Seberapa banyak beban tubuh yang digunakan untuk push-up?

Dilihat 7,21 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Push up adalah salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk membangun kekuatan dan keindahan bentuk dari tubuh bagian atas. Push Up biasanya digunakan untuk mengencangkan otot-otot tubuh, baik itu otot lengan, maupun otot perut. Selain itu push up bermanfaat untuk membakar kalori dan meningkatkan percaya diri. Gerakan push up bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Hal inilah yang membuat push up bisa dimasukkan dalam program latihan setiap hari.

Bagi anda yang sering melakukan gerakan push up, pasti ada saat dimana push up menjadi terlalu mudah dan tidak menantang, sehingga diperlukan variasi dalam melakukan push up. Melakukan variasi gerakan push up akan membuat terjadinya pembentukan pada otot yang berbeda sehingga otot tubuh cepat berkembang dan menimbulkan efek psikologis baru. Disamping itu beberapa variasi push up dapat menambah jumlah persentase beban tubuh yang digunakan.

Banyak sekali variasi push up mulai dari push up standar, sampai push up dengan memanfaatkan alat-alat fitness untuk melatih otot-otot tertentu pada tubuh kita. Tetapi pertama perlu di ingat, bahwa push-up tidak sama dengan bench press, memang secara umum keduanya bekerja melatih otot-otot yang sama, akan tetapi push up menggunakan beban tubuh sendiri sedangkan bench press dibantu dengan mengangkat beban yang mana beban tersebut bisa melebihi bobot tubuh. Jadi untuk alasan tersebut dibutuhkan sedikit keahlian yang berbeda.  

Jadi, apa saja sih variasi dalam push up itu? Penasaran kan? Baca terus sampai habis ya, pasti setelah membaca ini, bagi anda yang senang latihan push up akan mempraktekkan beberapa dari variasi tersebut untuk meningkatkan perfoma latihan anda :)


Variasi Push Up

Push up adalah gerakan mengangkat dan mendorong tubuh secara sederhana. Ujung jari kaki anda menjadi tumpuannya. Kisaran atau persentase beban tubuh yang dapat diangkat saat melakukan push up sepenuhnya tergantung seberapa jauh tubuh anda dari titik tumpu dimana beban tubuh anda terdistribusi, yaitu kaki anda serta bagian bawah bahu tidak akan terhitung sebagai beban dan jika sebagian besar beban tubuh anda ada di kaki, maka anda akan dapat mendorong beban tubuh lebih ringan.

Semakin dekat ke tumpuan, semakin sedikit jumlah tenaga yang diperlukan untuk bergerak. Jika anda bertumpu di bagian atas (ujung kaki), jumlah beban tubuh yang dapat diangkat lebih mendekati 80%, namun jika beertumpu di bagian bawah (lutut), jumlah beban tubuh yang dapat diangkat mendekati 60%.

Jadi kisaran yang tepat seberapa banyak beban tubuh yang digunakan untuk push up standar yaitu 60-80%. Dan dengan melakukan variasi latihan push up yang lebih berat maka jumlah beban tubuh yang digunakan bisa bertambah.


  • Push up Standar.


Pushup standar merupakan pushup yang sering dilakukan oleh semua orang, push up ini akan memberikan manfaat untuk pembentukan otot bahu, otot dada, otot trisep dan bagian otot yang lainnya. Untuk melakukan push up standar , tangan Anda harus sedikit lebih lebar dari bahu, dan bagian tubuh mulai dari tulang punggung ke kaki harus lurus, termasuk ketika melakukan gerakan naik dan turun.


  • Incline Push Up



Incline Push Up merupakan jenis push up untuk pemula yaitu dimana anda push up dengan posisi kaki di bawah, dan bagian tubuh lebih tinggi.  Jadi dalam push up jenis ini tumpuan tangan lebih tinggi dari posisi kaki. Misalnya meletakan tangan di kursi atau bench kemudian mengangkat tubuh dengan posisi tersebut. Dengan menaikkan tubuh anda lebih tinggi, maka beban tubuh anda lebih ringan. Kinerja bahu akan sangat besar pada latihan ini. Tujuan push up ini untuk otot dada bagian atas.


  • Decline Push Up




Decline Push Up yaitu dimana anda push up dengan posisi kaki naik ke atas. Latihan push up jenis ini menggunakan tumpuan kaki yang lebih tinggi dari posisi tubuh.  Dengan posisi kaki  lebih tinggi, maka jumlah beban tubuh anda bertambah. Anda bisa melakukannya dengan mencoba dengan sebuah kursi atau bench. Prinsipnya tidak jauh berbeda dengan gerakan push up biasa. Tantangannya adalah posisi kaki yang lebih tinggi, sehingga otot-otot paha pun akan ikut bekerja. Latihan ini untuk membentuk otot dada bagian bawah.


  • Handstand Push up

Khusus untuk jenis handstand push up ini, anda harus punya keahlian khusus melakukannya. Untuk melakukan handstand push up ini, disarankan anda bukanlah seorang pemula sebab keahlian dasar push up tidaklah cukup. Handstand push up yaitu dimana anda berdiri dengan tangan dan posisi kaki di atas sangat mengharuskan anda untuk mempunyai keseimbangan yang baik. Maka dari itu, bagi yang ingin melakukan handstand push up, haruslah seorang profesional yang biasa melakukan berbagai macam jenis push up agar bisa meminimalisir cedera.

Semakin tinggi anda mengangkat tubuh anda , maka jumlah beban tubuh akan bertambah. Dengan melakukan handstand push up berarti anda melatih bahu, trisep dan upper back (punggung bagian atas).


  • Pseudo-planche Push up

       

Pseudo planche push-up secara signifikan jauh lebih sulit dari push up biasa (standar) karena penempatan tangan yang berbeda, sehingga membutuhkan otot bahu bekerja keras. Tangan ditempatkan di belakang dekat pinggul. Push up ini meningkatkan jumlah beban tubuh yang harus diangkat, sehingga membutuhkan kekuatan lebih untuk mempertahankan posisi tubuh agar tetap lurus. Dengan berlatih push up jenis ini membuat pundak anda jauh lebih stabil.


  • Archer Push up

Archer push up adalah push up dengan mengandalkan kekuatan salah satu tangan anda. Archer push up dapat bekerja untuk mengembangkan otot dada, tricep, perut, bahu, serta menstabilkan otot inti. Bermain dengan penempatan tangan dan melatih satu sisi atau lainnya adalah cara yang bagus untuk mendorong batasan berat beban tubuh anda. Anda tidak akan benar-benar mengangkat lebih dari beban tubuh anda, tetapi jika anda melatih sisi-sisi anda secara asimetris, maka akan memaksa satu sisi tubuh anda untuk menahan beban tubuh lebih berat daripada sisi lainnya. Saat anda melatih kedua sisi seperti itu secara bergantian, anda bisa dengan efektif menggandakan jumlah berat yang anda pindahkan ke setiap sisi .


Anda juga bisa menambahkan beban tubuh anda dengan memakai rompi yang berat atau meminta seseorang duduk di atas tubuh anda. Cara ini akan menambah tantangan langsung dan membantu anda membangun otot dengan lebih cepat. Serta lihat berapa kilogram lemak yang akan anda bakar setiap harinya jika menggunakan rompi tersebut.  

Demikianlah beberapa variasi gerakan push up. Dengan melakukan variasi gerakan push up tersebut tentu saja diharapkan kemampuan latihan anda akan meningkat dan akan mempengaruhi perubahan kekuatan fisik anda secara signifikan. Selamat berlatih! (Baca: Apa perlu melakukan pemanasan sebelum push up?)

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang