Seberapa mematikannya penyakit Hepatitis B?

Dilihat 6,76 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Hati adalah organ dalam terbesar di tubuh. Hati melakukan tugas yang sangat penting, termasuk mengubah makanan jadi sumber energi dan membersihkan alkohol dan menetralkan racun dalam darahmu.

Fungsi Hati:

  • Membuat empedu, cairan kuning-kehijauan yang membantu pencernaan makanan 
  • Memproduksi protein dan faktor pembekuan darah yang dibutuhkan tubuh
  • Mengatur glukosa (gula) dalam darah dan menyimpan gula lebih
  • Bekerja sama dengan perut dan usus untuk mencerna makanan
  • Menyimpan vitamin dan mineral
  • Menetralkan zat racun dari darah
Hati adalah organ terbesar ditubuhmu, terletak dibelakang rusuk bawah dibagian kanan perutmu. Hati mengubah makanan menjadi sumber energi dan membersihkan alkohl dan racun lainya dalam darahmu. Hepatitis membengkakkan hati, menghentikan hati untuk bekerja dengan baik. Nantinya, hal ini dapat menyebabkan luka pada jaringan perut (sirosis) atau kanker. 

Kebanyakan hepatitis disebabkan oleh virus. Berbagai tipe penyakit itu dinamai untuk virus yang menyebabkan hepatitis tersebut. Contohnya, penyebab hepatitis A itu virus hepatitis A. Konsumsi obat atau alkohol juga dapat menyebabkan hepatitis. Dalam kasus lain, sistem imunmu tanpa sengaja menyerang sel hati yang sehat dalam tubuhmu. Vaksin dapat mencegah beberapa pembentukan virus hepatitis. Terkadang hepatitis juga keluar (sembuh) dengan sendirinya. Kalau tidak sembuh sendiri, bisa juga diobati dengan menggunakan obat-obatan. Dalam beberapa kasus, hepatitis bisa diam ditubuhmu selamanya.

Hepatitis: Akut atau Kronis? Hepatitis Akut adalah infeksi awal, yang mungkin bisa ringat atau parah. Kalau infeksinya bertahan selama enam bulan atau lebih lama lagi, kondisi seperti itu disebut Hepatitis Kronis. Hepatitis A dan E tidak menyebabkan hepatitis kronis. Hepaitis dengan virus B, C, dan D dapat memproduksi hepatitis akut dan kronis. Terutama, Hepatitis Kronis B dan C itu yang paling serius.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang