Seberapa sering kamu harus menggunakan masker wajah?

Dilihat 354 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Wajah bersih, halus dan bebas dari jerawat selalu  menjadi dambaan setiap wanita.  Kulit yang sehat, bersih dan bercahaya hanya dapat diperoleh dengan memberikan perawatan pada kulit disamping  selalu menjaga asupan makanan yang sehat. Di tengah serbuan kosmetik modern, masih terdapat banyak tips perawatan tradisional warisan leluhur yang dapat dijadikan alternative bagi seorang wanita untuk menghadirkan kecantikan wajah  alami. Salah satunya adalah perawatan kulit menggunakan masker wajah berbahan dasar alami. Menggunakan masker wajah  secara tepat dan teratur akan menjaga kesehatan kulit dan juga memberikan efek sangat bagus pada kulit. Bagaimana membuatnya ? Penasaran....? Yuk, kita simak terus artikel berikut untuk mengetahui berbagai jenis masker alami untuk wajah serta  tips cara membersihkan wajah dan mengaplikasikan masker pada wajah.

Masker alami untuk wajah


Meskipun tergolong alami, ada baiknya anda melakukan  tes terlebih dulu  untuk mengetahui apakah bahan tersebut menyebabkan alergi atau tidak. Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga memerlukan perawatan yang berbeda pula. Oleskan bahan masker alami  di sisi  sebelah dalam tangan anda. Tunggu dan lihat apakah ada kemungkinan alergi beberapa jam kemudian.  Jika tidak terdapat efek alergi seperti bintik merah, gatal, meradang, dan sebagainya anda dapat  menggunakan bahan tersebut sebagai masker wajah. Masing-masing bahan memiliki manfaat yang berbeda. Pilihlah  masker alami sesuai dengan kebutuhan.


  • Madu dan minyak zaitun

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, madu juga dapat dijadikan sebagai ramuan  kecantikan. Madu dikenal cukup bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Madu dipercaya mampu mencerahkan kulit, menghapus noda pada permukaan kulit wajah serta  memperbaiki kondisi kulit kering anda. Ambil madu secukupnya, kurang lebih satu sendok makan dan hangatkan sebentar. Kemudian oleskan secara merata  pada permukaan wajah. Diamkan kurang lebih 15 sampai 30 menit.  Selain itu, madu juga dapat dikombinasikan dengan minyak zaitun (extra virgin olive oil). Campurkan 1 sendok teh  madu dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Bila ada, anda juga boleh menambahkan 1 sendok teh  cuka sari apel. Gunakan campuran bahan-bahan alami tadi untuk dioleskan ke seluruh area wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10-15 menit agar meresap. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.


  • Alpukat

Alpukat merupakan buah yang diperkaya dengan nutrisi cukup lengkap.  Alpukat mempunyai kandungan lemak nabati yang tinggi sehingga cocok dijadikan bahan dasar untuk membuat masker alami untuk wajah dengan kulit  kering, kusam dan  bersisik. Masker alpukan sangat sesuai untuk merawat kulit wajah yang kering dan kusam karena mempunyai efek melembabkan. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit lembab alami. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pilihlah buah alpukat mentega yang masak kemudian potong alpukat menjadi dua bagian, haluskan setengah porsi dari daging buah alpukat tersebut menggunakan blender. Untuk hasil terbaik anda juga dapat menambah madu dan minyak zaitun seperlunya. Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah kurang lebih 25-30 menit.



Masker oatmeals cocok untuk semua jenis kulit. Baik itu kulit kering, berminyak, ataupun sensitif. Oatmeals kaya akan kandungan serat, sehingga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menjadi bahan peeling yang efektif. Campur oatmeals dengan air hangat hingga membentuk adonan mirip pasta. Selanjutnya oleskan masker ini merata keseluruh bagian wajah dan leher anda. Diamkan kurang lebih selama 15-20 menit.  Selain itu, oatmeals juga dapat dikombinasikan dengan jeruk nipis.  Vitamin C pada jeruk nipis dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat kulit menjadi lebih segar, dingin serta kencang.  Tak heran, saat ini banyak produk pemutih wajah yang menyertakan sari lemon di dalamnya. Campurkan air perasan jeruk nipis, madu, dan dua sendok teh bubur oatmeals. Oatmeals berperan sebagai scrub yang membantu mengangkat sel kotoran di pori. Oleskan campuran tersebut pada wajah, setengah kering pijat wajah secara lembut dengan gerakan melingkar .Oleskan  kembali wajah  dengan bahan yang masih tersisa dan diamkan selama 20 menit. Selain cara di atas, anda juga dapat langsung mengoleskan air perasan jeruk nipis  ke seluruh bagian wajah secara merata. Setelah 20 menit bilas dengan air hangat. Cara seperti ini cocok untuk kulit berminyak. Namun hindari menggunakan jeruk nipis terlalu sering, karena dapat menyebabkan iritasi kulit.


  • Bubuk kunyit

Kunyit  bukan hanya dapat  digunakan sebagai bumbu masak, namun juga bermanfaat dalam dunia pengobatan serta kecantikan. Nah, kali ini kita akan memanfaatkan kunyit sebagai bahan utama dalam pembuatan masker alami untuk memutihkan wajah.  Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang dipercaya berfungsi sebagai anti-oksidan. Metode pemutihan memakai kunyit ini sudah dilakukan sejak berabad-abad. Kunyit dipercaya dapat menghambat produksi melanin, yaitu sebuah pigmen yang dapat membuat kulit menjadi gelap.  Ramuan yang paling favorit adalah campuran dari kunyit dan susu. Kedua bahan dikabarkan dapat membantu memutihkan serta mencerahkan kulit. Selain itu, susu memiliki kemampuan untuk melembabkan secara maksimal serta menghaluskan kulit. Sediakan satu sendok teh  bubuk kunyit, satu sendok teh oatmeals, satu sendok teh susu bubuk, satu sendok teh madu, satu sendok teh minyak zaitun  dan beberapa tetes air perasan jeruk nipis serta air secukupnya. Campurkan semua bahan tersebut hingga menjadi pasta yang mengental. Kemudian oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah.  Biarkan hingga 10-20 menit  (sampai mengering) dan  bilas dengan menggunakan air dingin.




Yoghurt mengandung AHA,  jenis asam laktat. Menurut penelitian, asam laktat merupakan zat yang paling efektif untuk diserap oleh kulit. Kandungan senyawa tersebut dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Masker ini sangat cocok untuk kulit yang penuh bercak dan rusak karena faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari. Yoghurt dapat digunakan tersendiri untuk masker wajah, atau dapat pula dikombinasikan dengan bahan lain yang memiliki manfaat baik untuk kulit, seeprti madu, jeruk, parutan wortel, ketimun, apel, minyak zaitun dan lain sebagainya Berikut ini adalah cara membuat masker wajah yoghurt. Tempatkan yoghurt dalam mangkuk kecil, anda dapat  langsung mengoleskan yoghurt tawar (tanpa pemanis) ke wajah. Untuk hasil terbaik anda juga dapat mencampurnya dengan satu sendok makan madu serta satu sendok makan parutan buah, Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah dan leher dan diamkan kurang lebih 20 menit. Akhiri dengan membilas wajah menggunakan air bersih.


  • Bengkoang

Bengkoang sangat terkenal ampuh dalam  memutihkan kulit wajah, menghilangkan flek hitam dan mengencangkan kulit.  Dalam membuat masker bengkoang anda juga dapat mencampurkan  bahan alami berkhasiat lainnya. Misalnya dengan madu murni, air mawar dan tepung beras. Berikut ini tutorial cara membuat masker bengkoang yang cukup mudah.  Ambil bengkoang berukuran sedang, kupas kulitnya kemudian cuci hingga bersih. Potong bengkoang menjadi dua bagian kemudian parut.  Peraslah parutan bengkoang tersebut  dan simpan airnya dalam wadah bening. Diamkan air perasan bengkoang tersebut selama satu jam sampai terbentuk bagian putih yang mengendap seperti tepung. Pisahkan air perasan bengkoang dengan tepungnya yang berada di dasar wadah. Tepung inilah yang akan dijadikan sebagai masker atau bedak dingin. Oleskan endapan tepung bengkoang tersebut secara merata keseluruh bagian wajah. Diamkan 20-30 menit hingga kaku dan mengering, lalu bilas dengan air bersih. (Jangan menggosok wajah karena dapat menyebabkan iritasi)


  • Pisang


Untuk membuat kulit senantiasa lembab anda dapat melakukan perawatan dengan masker pisang satu atau dua kali seminggu. Bahan-bahan yang anda butuhkan adalah satu atau dua buah pisang susu masak  dan satu sendok makan minyak zaitun. Lumatkan pisang susu hingga hancur dan tambahkan minyak zaitun. Aduk hingga merata dan oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan masker selama lebih kurang 20 menit lalu bilas wajah hingga bersih. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah pisang berkhasiat untuk menyegarkan dan melembabkan wajah yang kusam.


Itulah beberapa cara membuat masker wajah alami yang dapat anda  gunakan untuk merawat  kulit wajah di rumah. Pilih masker yang sesuai dengan kondisi kulit anda  saat ini, lalu lakukanlah secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan dianjurkan untuk menggunakan masker  paling banyak dua kali seminggu.  Beberapa tips  cara membersihkan wajah dan mengaplikasikan masker pada wajah dapat dilakukan sebagai berikut  :

  • Mulailah dengan membersihkan wajah dan leher anda dengan denggunakan susu pembersih.
  • Gosok wajah anda dengan gerakan memutar pada wajah dan leher.
  • Biarkan selama 1 - 2 menit. 
  • Setelah itu usapkan wajah menggunakan face tonic  dengan lembut menggunakan kapas.
  • Bilas dengan menggunalan air hangat. (usahakan untuk tidak menggunakan tisu karena tisu terbuat dari kayu yang dapat merusak merusak kulit anda).
  • Lakukan penguapan  wajah anda dengan hati-hati selama 2 - 5 menit di atas sebaskom air panas. Cara ini akan membuka pori-pori wajah,  sehingga masker dapat menyerap dengan sempurna. 
  • Lalu anda  dapat mulai mengaplikasikan masker dengan menggunakan ujung jari yang bersih dan hindari penggunaan masker pada area mata serta mulut Biarkan selama 15 - 20 menit sampai masker mengering.
  • Angkat masker secara perlahan, pastikan bahwa masker tidak mengenai bagian mata  Jika anda menggunakan masker lumpur, anda  harus membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat  terlebih dahulu sebelum menggunakan  air es.

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, beberapa buah dan sayuran  lokal lainnya  juga dapat anda gunakan untuk masker alami, seperti:  buah pepaya, nanas, tomat, semangka, timun, dan masih banyak lagi. Sebaiknya selain merawat wajah dengan cara perawatan dari luar dengan krim atau masker, jangan lupa  untuk melakukan perawatan dari dalam, misalnya dengan menerapkan pola hidup dan pola makan yang benar. Konsumsilah air putih dalam jumlah yang dianjurkan agar tubuh termasuk kulit tak mengalami dehidrasi. Kebiasaan ini akan membantu kulit terlihat lebih segar, kenyal, dan terhindar dari kusam, sehingga perawatan dengan masker wajah alami yang anda lakukan memperoleh hasil yang maksimal.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang