Seberapa cepat yang termasuk terlalu cepat untuk berkencan setelah menjadi seorang janda?

Dilihat 1,63 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saya telah menjadi seorang janda lebih dari 6 tahun (usia saya 35 saat menjadi janda). Pada beberapa tahun-tahun pertama, saya bahkan tak mampu *memikirkan* tentang kencan. Setelah tiga tahun, saya siap berkencan tapi merasa kesulitan karena emosi yang bercampur aduk yang dibawanya. Sekarang, diatas 6 tahun, saya benar-benar sangat ingin menemukan seseorang yang baru tapi rasanya sulit menemukan seseorang yang nyaman berkencan dengan seorang janda. Kebanyakan orang-orang pada usia saya (sekarang 41) tampaknya berpikir bahwa janda ditinggal mati dan dicerai adalah sama, padahal keduanya tidak.


Dari sudut pandang masyarakat, saya mengetahui bahwa setelah 1 tahun, sebagian orang benar-benar mendorong saya untuk berkencan lagi karena saya harusnya sudah "melupakannya" sekarang dan seorang wanita membutuhkan seorang pria untuk menjadi lengkap. Saya juga menemukan bahwa sebagian orang merasa saya adalah seorang yang mengerikan karena ingin berkencan lagi meski sudah lebih dari 6 tahun, karena mereka merasa itu tidak menghormati suami saya sebelumnya sebagaimana keluarga dan temannya yang akan merasa marah melihat saya hidup bahagia tanpa almarhum suami tercinta saya. (Anda tak bisa menyenangkan hati semua orang!!)


Tapi jawaban singkat dan sederhananya adalah: Seorang janda/duda bisa memulai kencan lagi kapanpun (atau jika sempat) mereka merasa siap melakukannya...entah itu 6 hari, 6 tahun, atau 6 dekade. Dan ya, beberapa mungkin bergegas untuk kencan lagi karena mereka kesakitan dan kesepian. Dan sebagian mungkin menghindari berkencan untuk bertahun-tahun (atau selamanya) untuk menghindari emosi rasa sakit/rasa bersalah/apapun itu. Itu bukan wewenang kita untuk menghakiminya. Hal yang penting adalah itu terserah individunya. Tak ada bingkai waktu yang benar atau salah, dan setiap janda/duda akan memiliki perjalanan yang berbeda.

Terjawab lebih dari 3 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang