Apa sajakah bahaya minum kopi dan kafein?

Dilihat 1,58 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

bahaya kafein


Anda penggemar kopi? Minuman satu ini memang memiliki penggemar yang sangat banyak dari berbagai kalangan. Mulai dari anak muda hingga orang tua, hampir semuanya menyukai kopi. Pagi hari rasanya masih kurang lengkap tanpa kopi, bukan? Konon katanya kandungan kafein dalam kopi dapat membantu kerja otak agar lebih optimal.


Ditambah lagi dengan banyaknya kafe kopi kekinian, minum kopi sudah seperti gaya hidup bagi anak muda jaman sekarang. Tidak hanya itu, kopi adalah kesempatan bisnis yang baik karena tak pernah sepi peminat dan berkeuntungan cukup tinggi, misalnya kopi luwak yang terkenal dengan harganya yang jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan jenis kopi lainnya.


Menyeruput kopi memang nikmat, namun tahukah Anda bahwa ada bahaya minum kopi terlalu banyak? Minuman ini memang memiliki efek positif bagi tubuh, namun ternyata juga memiliki sisi negatif. Bahaya kafein bukanlah hal yang bisa kita abaikan begitu saja, terutama bagi orang yang mengidap penyakit tertentu, misalnya maag.


Sebagai penggemar kopi, tentu kita ingin mengetahui apa saja kerugian yang dibawa oleh minuman ini. Di bawah ini, saya akan menguraikannya dengan lebih jelas. Mari simak agar kita terhindar dari bahayanya!


bahaya minum kopi



Bahaya Kafein dan Kopi


Sebenarnya pembicaraan mengenai bahaya kafein dan kopi bukanlah hal yang baru, sudah lama orang menggosipkan bahwa minum kopi memiliki efek samping bagi tubuh. Ada yang bilang bahwa minum kopi sebenarnya dilarang, ada yang bilang untuk membatasi dosisnya.

Namun pendapat manakah yang tepat?


Sebenarnya efek dari kopi akan berbeda pada setiap orang karena setiap individu memiliki kemampuan tubuh yang berebda dalam menerima kafein. Ada orang yang sangat peka terhadap kafein, hingga sedikit kopi saja ia sudah merasakan dampaknya. Sementara itu ada juga orang yang seperti kebal terhadap kafein, berapa saja kopi ditenggaknya seperti tidak ada efeknya.


Selain itu, cara penyajian kopi juga memberikan efek yang berbeda. Kandungan kafein dan asam dalam kopi dapat memberikan dampak yang buruk bagi penderita maag.


Saya sendiri sebagai penderita maag setuju dengan hal tersebut. Konon katanya kopi yang dimasak atau diseduh dengan air panas akan lebih asam dan memang rasanya lebih perih di lambung. Namun saya tidak merasa sakit ketika meminum coldbrew dari Starbucks karena memang kopi diseduh dengan air dingin.


bahaya minum kopi


Selain berbahaya bagi penderita maag, berikut ini adalah beberapa contoh bahaya minum kopi yang lainnya, seperti:


  • Biji Kopi yang Buruk Dapat Menjadi Racun

Biji kopi yang berkualitas buruk dapat membuat tubuh Anda sakit, sakit kepala, atau sekedar tidak enak badan atau tidak nyaman. Hal ini dapat terjadi apabila biji kopi yang Anda gunakan terlalu matang atau bahkan rusak. Bahkan, sebutir saja biji kopi yang rusak dapat meracuni secangkir kopi Anda. Namun apabila Anda sellau membeli biji kopi atau kopi yang berkualitas, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini.


  • Kopi Dapat Membunuh Anda

Ya, apabila dikonsumsi berlebihan, yaitu 80-100 cangkir (sekitar 23 liter) dalam waktu yang singkat. Dosis ini sangat berbahaya dan mengandung sekitar 13 gram kafein. Namun bagaimanapun juga, Anda tidak mungkin meminum 23 liter kopi, bukan? Bahkan 23 liter untuk air mineral juga sangat dilarang :D


  • Kopi Membuat Insomnia

Hal tersebut merupakan bahaya kafein. Dosis maksimal kafein yang direkomendasikan adalah sekitar 400 miligram, dan dosis ini akan Anda dapatkan dari 4 cangkir kopi. Anda harus mengetahui seberapa besar dosis kafein yang bisa ditoleransi oleh tubuh Anda, karena kemampuan toleransi setiap orang sangat berbeda. Jika terlalu banyak, Anda akan sulit tidur, dan hal ini mungkin akan berlangsung lebih dari semalam.


  • Berbahaya Bagi Wanita Hamil

Jika Anda wanita yang sedang mengandung, maka jangan minum lebih dari satu cangkir dalam sehari. Penelitian tentang wanita hamil dan kopi sebenarnya masih diperdebatkan. Namun satu hal yang jelas, kafein akan dikonsumsi juga oleh janin, dan janin sangat sensitif terhadap kafein. Apabila memang sangat kecanduan kopi, maka lebih baik dibatasi satu cangkir perhari.


  • Berbahaya Bagi Orang Berkolesterol Tinggi

Biji kopi mengandung kafestol dan kehweol, dua jenis bahan yang diketahui dapat meningkatkan tingkat kolesterol LDL. Namun bahaya minum kopi yang satu ini dapat dikurangi dengan menyaring kopi terlebih dahulu. LDL ini biasanya dapat ditemukan di dalam kopi espresso dan kopi-kopi lain berbahan dasar espresso, kopi turki, dan french press. Namun, LDL di dalam espresso cukup kecil, jadi tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh orang yang berkolesterol tinggi sekalipun.


  • Menyebabkan Ngompol

Jangan khawatir, hal ini hanya terjadi pada anak-anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak berusia 5-7 tahun yang mengonsumsi kopi memiliki potensi untuk mengompol yang lebih tinggi.


  • Kopi Mempengaruhi Jantung

Walaupun masih menjadi sebuah perdebatan, namun ada beberapa bukti yang menunjukkan hubungan antara kopi atau kafein dengan penyakit jantung. Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi kopi berkemungkinan meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Meskipun ada banyak perdebatan mengenai hal ini, namun semua setuju bahwa kopi dan kafein memang memberi efek tertentu terhadap jantung.


  •  Kopi dapat menyebabkan dehidrasi karena meminum kopi dapat mengurangi cadangan air di tubuh.
  • Kopi dapat mempengaruhi sistem saraf, mempengaruhi ritme dan detak jantung, serta mempengaruhi tekanan darah secara tidak langsung.
  • Banyak orang melaporkan bahwa mereka mengalami heartburn setelah mengonsumsi kopi. Heartburn adalah sensasi perih dan panas pada dada. Maka dari itu, penderita osteoporosis sangat disarankan untuk menghindari kopi. 
  • Kafein dalam kopi dapat membuat gigi menguning, namun tentu saja ada banyak cara ampuh untuk memutihkan gigi yang kuning karena kopi

bahaya minum kopi


Keuntungan Mengonsumsi Kopi


Terlepas dari beberapa bahaya minum kopi yang telah disebutkan di atas, ternyata kopi tetap memiliki beberapa keuntungan bagi tubuh kita. Misalnya:


  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Secangkir kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 10%. Peningkatan metabolisme ini akan membantu membakar lebih banyak kalori tanpa perlu berolah raga. Namun tentu saja kopi yang dimaksud adalah kopi hitam, bukan frappe yang manis dengan tambahan whipped cream berlemak.


  • Meningkatan Performa Tubuh

Kopi terbukti dapat meningkatkan kekuatan untuk berolahraga selama 30 hingga 120 menit, meningkatkan konsentrasi, mengurangi resiko cedera otot dan sakit kepala.


  • Menahan Rasa Lapar

Kopi dan kafein memang banyak dikonsumsi dalam program diet karena kemampuannya menahan rasa lapar untuk jangka waktu tertentu. Untuk mendapatkan efek ini, disarankan untuk mengonsumsi kopi Anda tanpa banyak gula dan susu.


  • Menghindari Banyak Penyakit

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kopi secara teratur dan dalam batas wajar biasanya akan terhindar dari penyakit-penyakit berikut:

  1. Depresi, Wanita yang mengonsumsi 2-3 cangkir kopi berkemungkinan terjangkit depresi 15% lebih rendah daripada wanita yang tidak mengonsumsi kopi.
  2. Kanker, Konsumsi kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara, kelenjar prostat, dan hati. 
  3. Diabetes, Peminum kopi memiliki kemungkinan yang cukup rendah untuk terkena diabetes tipe 2, hingga 50% lebih rendah apabila meminum 4 cangkir setiap harinya.
  4. Alzheimer, Kopi dapat meningkatkan kemampuan ingatan baik jangka panjang maupun jangka pendek dan mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer.

--


Nah, itulah beberapa bahaya dan juga sekaligus keuntungan dari konsumsi kopi dalam batas yang direkomendasikan. Ada banyak orang yang menganggap bahwa teh lebih baik daripada kopi, namun sebenarnya teh juga mengandung kafein dan beberapa jenis teh bahkan mengandung kafein yang lebih tinggi daripada kopi, misalnya teh hijau.


Anda bebas mengonsumsi kopi kesukaan setiap hari, tapi dengan mengingat beberapa bahaya kafein yang telah disebutkan di atas. Jangan konsumsi terlalu banyak, terutama apabila Anda mengidap penyakit seperti osteoporosis, maag, dan jantung.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang