Bagiamanakah perkembangan e-commerce di Indonesia, dan apa sistem pengiriman dan pembayaran yang paling umum?

Dilihat 1,83 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

E-commerce adalah perdagangan yang dijalankan via online atau internet di mana saat transaksi berlangsung pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung. Keuntungan dari e-commerse atau perdagangan elektronik ini antara lain terpecahkannya masalah jarak di mana beberapa orang yang tinggal terpisah ribuan kilometer jauhnya masih bisa melakukan transaksi dagang dengan nyaman.  


Sejak bergulirnya era dotcom pada tahun 90an, perkembangan dunia online terus menunjukkan trend naik yang hingga sekarang internet telah menghubungkan miliaran orang dari berbagai penjuru dunia. 


Demikian pula, e-commerce Indonesia juga turut berkembang pesat dengan lebih dari 70 juta orang Indonesia saat ini telah terhubung via internet.


e commerce indonesia


Aktivitas e-commerce Indonesia bisa dilihat dari bermunculan situs-situs toko online mulai dari Kaskus, Tokopedia, OLX, Lazada dan lain sebagainya, yang tidak hanya menjual atau perantara penjualan saja, namun juga memberikan jaminan keamanan terhadap proses pembelian yang tengah berlangsung. 


Nama-nama situs tersebut adalah sejumlah website asli Indonesia yang populer dan bersaing melawan dominasi situs-situs toko online luar negeri seperti Amazon, E-bay, Alibaba dan lain-lain. Sedangkan untuk model pembayaran yang paling umum dipakai adalah sistem transfer langsung ke rekening (dijamin keamanannya oleh pihak situs perantara) serta pembayaran langsung di tempat saat barang diterima.


Pada awalnya memang orang-orang masih bertanya-tanya dan tak sedikit yang meragukan tentang kualitas dan ketepatan waktu pengiriman, serta keamanan sistem pembayaran yang dipakai. Namun seiring waktu kendala-kendala dalam bertransaksi terutama terkait proses pembayaran dan pengiriman mulai teratasi. e-commerce adalah sebuah sistem yang menjadikan proses pengiriman sebagai bagian integral di dalamnya. 


Seiring dengan pertumbuhannya, mode-mode pembayaran dan pengiriman yang ada di Indonesia sekarang ini juga berkembang pesat serta didukung oleh armada dan perusahaan-perusahaan bereputasi. Semakin nyaman saja sekarang orang bertransaksi via online.


perdagangan elektronik indonesia


Perkembangan E-commerce di Indonesia


Merespon tantangan global yang semakin gencar belakangan ini, Indonesia pun menganggap serius baik di pihak pemerintah, swasta maupun masyarakat secara umum. Akses dan layanan internet terus menunjukkan perbaikan dengan bermunculan provider-provider baik yang dimiliki oleh swasta maupun negara seperti Telkom. 


Peluang pasar dari negara berpenduduk lebih dari 250 juta tentu tidak dianggap remeh oleh para pemain asing sehingga Indonesia bersama-sama dengan Cina dan India menjadi pangsa pasar yang sangat menjanjikan.


Problem seperti security atau keamanan juga semakin diatasi demi terjaminnya transaksi yang aman dan handal. Menjawab persoalan ini maka bermunculan lembaga-lembaga pendidikan dan pelatihan untuk mendidik SDM menjadi tenaga ahli di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Peran kementerian komunikasi dan informasi diperkirakan semakin krusial di masa-masa mendatang.


Di sisi lain masyarakat umum juga turut berperan aktif dalam memajukan e-commerse. Paradigma perdagangan kini mulai beralih dari perdagangan konvensional ke perdagangan berbasis teknologi informasi. Bahkan masyarakat awam pun sekarang ini mulai terbiasa bertransaksi lewat internet. Hasilnya pun terbukti efektif dan efisien dalam meningkatkan volume perdagangan mereka dan juga membangun basis konsumen dan pelanggan.


indonesia e-commerce


E-commerce Indonesia sudah membuktikan diri sebagai sistem perdagangan dengan volume transaksi yang cukup signifikan dibandingkan negara-negara lain. Meski demikian ada kendala utama yang sering dikeluhkan oleh para pemain e-commerse yaitu kecepatan akses Internet. 


Indonesia sampai saat ini masih menjadi negara dengan akses internet dalam kategori sangat lambat. Bandingkan saja dengan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Australia. Secara volume, mereka jauh dibandingkan dengan kita, namun perangkat dan sistem yang mereka jalankan membuat kita jauh tertinggal di belakang mereka. 


Namun belakangan pemerintah sudah semakin memperhatikan soal ini. Sehingga ke depannya perdagangan elektronik di Indonesia akan semakin pesat, karena adanya dukungan akses internet berkecepatan tinggi serta layanan armada jasa pengiriman yang profesional dan bereputasi terpercaya. Selain itu, skema pembayaran transfer rekening maupun bayar di tempat saat barang diterima pun telah semakin diterima dan dipercaya oleh masyarakat.


e commerce indonesia 2



Tingkat Keuntungan E-commerce Indonesia


Keuntungan e-commerse tentu saja sangat luar biasa dibandingkan dengan sistem perdagangan konvensional dari berbagai segi. Pertama, keuntungan ini nampak secara finansial di mana beberapa proses yang menambah biaya transaksi bisa dipangkas sehingga baik produsen maupun konsumen bisa merasakan keuntungan harga yang lebih murah. Dari pihak produsen atau pedagang sendiri, keuntungan yang diperoleh menjadi semakin besar dengan meningkatnya basis pelanggan mereka.


Dibandingkan dengan Iran misalnya, e-commerce Indonesia menunjukkan transaksi yang luar biasa. Transaksi rutin ini terjadi baik dalam bentuk perdagangan dalam negeri maupun perdagangan internasional. Para pelaku e-commerse di Indonesia bisa secara langsung mengontak para produsen komoditi di luar negeri demikian pula sebaliknya. 


Sementara di Iran, dengan tingkat penduduk yang lebih sedikit e-commerse juga berkembang namun beberapa situasi politik yang membuat mereka bersitegang dengan beberapa negara tetangga menjadi hambatan tersendiri dalam meningkatkan volume transaksi online ini. Bersyukurlah kita yang memiliki prinsip politik bebas aktif.


Semakin besar transaksi yang terjadi lewat e-commerce maka semakin besar keuntungan yang didapatkan oleh semua pihak, termasuk pemerintah sendiri. Kita sebagai masyarakat awampun bisa mulai merintis usaha dengan cara-cara yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan kemudahan yang sangat luar biasa, termasuk mendapatkan pendanaan awal untuk bisnis online kita. E-commerce adalah solusi terbaik saat ini bagi siapapun yang ingin memajukan bisnisnya secara maksimal.


situs e commerce indonesia



Pengaruh Amnesti Pajak Indonesia Terhadap E-commerce Singapura



Masalah serius lain yang muncul dan harus segera diatasi oleh setiap negara terkait e-commerce adalah pajak dari e-commerce itu sendiri. Sejauh ini, e-commerse dan industri keuangan kita berkembang lebih lamban dibandingkan dengan negara kecil tetapi maju seperti Singapura. Singapura sebelum era dotcom sudah menciptakan infrastruktur yang memadai untuk menjadikan mereka unggul dalam perdagangan internasional. 


Namun, dengan program amnesty pajak yang digulirkan pemerintah Indonesia belakangan ini, sedikit banyak akan berdampak pada e-commerce Singapura. Hal ini dikarenakan sebagian besar uang para penunggak pajak tersebut disimpan di rekening manca negara, salah satunya di Singapura. Dan dana yang tersimpan di sejumlah bank Singapura inilah yang juga turut menggerakkan roda bisnis negara tersebut, termasuk bidang e-commerce.


Adanya amnesti pajak di Indonesia sedikit banyak memberi angin segar bagi proses perdagangan secara umum, khususnya dalam bidang e-commerse dan keuangan. Para pelaku pasar di luar negeri memandang Indonesia sebagai negara yang transparan dan memiliki daya saing untuk dijadikan sebagai mitra bisnis. 


Selain itu adanya amnesti pajak memungkinkan para investor yang sebelumnya enggan untuk menanamkan modal mereka di Indonesia menjadi lebih bersemangat dan termotivasi. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya investasi yang masuk ke Indonesia dan ini tentu membawa berkah tersendiri bagi perekonomian secara makro. 


Jadi, keberadaan e-commerse dengan sistem pajak yang terpercaya dan transparan menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan oleh negara-negara luar untuk berbisnis dengan Indonesia.


Oleh karena itu, ke depannya nanti, prospek e-commerce di Indonesia akan sangat gemilang, dengan sistem pengiriman yang terpercaya dan terintegrasi secara menyeluruh. Juga metode pembayaran yang mudah namun aman (transfer langsung rekening yang dijamin oleh pihak perantara, ataupun bayar di tempat saat barang diterima). 


Jadi, jika Anda berniat untuk terjun ke dunia e-commerce, sekaranglah saat yang tepat untuk memulainya.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang