Seberapa cepat kapal perang angkatan laut AS melaju?

Dilihat 502 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1


Kapal Perang adalah kapal yang digunakan untuk keperluan militer. Setiap negara mempersiapkan kapal perang utamanya utamanya untuk pertahanan,baik untuk patroli perairan maupun logistic atau pengangkutan pasukan. Pada umumnya kapal perang tidak dilengkapi crane-crane untuk bongkar muat,tetapi dilengkapi dengan persenjataan dan gudang amunisi. Dari mulai jangkar, senjata kecil, besar, hingga peluru kendali dan radar serta berbagai kecanggihan lainnya seiring perkembangan zaman.Untuk lebih jelas mengenai kapal perang, berikut adalah jenis-jenis kapal perang :


Jenis Kapal Perang


1. Kapal Fregat


Salah satu kapal perang tercanggih di dunia yang banyak dipakai dan diandalkan ialah kapal perang jenis frigate. Fregat diciptakan sebagai kapal untuk melakukan tugas-tugas pengawalan armada dagang. Karena dalam pelayaran tersebut sering dijumpai gangguan, baik dari perompak maupun dari armada militer negara musuh. Untuk itu diciptakan sebuah kapal yang mampu melakukan pelayaran jarak jauh, namun juga dapat mempertahankan diri dari serangan musuh.


Kapal perang jenis frigate popular terutama di negara-negara dengan anggaran militer di bawah negara-negara maju. Namun banyak juga negara maju dan kaya memakai kapal frigate, seperti Prancis, Belanda, Jepang, Rusia atau Jerman. Kemampuannya yang lengkap dan biaya operasinya yang relatif ekonomis menjadi salah satu alasannya.



2. Kapal Induk


Kapal induk (Carrier Vessel, CV) adalah termasuk salah satu kapal terbesar di dunia yang tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut. Selain kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan.


Berikut negara-negara pengguna kapal induk:

  • Amerika Serikat
  • Rusia
  • Perancis
  • Inggris
  • Cina
  • India
  • Italia
  • Spanyol
  • Brasil


3. Kapal Korvet


Lincah dan kecil, tapi masih lebih besar dari kapal patroli pesisir standar, korvet telah memainkan peran penting bagi beberapa angkatan laut terkuat di dunia.kategori sebagai kapal patroli yang mampu melakukan operasi sergap dan serbu secara mandiri. Istilah korvet sendiri diperkenalkan oleh Angkatan Laut Perancis pada abad ke-17 untuk menyebut suatu kapal kecil (biasanya membawa 20 meriam) yang digunakan untuk melindungi kapal dagang dan patroli lepas pantai. Angkatan Laut Inggris kemudian juga mengadopsi istilah ini pada abad ke-19.


Kapal perang ini dirancang mampu melakukan perang terhadap semua target; udara, permukaan, dan bawah laut. Korvet ini nantinya bakal difungsikan untuk patroli di Zona Ekonomi Eksekutif (ZEE), mengamankan jalur laut, dan mengontrol aktivitas ekonomi kelautan.


.4. Kapal Perusak


Kapal perusak memiliki fungsi untuk melindungi armada kapal perang lainnya dengan ukuran lebih besar. Diantara kapal perang terbesar yang dilindungi yaitu kapal induk (carrier), capital warship kapal tempur (battleship), dan kapal penjelajah (cruiser) .


Negara-negara yang memiliki kapal perusak merupakan negara-negara yang superpower dan menjadi negara yang mampu bertahan lama jika berberang di laut. Meskipun bukan termasuk kapal terbesar di dunia, namun penggunaan persenjataan Tercanggih yang di instal di kapal perusak, membuat kapal ini makin di takuti. Kemampuannya dari masa kemasa terus mengalami peningkatan dan penambahan ukuran. Memiliki sejumlah kapal perusak dengan ukuran terbesar dapat memberikan efek gentar kepada kapal musuh dan negara tetangga. Dengan demikian sebuah negara dapat dengan mudah untuk menjaga wilayah maritim dari negaranya.



5. Kapal Siluman

 

Stealth artinya siluman, Kapal siluman artinya kapal yang tidak boleh tertangkap radar. Agar kapal tidak terdeteksi radar musuh, lanjut Elly, pembangunan kapal harus memperhatikan sejumlah ketentuan. Misalnya, memiliki getaran yang kecil, suara kapal yang tidak terlalu berisik, hingga desain kapal yang perlu didesain dalam bentuk tertentu.


Rancang bangun kapal ini adalah memodifikasi kapal perang biasa dan umumnya digunakan oleh militer dengan menyembunyikan tonjolan atau bangun kapal yang dianggap dapat memperbesar citra radar (RCS/Radar Cross Section) seperti bentuk dan dudukan serta letak meriam, mengurangi tiang-tiang kapal, menyembunyikan peluncur rudal sampai menggunakan bahan antiradar (RAM/Radar Anti Material).




6. Kapal Penyapu Ranjau


Kapal penyapu ranjau adalah kapal perang laut kecil yang dirancang untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh ranjau laut. Kapal penyapu ranjau umumnya mendeteksi kemudian menetralisir ranjau sebelum kegiatan operasi laut lainnya.


Kini banyak negara telah melengkapi armada angkatan laut mereka dengan kapal-kapal penyapu ranjau yang canggih. Inggris, misalnya, memiliki 22 kelas kapal penyapu ranjau, mulai dari Flower buatan tahun 1914, hingga kelas Sandown tahun 1990. Sampai kini, Inggris telah memiliki lebih dari 300 unit kapal penyapu ranjau dari berbagai kelas tersebut.



7. Kapal Selam


Kapal selam adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer.  Kapal selam militer digunakan untuk kepentingan perang atau patroli laut suatu negara, berdasarkan jenisnya setiap kapal selam militer selalu dilengkapi dengan senjata seperti meriam kanon, torpedo, rudal penjelajah / anti pesawat dan anti kapal permukaan, serta rudal balistik antar benua.


Selain digunakan untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk ilmu pengetahuan laut dan air tawar dan untuk bertugas di kedalaman yang tidak sesuai untuk penyelam manusia.


Kapal selam di desain memiliki tanki balast (trim), Tanki balast berfungsi menyimpan udara dan air. Ketika kapal selam siap untuk menyelam, katup-katup besaryang dikenal sebagai “kingstons”, yang terletak di dasar tangkibalas, dibuka untuk membiarkannya masuk ke laut. Udara di dalam tangki keluar melalui katup-katup pada bagian atas, yang dikenal sebagai “lubang-lubang angin”. Kapal selam itu masuk ke dalam air. Ketika kapal selam siap untuk muncul ke permukaan, lubang-lubang angin ditutup dan tekanan udara didorong masuk ke dalam tangki-tangki. Hal ini meniup air kembali melalui kingstons, dan kapal selam itu pun naik.


KECEPATAN KAPAL PERANG AS



Siapa yang tak mengenal angkatan laut terhebat milik Amerika serikat ini. Soal kekuatan dan kehebatan tempurnya tak usah disangsikan lagi. Sepertinya mereka unggul dalam segala kemampuan militer mulai dari pasukan angkatan darat, angkatan udara sampai angkatan lautnya. Beberapa kapal perang tercanggih di dunia dimiliki oleh negara Adidaya ini.


Kapal perang (dan unsur sistem kesenjataan lainnya) sering digunakan sebagai alat diplomasi dan penggetar lawan. Lihat bagaimana Amerika Serikat (AS) yang memiliki Angkatan Laut yang besar dan modern. Semua armada Angkatan Laut Amerika diperkuat kapal induk bertenaga nuklir, kapal-kapal perang jenis destroyer dan cruiser hingga kapal selam yang memiliki peluru kendali balistik antar benua yang bisa ditembakkan dari dalam laut. Semuanya digunakan bukan hanya untuk melindungi tanah air Amerika dari serangan, namun jaga melestarikan kepentingan mereka di penjuru dunia.


Alutsista persenjataan milik U.S Navy diketahui ada 488 pesawat jet tempur, 56 kapal pengangkut helikopter, 272 kapal perusak armada, 378 unit kapal selam dan 17 kapal canggih dengan kecepatan tinggi hingga mencapai 30 knot.


Itulah paparan informasi mengenai kapal perang tercanggih di dunia. sejatinya manusia dikaruniai fitrah untuk menciptakan hal- hal besar dan hebat. Namun tidak semua mampu menggunakan fitrah tersebut untuk perihal menuju kesejahteraan manusia. Semoga bermanfaat!


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang