Seberapa cepat aku bisa membalikkan NAFLD, atau penyakit lemak hati non alkoholik?

Dilihat 964 • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

NAFLD bisa dibalikkan atau diperlambat. Jumlah waktunya itu tergantung dari seberapa banyak kamu sebenarnya mencoba untuk membalikkannya. Penyakit ini tidak akan berbalik dengan sendirinya. Cara untuk membalikkan/memperlambat penyakit lemak hati non-alkoholik:

  1. Turunkan berat badan - beratmu harus diantara 18.5 dan 24.9.

  2. Makan makanan seimbang yang rendah lemak, gula dan garam (hindari makanan yang mengandung sirup jagung berfruktosa tinggi atau lemak-trans sebanyak mungkin). Kamu juga bisa mencoba memakan porsi yang lebih sedikit. Kopi juga telah dihubungkan dengan meningkatkan hasil dari pasien NAFLD. Vitamin E juga mungkin membntu.

  3. Olahraga - paling tidak 150 menit olahraga moderat-intensitas seminggu. Contoh olahraga moderat-intensitas adalah berjalan, aerobik air, ballroom atau line dancing, main tenis double, mendayung kano, voli dan mengendari sepeda di dataran yang rata. Kalau kamu masih bisa berbicara tapi tidak bisa menyanyikan kata-kata tersebut dalam suatu lagu, detak jantungmu berada di tingkat yang benar.

  4. Berhenti merokok.

  5. Kurangi tingkat alkohol mu - idealnya jangan minum sama sekali.

Dicatat juga, kalau NAFLD meningkatkan resiko mu terkena penyakit kardiovaskular dan ada kemungkinan meninggal karena CVD kemudian NAFLD itu sendiri. Karena itu, penting untuk mengambil langkang untuk mengurangi resiko CVD selagi mencoba membalikkan/memperlambat NAFLD.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang