Seberapa tangguh kopassus indonesia?

Dilihat 4,79 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Untuk menjaga suatu Negara atau suatu bangsa dari segala hal yang akan merusak dan menghancurkan Negara tersebut, maka diperlukan suatu alat Negara untuk menjaga keamanan tersebut. Demikian halnya bangsa dan Negara Indonesia di masa penjajahan juga, semua rakyatnya ikut menjaga dan merebut lagi kemerdekaan yang dijajah oleh pihak asing. 


Walau dengan persenjataan yang terbatas dan sederhana namun penuh semangat dan jiwa yang tangguh ,akhirnya para penjajah dapat diusir daribumi nusantara ini. Dari sinilah lahir Tentara-tentara nasional Indonesia yang kemampuan,keberanian dan ketangguhanya dapat diandalkan dan diperhitungkan oleh bangsa lain.


Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dibentuk dari gabungan Tentara Republik Indonesia (TRI) dan badan-badan Perjuangan Rakyat oleh Presiden Soekarno. Tahun 1947, awalnya kita memiliki empat Angkatan yaitu TNI-AD, TNI-AU, TNI-AL dan POLRI yang dikenal dengan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Pada tahun 2004, Polri resmi dipisahkan dengan TNI. 


Sekarang TNI memiliki tiga Angkatan saja, dari tiap-tiap angkatan itu memiliki pasukan-pasukan khusus yang di andalkan untuk menangani tugas-tugas yang penting dan rahasia. Angkatan Udara dengan DENBRAVO-90 nya, Angkatan Laut dengan KOPASKAnya, sementara Angkatan Darat dengan Kepolisian ada Kopassus vs Brimobnya. 


Mungkin yang paling sering kita dengar dan ketahui pasukan-pasukan khusus adalah Kopassus vs Brimob dari Angkatan Darat dan Kepolisian, karena keduanya paling sering menangani hal-hal yang serius yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. 


Selain itu Kopasus di mata dunia dibanggakan oleh bangsa Indonesia seperti mengatasi ketika terjadi konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia dan aneksasi di Timor-Timur. Kopassus Indonesia dan prestasinya di dunia Internasional sudah diakui. Seberapa tangguh Kopassus Indonesia?


kopasus



Kopasus Sebagai Pertahanan Negara



Kopassus vs Brimob dari Angkatan Darat dan Kepolisian merupakan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia termasuk dalam satu wadah yaitu TNI. Satuan Korps Brimob Polda Metro Jaya atau biasa disingkat Sat Brimob Polda Metro adalah Satuan Pelaksana Utama Polda Metro Jaya yang berada di bawah Kapolda Metro Jaya yang bertugas melaksanakan kegiatan penanggulangan terhadap gangguan keamanan berintensitas tinggi, terorisme.


Mengenal prestasi TNI dari dahulu tidak diragukan lagi semenjak jaman pra kemerdekaan sampai jaman kemerdekaan sekarang ini. Sebelum kemerdekaan barisan tentara Indonesia tidak mengenal putus asa dalam menghadapi para penjajah asing walau dengan berbagai keterbatasan alat perang namun mampu mengusir para penjajah dari bumi pertiwi,sehingga tercapai kemerdekaan bangsa Indonesia. 


Juga diawal kemerdekaan Tentara Nasional Indonesia sudah mampu menyelesaikan kekisruhan-kekisruhan yang terjadi didalam negeri seperti adanya gerakan 30 S-PKI, DI-TII, pembebasan Irian barat, penyelesaian RMS, dan penumpasan GAM di aceh dan masih banyak yang lainya. Kopasus sebagai TNI dapat dibanggakan sebagai pertahanan negara untuk melindunggi negara dari berbagai gangguan-gangguan yang akan membahayakan negara terutama kerusuhan yang terjadi di dalam negeri. 


Kopassus mampu melindungi dan mengatasi berbagai masalah yang dapat merusak atau menghancurkan NKRI, seperti menumpas teroris dan gerakan-gerakan radikal lainya yang dapat merusak persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia. Kopassus vs Brimob bekerja sama saling bahu membahu untuk melindungi negara dari ancaman-ancaman yang akan membahayakan negara.


kopasus



Kopassus di Mata Dunia Internasional



Bagaimana Kopassus di mata dunia? Di awal kemerdekaan, Indonesia telah masuk anggota dewan keamanan PBB yang bertugas menjaga perdamaian negara-negara di dunia internasional, serta telah banyak negara-negara yang berhasil dijaga dan ikut didamaikan oleh tentara-tentara kita. 


Sampai sekarang pun barisan tentara nasional Indonesia terus menorehkan prestasinya di kancah dunia. Inilan beberapa prestasi yang patut dibanggakan dan diacungi dua jempol oleh rakyat Indonesia dan dunia internasional:


  • Kopassus mendapat juara 2 dalam sukses operasi militer dunia, sehingga masyarakat Internasional tak asing lagi dengan nama besar Kopassus Indonesia karena pasukan elit milik TNI ini memiliki segudang prestasi. Pada pertemuan Elite Forces in Tactical Deployment and Assault di Wina Austria, Kopassus meraih peringkat dua dalam melakukan operasi militer strategis yang meliputi intelijen, pergerakan, penyusupan, dan penindakan. Acara ini diikuti oleh 35 negara, sementara peringkat pertamanya diraih oleh Amerika Serikat.

  • Kopassus menjadi juara penembak jitu, menembak tepat sasaran merupakan salah satu keahlian yang dimilki Kopassus jika dibandingkan dengan pasukan elit dari negara lain. Hebatnya lagi, senjata yang digunakan Kopassus merupakan senjata buatan anak bangsa yang diproduksi oleh PT. Pindad. Keahlian menembak tepat sasaran menjadi syarat mutlak bagi anggota pasukan elit Kopassus. Karena berbeda dengan pasukan biasa, pasukan elit akan menjadi andalan dalam menjalankan tugas-tugas penting yang tentunya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. 
kopasus


  • Kemampuan (Skill) Kopasus di atas rata-rata pasukan elit Negara lain. Personil Kopassus tidak tergantung dan mengandalkan persenjataan dan teknologi canggih. Sebab itu, tiap personel Kopassus dituntut memiliki kemampuan bela diri yang cakap. Sehingga pantas jika satu personel Kopassus kemampuannya setara dengan lima prajurit biasa. Berbeda dengan negara maju yang tentaranya lebih mengandalkan kecanggihan teknologi senjata. Menurut narator Discovery Channel Military, Kopassus adalah sebuah pasukan khusus yang mampu mencapai kualitas sempurna dalam hal kemampuan individu. Kemampuan individu adalah kemampuan bertahan untuk hidup (survival), kemampuan bela diri, strategi, kamuflase, membuat perangkap, daya tahan, gerilya, dan lain-lain.

  • Kopassus melatih pasukan militer negara lain. Kehebatan dan kemampuan yang dimilki Kopassus membuatnya disegani militer negara lain. Beberapa negara di dunia meminta Kopassus untuk melatih pasukan militernya seperti Afrika Utara dan Kamboja. Kamboja telah lama menggunakan pelatih militer dari Kopassus. Tak pelak pasukan yang dilatihnya adalah pasukan khusus bernama batalyon para-komando 911 yang merupakan bagian tentara keraajaan kamboja (Royal Cambodian Army). Dan di negara-negara Afrika Utara, sekitar 80% pelatih militernya adalah perwira-perwira Kopassus. Hal ini patut di acungi jempol!

  • Kopassus ikut ambil bagian dalam pembebasan sandera dalam pesawat Garuda Airline Woyla pada tahun 1981. 

  • Tim Indonesia yang terdiri dari KOPASSUS, WANADRI, MAPALA UI dan FPTI berhasil mendaki Gunung Everest dan menginjakkan kakinya di puncak gunung tertinggi di dunia itu pada tahun 1997. Pendakian itupun menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menjejaki puncak Gunung Everest. 

  • Dalam Perang Vietnam, para Tentara Vietkong meniru strategi Kopassus dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibatkan kekalahan bagi pasukan Amerika Serikat. padahal, Amerika mempunyai persenjataan canggih dan lengkap. 

kopasus


Demikian prestasi yang dimiliki oleh Komando pasukan Khusus di Indonesia sebagai peringkat ke 3 pasukan elit dunia. Berdasarkan urutan pasukan elit dunia versi Discovery Channel Militery edisi 2008, Kopassus berada di posisi 3 pasukan elit dunia. 


Ternyata Kopassus mampu mengalahkan pasukan-pasukan elit dari negara lain termasuk Amerika Serikat yang selalu bergantung pada peralatan dan teknologi super canggih, akurat, dan digital. Sementara, urutan pertama diraih oleh United Kingdoms SAS dan posisi kedua diduduki oleh pasukan Israel Mossad. 


Hal ini tentunya sangat membanggakan TNI dan rakyat Indonesia. Ketangguhan Kopasus tidak diragukan lagi baik sebagai pelindung negara dari gangguan dalam negeri dan dunia Internasional, hal ini menandakan pasukan elit Kopassus memiliki kemampuan dan ketangguhan yang luar biasa dibandingkan dengan pasukan elit negara-negara lain di dunia. 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang