Seberapa besar bobot mempengaruhi performa sepeda gunung XC?

Dilihat 5,74 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dari sejumlah jenis sepeda, saat ini yang banyak disukai oleh mereka yang menyenangi kegiatan outdoor adalah jenis sepeda MTB (Mountain Bike) atau sepeda gunung. 


Ada beberapa macam varian sepeda gunung terbaik yang tersedia di pasaran, yaitu ATB (All Terrain Bike), XC (Cross Country), Trail, Downhill, Freeride, dan Dirt Jump


Untuk varian XC sendiri, performanya saat dikendarai akan sangat terpengaruh oleh bobot sepeda gunung itu sendiri. Terlebih lagi apabila sepeda gunung XC ini digunakan untuk mengikuti perlombaan seri XC Race


Sepeda gunung XC yang ringan, cepat serta responsif merupakan salah satu faktor utama dalam menentukan seorang pembalap menjadi juara. Jenis sepeda gunung ini biasanya dirancang untuk dikendarai dengan jarak tempuh yang jauh. Dengan kata lain, sepeda gunung XC adalah sepeda touring


Selain itu, sepeda ini pada bagian depannya dilengkapi dengan suspensi guna meredam benturan yang mungkin dialami oleh pengendara dalam perjalanannya. Saat ini juga ada sepeda gunung lipat untuk touring jarak jauh.



MTB XC



Pentingnya Bobot Sepeda Gunung XC 


Bobot sepeda gunung XC merupakan hal yang sangat penting dalam balapan Cross Country. Lebih penting daripada sekadar balapan ala kadarnya di jalanan. Karena dalam perlombaan tersebut pembalap akan melakukan akselerasi atau meningkatkan kecepatan saat balapan secara terus-menerus sepanjang lintasan balapan, dan biasanya akan banyak perpindahan vertikal karena medan yang ditempuh adalah alam bebas. 


Namun bobot bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan, selain itu juga ada faktor penting lainnya seperti pemilihan ban, pengendalian yang mudah, dan efisiensi perpindahan gigi juga dapat mempengaruhi hasil yang akan Anda dapatkan.


Saat saya bilang pengendalian yang mudah, yang saya maksud adalah faktor-faktor yang mempengaruhi seberapa mudah dalam mengendarai sepeda touring ini di berbagai medan. Hal ini bergantung pada lebar stang sepeda Anda, baik Anda mengendarai dengan full suspension atau hardtail, geometri dari frame sepeda gunung terbaik Anda, serta kualitas dari perjalanan yang Anda lalui. 


Saat ini, sepeda gunung dengan bobot 13 kg sudah dianggap cukup berat untuk bersaing dalam balapan Cross Country. Sepeda XC milik saya, dengan suspensi penuh memiliki bobot seberat 8,6 kg dan setahu saya itu merupakan berat rata-rata yang sering dipakai untuk lomba balapan cross country nasional di Inggris.


XC 2


Mengetahui peningkatan performa berkendara menggunakan sepeda gunung XC dengan bobot lebih ringan 3 kg dalam kegiatan pribadi mungkin tidak terlalu penting, tetapi jika tujuan akhirnya adalah untuk persiapan mengikuti perlombaan balapan Cross Country, maka hal tersebut bisa dijadikan acuan. 


Secara pribadi saya tidak pernah mengikuti balapan Cross Country, saya hanya memiliki pengalaman pribadi. Saya terbiasa dengan pendakian dan membandingkan waktu yang saya tempuh ketika saya memperbaharui komponen sepeda gunung XC saya, tapi saya tidak melakukan pembaharuan secara besar-besaran, jadi agak sulit menggambarkan efek dari cuaca, kondisi tubuh atau rasa sakit yang saya alami. 


Tapi saya pernah bersepeda dengan kelompok universitas saya mengendarai sepeda gunung terbaik saya, dan saya tidak bisa mengimbangi mereka lebih dari 400 meter dengan menggunakan sepeda gunung berbobot 13 kg. Jadi saya berani bertaruh bahwa perbedaan bobot pada sepeda touring ini merupakan hal yang sanga penting penting.

XC 3



Pengaruh Bobot Sepeda Gunung Terhadap Kekuatan Untuk Berkendara


Apakah ada grafik yang dapat menunjukkan sejauh mana bobot sepeda gunung mempengaruhi kekuatan yang dibutuhkan untuk mengendarainya? 


Dalam hal ini kita bisa mengacu pada hukum gerak kedua Newton, yang mana hukum ini mengatakan bahwa daya yang diberikan kepada suatu benda berbanding lurus dengan bobotnya. Hukum ini berlaku untuk balapan jalanan biasa maupun untuk balapan Cross Country nasional dan internasional. 


Saya tidak yakin apakah grafik yang dimaksud akan berguna bagi Anda, karena hasilnya akan berbeda-beda untuk setiap kondisi jalan, kondisi fisik Anda, dan tentunya medan yang akan dilalui. Saya berusaha untuk mencari tahu apakah memperbaharui sepeda akan berdampak besar terhadap performa balapan saya. 


Anda harus mencoba berbagai hal sebelum mulai balapan. Jika memungkinkan bereksperimenlah dengan ban, stang, gagang, sadel, roda depan dan belakang pegangan, serta rantai sepeda gunung XC Anda.


XC 4


Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait panduan memilih sepeda dan semua onderdilnya, seperti ketika Anda hendak mengganti roda sepeda touring Anda. 


Belilah roda yang mampu Anda beli, belilah yang ringan dan memiliki ulasan yang bagus tentangnya. Jangan membeli roda hanya karena harganya paling murah dan ringan. Kalau Anda mau melakukan pembelian besar seperi membeli sepeda gunung yang baru, sebisa mungkin cobalah untuk mencobanya terlebih dahulu dengan jalan mengendarai sepeda milik teman yang sudah terlebih dulu memilikinya atau menyewanya di tempat penyewaan sepeda. Atau bisa juga mencari informasi di internet tentang 10 merk sepeda gunung terbaik yang sesuai dengan kantong Anda. 


Selain itu, hal harus Anda ingat bahwa tidak semua bobot memiliki fokus yang sama dalam mengurangi kecepatan bergulir, yang bergantung pada ban dan velg. Aturan yang perlu diingat adalah pengurangan x pada kecepatan bergulir sama dengan 4x dari bobot sepeda secara keseluruhan. Hal ini karena gaya semu pada sepeda cukup tinggi karena semua bobot yang ada berada pada bagian luar roda. 


MTB XC 5


Mempertahankan kualitas berkendara yang nyaman dan ban yang ringan akan membuat mengendarai sepeda menjadi kegiatan yang menyenangkan. Perkecil ban, kurangi jarak berkendara, dan roda yang lebih fleksibel akan sangat membantu. 


Selain itu, yang paling penting adalah jangan lupa memperhatikan keamanan Anda dalam mengendarai sepeda gunung terbaik Anda. Jangan memilih velg atau ban yang terlalu ringan karena ban akan lebih mudah bocor dan akan membuat Anda mudah terjatuh. Perhatikan juga hal yang membuat mengendarai sepeda menjadi menyenangkan bagi Anda. Jika sepeda lebih gesit, tentunya akan lebih menyenangkan saat memakainya ketika balapan. 


Tapi Anda juga harus mempertimbangkan pengendalian dan performa. Jangan sampai balapan jadi terasa tidak menyenangkan. Anda jauh lebih berat dari sepeda Anda. 


Satu hal lagi yang terdengar mudah dikatakan, namun secara kenyataan cukup sulit untuk dilakukan, yaitu diet sehat seringkali merupakan cara yang paling murah untuk mengurangi 5 kg berat Anda dan sepeda. Dan pastinya hal tersebut tidak memiliki efek negatif terhadap kualitas Anda dalam mengendarai sepeda gunung XC kesayangan Anda.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang