Seberapa banyak pengaruh goresan-goresan terhadap harga jual mobil bekas?

Dilihat 2,19 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bagi orang yang berkecukupan secara ekonomi, membeli sebuah mobil untuk memang bukanlah hal yang sulit. Tapi, banyak orang awam yang tidak begitu paham fakta bahwa biaya perawatan mobil bisa menjadi sangat mahal melebihi harga mobil itu sendiri. Agar tetap awet dan selalu nyaman untuk dikendarai, mobil harus dirawat sebagaimana seharusnya. Namun, dikarenakan kesibukan kebanyakan orang di era modern ini, sebagian pemilik mobil lalai dalam merawat kendaraannya karena tenggelam dalam kegiatan sehari-hari. Kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai cara merawat cat mobil Anda. Tentunya bukan hal yang langka bagi Anda untuk melihat mobil-mobil baru melintas di jalan raya, namun seberapa banyak mobil yang masih terlihat bagus dan terawat? Sangat disayangkan, karena kelalaian pemilik, banyak sekali mobil baru yang catnya sudah agak kusam dan kurang mengkilat meski usia pemakaiannya masih baru sebentar. Hal tersebut dikarenakan mobil-mobil tersebut kurang perawatan atau mungkin ada kesalahan cara mengecat mobil khususnya pada bagian body mobil. Hal tersebut bisa jadi terlihat begitu sepele namun dengan tampilan yang kusam dan kurang mengkilat tersebut akan membuat siapapun yang melihat menjadi kurang begitu suka. 


Di bawah ini adalah cara merawat cat mobil Anda.


Cara Merawat Cat Mobil


Agar cat mobil Anda tetap mengkilat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya ialah dengan mencuci mobil di salon mobil. Sekarang ini, pasti banyak sekali jasa pencucian mobil maupun salon mobil di tempat Anda berada. Dan jenis servis yang ditawarkan pun bervariasi seperti cuci salju ataupun yang sejenis lainnya. Keberadaan jasa-jasa seperti ini sangat memudahkan Anda untuk menjaga mobil Anda agar tetap kinclong seperti mobil baru. Selain tempat mencuci mobil, ada juga jasa cat mobil jikalau mobil Anda mendapat baret. Tentunya untuk mendapat hasil yang memuaskan lebih baik melakukannya di bengkel terpercaya yang sudah pasti benar dalam cara mengecat mobil.


Karena kesibukan kita, hal-hal sepele seperti merawat mobil agar tetap mengkilat seperti baru sangat sering terlupakan dan akhirnya tidak terlalu kita perhatikan. Apalagi saat musim hujan, kebanyakan orang menjadi malas untuk pergi mencucikan mobil karena pada banyak kesempatan, setelah mobil dicuci bersih, mobil tersebuh dengan segera menjadi kotor lagi saat dibawa bepergian. Dan karena mencucikan mobil di tempat-tempat khusus memerlukan biaya, terkadang Anda bisa menjadi merasa rugi karena hujan tersebut. Oleh karena itu, Anda tak perlu lagi mengkhawatirkannya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga penampilan mobil Anda dengan biaya yang tidak telalu mahal dan bisa Anda lakukan sendiri.


1. Cuci bersih mobil Anda dengan Kit Sampo


Cara pertama untuk mencuci mobil Anda tanpa melukai body nya ialah dengan mencuci bersih mobil dengan kit sampo. Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal jika Anda melakukannya secara rutin. Luangkan waktu untuk mencuci mobil Anda setidaknya satu kali dalam seminggu. Saat mobil sudah terlihat agak otor, lebih baik segera mencuci mobil Anda. Karena kotoran yang dibiarkan lengket pada body mobil Anda secara terus-menerus, semakin lama akan semakin menempel sehingga menjadi susah untuk dibersihkan. Hal ini bisa merusak cat pada body mobil. Jadi sebaiknya mencuci mobil harus dilakukan secara rutin agar body mobil kinclong seperti mobil baru lagi.


2. Kompon Body Mobil

Cara yang kedua untuk menjaga tampilan mobil Anda ialah dengan cara mengkompon body mobil. Namun jangan sampai salah kaprah. Mengkompon body mobil hanya dilakukan pada bagian-bagian tertentu, yakni khusus pada bagian mobil yang sering terkena kotoran atau goresan. Dengan cara dikompon, body mobil bisa kembali menjadi bersih, sehingga kotoran dan goresan yang tadinya menempel tidak lagi terlihat dan hilang tanpa bekas. Mengkompon mobil sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar serta menggunakan kompon dengan merek Rubingg Commpon ataupun bahan pernis lainnya yang sekelas dengan kompon mobil.


3. Lap mobil dengan Kit Sehabis dicuci


Cara ketiga yang akan saya berikan ialah mengelap seluruh bagian body mobil dengan Kit sehabis pencucian. Langkah ini sebaiknya dilakukan sesudah mobil dikeringkan, lalu aplikasikan kit secara merata ke seluruh body mobil. Hal ini berfungsi untuk membersihkan partikel-partikel kecil dan lembut yang menempel pada body mobil setelah di cuci. Pemberian Kit pada seluruh bagian mobil dengan cara yang benar akan membuat cat pada body mobil menjadi lebih halus, kinclong dan mengkilat seperti mobil baru.


4. Jangan Sering Memarkir Mobil Di Tempat Yang Panas

Cara merawat mobil agar tetap mengkilat seperti baru yang selanjutnya ialah dengan cara memarkirkan mobil ditempat yang adem atau dengan kata lain jangan terlalu sering memarkirkan mobil di bawah panasnya terik matahari secara langsung karena hal yang terlihat remeh ini dapat merusak cat mobil Anda. Semakin sering Anda memarkir mobil di tempat yang terik dalam jangka waktu yang tidak sebentar akan semakin membuat cat mobil Anda menjadi kusam. Hal ini bisa terjadi karena warna cat pada mobil Anda tak dapat menyerap panas terik matahari, terlebih jika mobil anda terbuat dari bahan seng yang hanya akan meningkatkan suhu pada body mobil Anda.


5. Jangan membiasakan menutupi mobil dengan sarung mobil ketika mobil masih dalam keadaan basah

Cara yang terakhir dan cukup sering terlupakan ialah tidak menutupi mobil dengan sarung mobil ketika dalam keadaan basah. Wajar jika Anda ingin menutupi mobil kesayangan Anda untuk menghindarkannya dari kotoran, namun jangan lakukan hal ini jika mobil Anda masih dalam keadaan belum kering sepenuhnya. Hal ini bsia merusak cat pada body mobil karena hawa lembab yang terbentuk ketika mobil tertutup oleh sarung mobil. Jika Anda sering melakukan hal ini, akibatnya lama-kelamaan cat pada body mobil akan terlihat kusam dan kurang mengkilat. Jadi alangkah baiknya mobil dilap bersih dan dibiarkan kering terlebih dahulu sebelum dinutupi dengan sarung mobil agar cat body mobil  awet.




Selain baret, masih ada hal lain yang menyebabkan nilai mobil Anda menurun seperti warna mobil Anda. Goresan-goresan itu mungkin hanya akan mempengaruhi nilai mobil sebanyak beberapa ratus ribu rupiah saja. Seberapa persisnya, tergantung tingkat kedalaman goresannya. Jika benar-benar menembus lapisan warna, seorang ahli detail mobil yang bagus masih bisa memanasi catnya dengan buffing wheel dan menutupinya. Skenario terburuk adalah jika seseorang harus mengecatnya dengan cat perbaikan. Nanti akan tampak goresan-goresan itu terlihat seperti ditambal, sehingga sang detailer bisa menggunakan campuran abrasif dan memolesnya untuk menyembunyikan goresan itu. Jika anda melaporkan hal ini pada asuransi, klaim anda tidak hanya akan tercatat di histori asuransinya, tapi biaya perbaikannya juga mungkin akan lebih rendah daripada jumlah yang anda peroleh dari asuransi. Dan pastikan cara mengecat mobil yang digunakan adalah cara yang benar karena tukang cat abal-abal bisa saja merusak cat mobil Anda yag tidak bermasalah.




Sebuah toko body mobil mungkin akan mencoba mengecat panelnya ketimbang melakukan perbaikan/pemolesan, dan pengecatan ulang akan mengurangi nilai kendaraan lebih banyak daripada goresan-goresan. Orang yang bekerja di industri otomotif menggunakan meteran cat (paint meter) untuk melihat apakah sebuah kendaraan pernah dicat. Tidak ada hasil pengecatan yang begitu bagus sehingga mereka tak mengetahuinya saat ada pertukaran kendaraan atau penjualan. Saya merekomendasikan carilah toko detail mobil yang sangat bagus dan coba tanyakan apakah seseorang bisa memolesnya atau memperbaikinya agar tidak terjadi kesalahan dalam tata cara mengecat mobil Anda. Semoga bermanfaat.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang