang Eropa. Kepadatan penduduk Singapura diakibatkan karena para imigran yang berpindah dan kini menetap di Singapura. Banyak alasan yang membuat mereka terpikat dengan Negara Macan Asia ini. Salah satunya adalah keamanan di Negara Singapura.


      


Fakta Keamanan di Negara Singapura:

Bagaimana rasanya hidup di Singapura? Hidup disana seperti hidup di surga yang aman dan tentram. Melihat dari profil negara Singapura, Singapura termasuk Negara Teraman di dunia kedua setelah Tokyo menurut Indeks Keamanan the Economist 2015. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa Singapura menjadi Negara yang banyak diminati para imigran di seluruh dunia. Salah satu contoh bahwa Singapura adalah negara yang aman diantaranya, anda dapat dengan tenang melakukan olahraga di tengah malam tanpa khawatir dengan tindakan kriminal apapun. Singapura sangat minim terjadi kejahatan bahkan di tengah malam sekalipun. Selain itu Singapura sangat menghormati para pejalan kaki, pemerintah Singapura membangun trotoar yang lebar agar nyaman saat dilalui bahkan bagi wanita yang menggunakan high heels


Saat terjadi kejahatan kecil apapun Pasukan Polisi Singapura akan segera cepat tanggap dalam menanganinya bahkan warga tidak dipungut biaya apapun untuk kasus kehilangan ataupun pencurian. Untuk itu profil negara Singapura dalam masalah keamanan dan ketertiban bisa dibilang sangat tegas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warganya. Singapura juga menjadi target beberapa pengusaha menyimpan uang mereka demi alasan kemanan juga.


Polisi Singapura yang selalu siaga

Beberapa hal diatas juga saya alami sendiri, pertama kali saya pergi ke Singapura sejujurnya saya juga tidak terlalu suka dengan keadaan jalanannya. Saya saat itu merasa bahwa saya akan berada dalam bahaya besar, tentu karena saya baru pertama kali menginjakkan kaki di Singapura. Kenyataannya jauh dari yang saya perkirakan. Pada kunjungan berikutnya dan diperpanjang dengan tujuan untuk bekerja telah membawa saya untuk meyakini profil negara Singapura sebagai salah satu tempat teraman di dunia itu benar adanya. Saat berada di sana saya tidak  pernah merasa tidak aman berjalan sendirian,  tentu saja dengan tidak menampilkan 'atribut-atribut' wisata seperti kamera yang mahal dll. Hal selalu masuk akal tidak peduli dimanapun anda berada. 


Sistem transportasi umum di Singapura yang bersih dan aman juga diawasi dengan baik. Warga setempat akan selalu bersedia untuk membantu dan memberikan saran. Supir bus dan taxi yang ramah dan selalu mencoba untuk membantu kapanpun mereka bisa. Saya adalah seorang 'pengelana' dan selalu ingin berjalan-jalan disekitar untuk melihat pemandangan di waktu luang saya. Saya tidak pernah merasa terancam atau khawatir. Saya akan selalu menyarankan untuk tidak memperlihatkan uang dalam jumlah besar (tidak peduli di manapun anda berada) tetapi saya tidak pernah merasa hendak dirampok saat berada di Singapura. Saat saya jatuh dan kaki saya terluka saya kagum dengan bagaimana orang sekitar datang untuk membantu. Anda akan memiliki waktu terbaik anda saat berada di Singapura.


       

      

Namun tetap saja selalu ada keuntungan dan kerugian tinggal di Singapura. Salah satu kelebihannya adalah masalah kemanan, pendidikan yang selalu kompetitif, fasilitas pemerintah yang mengagumkan dan masih banyak lagi. Sedangkan kerugiannya antara lain Negara Singapura terlalu streril untuk mengungkapkan pendapat, pendidikan yang bisa dibilang cukup menekan, kurangnya perdebatan dalam hal politik dan lain-lain.

Saran saya ketika anda sedang bepergian keluar negeri cari tahu tentang panggilan darurat di negara tersebut dan kode telepon negara yang akan anda kunjungi. Baik anda berada di negara teraman sekalipun seperti Singapura. Kode negara Singapura adalah +65, ini akan berguna bagi anda saat anda sedang mengalami hal-hal yang tidak diduga saat berada di Singapura. Kode negara Singapura ini akan sangat berguna bagi anda untuk menelpon teman atau kerabat anda saat berada di Singapura. Sedangkan panggilan darurat Polisi Singapura adalah 999 yang bisa membantu anda saat keadaan darurat selama 24 jam. 


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang