Sepeda listrik apa yang paling bagus?

Dilihat 535 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sepeda listrik atau “Selis” kian diminati oleh warga perkotaan. Banyak masyarakat modern yang memilih sepeda listrik sebagai alat transportasi alternatif untuk melakukan aktivitas sehari-hari karena beberapa keunggulan yang dimiliki oleh sepeda listrik. Sepeda elektrik atau sepeda listrik  tidak menggunakan bahan bakar sehingga tergolong ke dalam alat transportasi yang ramah lingkungan. Untuk mengisi baterai sepeda listrik hingga penuh, anda cukup membutuhkan waktu selama 6 jam dan anda dapat gunakan sepeda listrik tersebut  untuk menempuh jarak sejauh 35 –55 kilometer.


Sebagian besar orang mempertimbangkan sepeda listrik "yang terbaik" dari segi jarak (berapa jarak yang dapar ditempuk dalam satu kali perjalanan), bobot, dan kehandalan. Biasanya hal-hal tersebut yang dijadikan bahan pertimbangan ketika memilih sepeda untuk dalam kota.  Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah apakah sepeda dapat dilipat yang biasanya penting bagi mereka yang menggunakan sepeda ke kantor dan ingin menyimpan sepedanya di bawah meja atau memiliki ruang yang terbatas di rumah. Akan tetapi ketika memilih sepeda untuk dipakai di gunung, banyak hal-hal lain yang juga menjadi pertimbangan

Tren gaya hidup ramah lingkungan semakin diminati oleh para penduduk di kota besar. Mereka yang mengikuti tren ini lebih memilih produk-produk yang tidak memberikan dampak negatif untuk lingkungan, termasuk dalam hal pemilihan alat transportasi yang mereka gunakan. Sepeda listrik merupakan salah satu alternatif transportasi ramah lingkungan yang bisa digunakan untuk kegiatan bepergian jarak dekat. Tertarik untuk memilikinya?

Sebelum mulai mencari sepeda listrik yang cocok untuk anda, ada baiknya anda membaca artikel ini sampai habis untuk mengetahui beberapa merek sepeda listrik terbaik 2016 yang kami rekomendasikan buat anda juga  simak tips berikut ini agar anda tidak  salah pilih saat membeli sepeda listrik.


Sepeda Listrik Murah Terbaik


  • Gocycle G2


Sepeda listrik yang satu ini merupakan salah satu sepeda elektrik yang dapat dilipat. Selain itu, Gocycle G2 memiliki desain sepeda yang sangat ergonomis karena menggunakan bahan frame yang ringan sehingga dapat menempuh kecepatan maksimal 30 km/jam.  Dengan berbagai pertimbangan tersebut, saya akan mengatakan bahwa sepeda listrik terbaik yang ada saat ini adalah Gocycle G2 Electric Bike. Sepeda ini dapat menempuh jarak 65 km, dengan berat hanya 16,1 kg, dapat dilipat, dan memiliki garansi dua tahun.


  • Super Rider Saturnus


Sepeda listrik Super Rider Saturnus juga dapat digunakan sebagai sepeda manual. Sepeda ini mempunyai desain yang elegan dan dapat dilipat untuk memudahkan penyimpanan. Dengan kekuatan baterai 48V 12aH, Super Rider Saturnus dapat mencapai jarak 45km dengan kecepatan maksimal 35km/jam.


  • Ritchey Sporty


Dengan kapasitas 250 watt, Ritchey Sporty dapat menempuh jarak kurang lebih 40 km dengan kecepatan maksimum 35km/jam. Walaupun memiliki desain yang sporty, sepeda elektrik ini juga dilengkapi keranjang depan yang jadi ciri khas sepeda listrik kebanyakan.


  • Selis Butterfly L.E


Sepeda listrik  merek Selis telah mengeluarkan Selis Butterfly L.E yang merupakan perbaharuan dari Selis Butterfly sebelumnya. Tidak  hanya baru, Selis Butterfly L.E juga mempunyai desain yang lebih artistik dan disertai dengan injakan kaki yang lebih lebar. Sehingga dapat meningkatkan kenyamanan pada saat sepeda elektrik ini berlari dalam kecepetan maksimumnya yaitu 30km/jam.


Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Membeli Sepeda Listrik


Terdapat beberapa  hal  penting yang perlu anda perhatikan ketika anda memutuskan membeli sebuah sepeda listrik yaitu :


  • Tentukan Tujuan

Sepeda listrik mempunyai berbagai macam jenis dan model yang dirancang untuk orang berbeda dengan tujuan yang berbeda. Sebelum membeli, pastikan anda telah mengetahui   untuk kegiatan apa sepeda listrik akan anda gunakan. Misalnya untuk berpergian sekitar kota, untuk berolahraga, atau untuk transportasi anak ke sekolah.


  • Bobot Sepeda yang Ringan

Salah satu kelemahan sepeda listrik adalah total berat sepeda itu sendiri. Yang ringan berada pada bobot 20kg. Bila sepeda mampu berlari sampai 20km dengan orang yang berbadan besar. sepeda itu sudah cukup bagus. Namun dibawah kecepatan itu anda harus berpikir ulang, apakah perlu membeli sepeda yang lambat untuk diri anda. Pilihlah sepeda listrik dengan bobot yang ringan. Karena bobot yang ditanggung dapat mempengaruhi jumlah energi listrik yang dibutuhkan. Dengan bobot yang ringan, maka energi yang dikonsumsi dapat lebih hemat.


  • Pilih Sepeda Listrik dengan Merek Tepercaya

Dengan memilih merek yang tepercaya kamu enggak perlu khawatir dengan kualitas yang dimiliki dan komponen sepeda yang tahan lama. Jadi, semakin banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.


  • Pilih Harga Yang Masuk Akal

Harga sepeda listrik sangat beragam tergantung dengan mereknya. Anda dapat  memilih sepeda listrik dengan harga yang masuk akal untuk mendapatkan sepeda listrik yang berkualitas, janga tergiur dengan sepeda listrik murah. Sebaiknya mengunakan groupset bermerek, karena lebih tahan lama. Sepeda dengan bahan aluminium lebih menguntungkan dibanding sepeda dengan bahan besi. Bagian fork dapat diganti dengan suspensi, agar sepeda menjadi lebih nyaman. 


  • After Sales Service

Yang tidak  kalah pentingnya, perhatikan juga bentuk pelayanan yang diberikan setelah terjadi transaksi pembelian ya. Seperti memberikan garansi hingga jaringan pelayanan perbaikan yang tersebar di banyak area.


  • Perhitungkan Rentang Perjalanan

Seberapa jauh perjalanan yang dapat kamu tempuh menggunakan sepeda listrik sangat tergantung dengan kapasitas baterai, kecepatan, bahkan berat badanmu. Jadi, pastikan memilih sepeda listrik yang bisa memenuhi kebutuhan jarak yang akan kamu tempuh. Lebih baik lagi kalau kamu memilih sepeda listrik dengan rentang perjalanan yang lebih tinggi. Karena, seiring berjalannya waktu kapasitas baterai akan menurun dan mengurangi daya tempuh. Beberapa produsen sepeda listrik mencantumkan istilah Ah dan Wh. A adalah Amper dan W adalah Watt. Keduanya tidak sama, tetapi lebih mudah dengan menghitung Voltase, Current dan Watt. Bila melihat kapasitas baterai lihat Ah, kalikan dengan voltase baterai untuk mendapatkan kapasitas baterai. Bila tertera Wh, bagi dengan voltase baterai maka akan mendapatkan Ah. Angka tersebut tidak terlalu penting, karena semua adalah angka teori saja, ada baiknya tanyakan seberapa jauh sepeda bisa berjalan dengan daya dorong baterai.


  • Teknologi motor dan sensor

Sepeda listrik yang telihatan bagus tidak akan berguna bila sistem motornya tidak sebagus penampilannya.  Sistem sepeda listrik yang ada saat ini adalah

•    Pedelec, yaitu sistem motor pembantu ketika anda pengayuh pedal. Kekuatan motor akan ikut mendorong ketika anda memutar pedal, sehingga pedal menjadi lebih ringan. Sensor pada sepeda listrik ini diatur oleh sistem monitor sensor seperti kecepatan dan daya power pada motor akan meningkat ketika si pengendara sedang berusaha mendayung pedal.

•    Twist and go, sistem ini  lebih sedernaha, tidak ada sensor kecuali sistem switch untuk motor. Aturan baru untuk Twist and Go saat ini adalah sensor akan terhubung ketika pengendara sedang mendayung, dan memberikan power pada bagian motor.


  • Motor di hub atau di crank

Sistem motor pada crank sangat baik bila sepeda melewati tanjakan curam. Tetapi sedikit lebih bising dibanding pemasangan motor pada hub. Namun saat ini, kekuatan motor hub tidak kalah dengan motor crank.


  • Kapasitas dan ukuran baterai

Bahan bakar sepeda listrik berasal dari energi listrik yang dihasilkan oleh baterai. Kapasitas baterai yang besar akan menghasilkan performa yang prima. Oleh karena itu, perhatikan kapasitas baterai sepeda listrik yang akan anda beli. Semakin besar kapasitas yang dimiliki, maka semakin besar pula jarak yang dapat ditempuh. Bentuk baterai menunjukan kekuatan dan daya tahan dari pemakaian. Semakin besar maka power akan lebih lama untuk dipakai ketika berkendara. Semakin besar ukuran baterai juga lebih berat dan lebih lama mengisinya. Bila pemakaian sepeda listrik untuk jangka menengah atau beberapa km saja, pilihan dapat diambil dengan baterai sepeda berukuran sedang. Bila ingin memakai sepeda dengan jarak lebih jauh, tidak ada pilihan lain untuk mempertimbangkan sepeda dengan baterai kekuatan besar. Beberapa produsen sepeda mempertimbangkan pemakaian double baterai. Fungsinya agar menambah jarak tempuh sepeda dengan daya dorong motor listrik. Walau terlihat menjadi solusi, mengisi 2 baterai tentu merepotkan. Jadi pikirkan berapa jarak yang akan ditempuh, dan mempertimbangkan opsi dari masing masing produsen sepeda listrik.


  • Kualitas dan umur baterai

Baterai sepeda listrik akan menurun kualitasnya seiring pemakaian.  Semakin banyak dilakukan pengisian/recharger, maka kemampuan baterai akan menurun. Semakin sering anda gunakan dan mengisi baterai dalam posisi separuh habis juga masuk satu siklus. Semakin sering dipakai sepeda tentu akan menurunkan kemampuan baterai. Hal yang perlu di pertimbangkan berapa harga baterai bila suatu hari baterai sepeda mulai lemah.  Juga perlu diketahui bahwa baterai jenis Li-ion ternyata tidak suka dingin, kekuatan power baterai akan lebih rendah ketika cuaca dingin. Ada tip untuk mengisi baterai, ketika melakukan charger, sebaikanya dilakukan di dalam ruangan. Terdapat  banyak jenis baterai yang dapat digunakan. Nickel Metal Hydride (NiMH) biasa digunakan sebagai baterai rechargeable. Dijual bebas dan murah, sayang memiliki kelemahan dalam berat dan umur pemakaian.  Lithium Ion (Li Ion), Lithium iron phosphate (LiFePO4), Lithium Polymer (LiPo), Lithium Titanate (Li2TiO3), mungkin ada lagi teknologi lainnya berbasis bahan Lithium. Baterai jenis ini memiliki keunggulan dalam umur pemakaian lebih lama, pengisian lebih cepat, tetapi kekuatan utama adalah ringan. Sayangnya harga baterai jenis Lithium memang jauh lebih mahal. Umumnya baterai sepeda listrik dapat bertahan selama 3 tahun pemakaian. Ketika menganti, jangan kaget karena harganya berkisar 4 juta atau lebih.


Demikianlah artikel singkat kami mengenai sepeda listrik. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama bagi anda yang ingin memiliki sepeda listrik.

 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang