Seperti apa Indonesia nanti di tahun 2020?

Dilihat 10,1 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Banyak pihak yang memprediksikan Indonesia akan menjadi negara yang jauh lebih maju nanti pada tahun 2020. 


Jika skenario pembangunan infrastruktur presiden Jokowi berhasil, bukan tidak mungkin prediksi itu bisa terwujud. Saat ini saja, kita bisa melihat pembangunan jalan, pelabuhan dan infrastruktur lainnya dikebut hanya dalam waktu kurang dari tiga tahun sejak Presiden Jokowi menjabat. 


Pertumbuhan ekonomi ini lambat laun didukung oleh perkembangan militer Indonesia. Hal ini sangat penting untuk melindungi hasil dan proses pembangunan yang sudah berjalan selama ini.


indonesia 1


Selain itu, pembangunan Indonesia yang semakin meningkat saat ini juga akan meningkatkan minat para wisatawan manca negara untuk berpelesir ke Indonesia. Dan akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang paling bagus untuk dikunjungi di kawasan Asia Tenggara. Lebih bagus daripada Filipina, Malaysia, Singapura ataupun yang lainnya.


Pertumbuhan Penduduk


Penduduk Indonesia pada tahun tersebut diperkirakan akan mencapai 270 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk di Jawa masih tertinggi sementara daerah-daerah seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua juga akan mengalami pertumbuhan penduduk yang disertai dengan hadirnya para pendatang baru di sana. 


Banyak suku di Indonesia yang akan melebur dalam satu perkawinan antar suku sehingga diharapkan hal ini akan memberi dampak positif bagi persatuan dan kesatuan Indonesia.


Di tahun tersebut, masih kentara budaya dari berbagai suku di Indonesia namun jika diselidiki secara genetik maka akan terlihat banyak generasi baru yang ternyata memiliki orang tua dari suku yang berbeda. Bahasa Indonesia berperan besar dalam menyatukan banyak suku di Indonesia. 


Keragaman suku bangsa di Indonesia ini salah satu penyebabnya adalah banyaknya pulau yang dimiliki oleh Indonesia. Dan penyebab kenapa banyak pulau di Indonesia ini adalah karena Indonesia terletak pada empat lempeng bumi yang saling bertemu. Dan pertemuan lempeng-lempeng tersebut menghasilkan pergeseran permukaan bumi, memunculkan pulau dan gunung berapi serta mengisolasi orang-orang yang tinggal di dalamnya.


Indonesia 2


Pertumbuhan Ekonomi


Dalam hal ekonomi, Republik Indonesia diperkirakan akan tumbuh cukup pesat setelah semua infrastruktur pokok yang dibangun telah rampung. Bahkan banyak pihak yang optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai dua digit. 


Kemungkinan besar hubungan dagang Indonesia dan RCC akan semakin meningkat dan banyak pihak yang memprediksikan bahwa Indonesia akan menjadi rekan dagang RRC terbesar di Asia.


Selain itu, sektor pariwisata pun akan turut terdongkrak pula. Dengan keindahan alam Nusantara yang sangat menakjubkan serta beragamnya suku bangsa yang mendiami bumi Indonesia. Di Indonesia terdapat 300 Lebih Nama Nama Suku Bangsa di 34 Provinsi di Indonesia


Hal ini adalah keistimewaan dan daya tarik tersendiri dari Indonesia, karena menjadi satu-satunya negara dengan banyak sekali suku bangsa yang hidup rukun dalam suatu negara kesatuan.



Perkembangan Sosial dan Politik


Indonesia pada 2020 kemungkinan masih dipegang oleh incumbent saat ini, kecuali ada suatu peristiwa luar biasa, misalnya terjadi impeachment. Kondisi politik relatif stabil karena ekonomi sudah membaik. 

Sementara itu, secara sosial akan terjadi banyak percampuran antara suku di Indonesia, salah satunya berkat moda transportasi yang mendukung.


Indonesia 2



Kemajuan Bidang Militer


Militer Indonesia di tahun ini akan mendapatkan sorotan yang luar biasa karena sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia membutuhkan pengamanan militer yang bagus. Belanja militer Indonesia diperkirakan akan naik berlipat-lipat karena tuntutan dari rakyat dan juga para investor. 


TNI Angkatan Laut akan menjadi ujung tombak pertahanan Indonesia. Pada 2020 nanti, setidaknya Indonesia membutuhkan armada kapal perang yang cukup banyak untuk melindungi seluruh NKRI.


Dan belakangan ini, Indonesia pun telah memperkuat sistem persenjataan utamanya sehingga semakin perkokoh keperkasaan militernya. Indonesia memiliki sejumlah alutsista persenjataan yang membuat negara jiran kaget. Alutsista ini pun dipergunakan di berbagai wilayah di Indonesia demi memperkuat pertahanan dan keamanan negara.


militer indonesia


Jadi, meskipun sebagian dari kita tidak banyak mendengar tentang Indonesia yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar ini dalam kancah internasional, namun ketangguhan angkatan bersenjata, terlebih lagi personel militernya sangatlah diperhitungkan di dunia internasional.


Nah, demikian tadi kira-kira yang bakal terjadi di Indonesia pada 2020. Banyak sih kemungkinan lain, tapi yang jelas keberadaan militer Indonesia akan sangat dituntut lebih baik dan profesional lagi mengingat perekonomian yang terus menunjukkan peningkatan.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang